BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Kurikulum
adalah seperangkat rencana dan pengaturan yang mengenai tujuan, isi dan bahan
pelajaran serta cara-cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan
kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Sedangkan
Pengembangan kurikulum adalah istilah yang komprehensif, yang mana didalamnya
mencakup beberapa hal diantaranya adalah: perencanaan, penerapan dan evaluasi.
Dalam pengembangan kurikulum, tidak hanya melibatkan orang yang terkait
langsung dengan dunia pendidikan saja, namun di dalamnya melibatkan banyak
orang, seperti: di dalam mengembangkan sebuah kurikulum juga harus
menganut beberapa prinsip dan melakukan pendekatan terlebih dahulu, sehingga di
dalam penerapannya sebuah kurikulum dapat mencapai sebuah tujuan seperti yang
di harapkan. Dan mengenai
prinsip-prinsip dasar pengembangan kurikulum akan kami jelaskan selengkapnya
dalam pembahasan.
B.
RUMUSAN MASALAH
1.
Apakah pengertian dari pengembangan kurikulum?
2.
Hal apa saja yang termasuk dalam prinsip-prinsip pengembangan kurikulum?
3.
Apa saja Prinsip yang Dianut dalam
Pengembangan Kurikulum?
C. TUJUAN PENULISAN
1. Untuk mengetahui makna
dari pengertian pengembangan kurikulum
2. Dapat menyebutkan apa saja
yang termasuk dalam prinsip-prinsip pengembangan kurikulum
3. Dapat menyebutkan Prinsip yang Dianut dalam
Pengembangan Kurikulum
BAB II
PEMBAHASAN
A.
PENGERTIAN PENGEMBANGAN KURIKULUM
Pengembangan kurikulum
adalah istilah yang komprehensif, didalamnya mencakup perencanaan, penerapan
dan evaluasi. Perencanaan kurikulum adalah langkah awal membangun kurikulum
ketika pekerja kurikulum membuat keputusan dan mengambil tindakan untuk
menghasilkan perencanaan yang akan digunakan oleh guru dan peserta
didik. Penerapan Kurikulum atau biasa disebut juga implementasi kurikulum
berusaha mentransfer perencanaan kurikulum ke dalam tindakan operasional.
Evaluasi kurikulum merupakan tahap akhir dari pengembangan kurikulum untuk
menentukan seberapa besar hasil-hasil pembelajaran, tingkat ketercapaian
program-program yang telah direncanakan, dan hasil-hasil kurikulum itu sendiri.
Dalam pengembangan kurikulum, tidak hanya melibatkan orang yang terkait
langsung dengan dunia pendidikan saja, namun di dalamnya melibatkan banyak
orang.
B.
Prinsip-Prinsip Dalam Pengembangan
Kurikulum
Dalam usaha untuk
mengembangkan kurikulum ada beberapa prinsip dasar yang harus kita perhatikan.
agar kurikulum yang kita jalankan benar-benar sesuai dengan apa yang
diharapkan. Prinsip-prinsip dasar yang akan digunakan dalam kegiatan
pengembangan kurikulum pada dasarnya merupakan kaidah-kaidah atau hukum yang
akan menjiwai suatu kurikulum. Dalam pengembangan kurikulum, dapat menggunakan
prinsip-prinsip yang telah berkembang dalam kehidupan sehari-hari atau justru
menciptakan sendiri prinsip-prinsip baru. Oleh karena itu, dalam implementasi
kurikulum di suatu lembaga pendidikan sangat mungkin terjadi penggunaan
prinsip-prinsip yang berbeda dengan kurikulum yang digunakan di lembaga
pendidikan lainnya, sehingga akan ditemukan banyak sekali prinsip-prinsip
dasar yang digunakan dalam suatu pengembangan kurikulum. Dalam hal ini,
Nana Syaodih Sukmadinata (1997) mengetengahkan prinsip-prinsip pengembangan
kurikulum yang dibagi ke dalam dua kelompok : (1) prinsip – prinsip umum :
relevansi, fleksibilitas, kontinuitas, praktis, dan efektivitas; (2)
prinsip-prinsip khusus : prinsip berkenaan dengan tujuan pendidikan, prinsip
berkenaan dengan pemilihan isi pendidikan, prinsip berkenaan dengan pemilihan
proses belajar mengajar, prinsip berkenaan dengan pemilihan media dan alat
pelajaran, dan prinsip berkenaan dengan pemilihan kegiatan penilaian. Herry
Hernawan dkk (2002) mengemukakan lima prinsip dasar dalam pengembangan
kurikulum, yaitu :
1. Prinsip relevansi;
kurikulum merupakan rel-nya pendidikan untuk membawa siswa dapat hidup sesuai
dengan nilai-nilai yang ada di masyarakat serta membekali siswa baik dalam
pengetahuan,sikap maupun keterampilan sesuai dengan tuntunan dan harapan
masyarakat.oleh sebab itu,pengalaman-pengalaman belajar yang disusun dalam
kurikulum harus relevan dengan kebutuhan masyarakat.inilah yang dimaksud
prinsip relevansi.ada dua macam relevansi,yaitu relevansi internal dan
relevansi eksternal.relevansi internal adalah bahwa setiap kurikulum harus
memiliki keserasian antara komponen-komponennya,yaitu serasi antara tujuan yang
harus dicapai,isi,materi atau pengalaman belajar yang harus dimiliki
siswa,strategi atau metode yang digunakan serta alat penilain untuk melihat
ketercapain tujuan.relevansi internal ini menunjukan keutuhan suatu kurikulum.
2. Prinsip fleksibilitas;
dalam pengembangan kurikulum mengusahakan agar yang dihasilkan memiliki sifat
luwes, lentur dan fleksibel dalam pelaksanaannya, memungkinkan terjadinya
penyesuaian-penyesuaian berdasarkan situasi dan kondisi tempat dan waktu yang
selalu berkembang, serta kemampuan dan latar belakang peserta didik Prinsip
fleksibilitas memiliki dua sisi: Flexible dalam memilih program pendidikan
serta fleksibilitas dalam mengembangkan program pengajaran.
3. Prinsip kontinuitas; yakni
adanya kesinambungan antara berbagai tingkat sekolah,dan antara berbagai
tingkat bidang studi dalam kurikulum, baik secara vertikal, maupun secara
horizontal. Pengalaman-pengalaman belajar yang disediakan kurikulum harus
memperhatikan kesinambungan, baik yang di dalam tingkat kelas, antar jenjang
pendidikan, maupun antara jenjang pendidikan dengan jenis pekerjaan.
4. Prinsip efisiensi; prinsip
efisiensi berhubungan dengan perbandingan antar tenaga,waktu,suara,dan biaya
yang dikeluarkan dengan hasil yang diperoleh kurikulum dikatakan memiliki
tingkat efesiensi yang tinggi apabila dengan sarana,biaya yang minimal dan
waktu yang terbatas dapat memperoleh hasil yang maksimal.betapa pun bagus dan
idealnya suatu kurikulum,manakala menuntut peralatan,sarana dan prasarana yang
khusus serta mahal harganya,maka kurikulum itu tidak praktis dan sukar untuk
dilaksanakan.kurikulum harus dirancang untuk dapat digunakan dalam segala
keterbatasan.
5. Prinsip efektivitas;
prinsip efektivitas berkenaan dengan rencana dalam suatu kurikulum dapat
dilaksanakan dan dapat dilaksanakan dan dapat dicapai dalam kegiatan belajar
mengajar. Terdapat dua sisi efektivitas dalam suatu pengembangan kurikulum:(a)
efektivitas berhubungan dengan kegiatan guru dalam melaksanakan tugas
mengimplementasikan kurikulum didalam kelas; (b)efektivitas kegiatan siswa
dalam melaksanakan kegiatan belajar
D. Prinsip
yang Dianut dalam Pengembangan Kurikulum
Ada sejumlah prinsip yang digunakan dalam
pengembangan kurikulum,diantaranya:
1. Prinsip
relevansi, Kurikulum dan pengajaran harus disusun sesuai dengan tuntutan kebutuhan
dan kehidupan peserta didik
2. Prinsip
efektifitas, Berkaitan dengantingkat pencapaian hasil pelaksanaan kurikulum
3. Prinsip
efisiensi, Berkaitan dengan perbandingan antara tenaga, waktu, dana, dan sarana
yang dipakai dengan hasil yang diperoleh
4. Prinsip
kontinuinitas, Kurikulum berbagai tingkat kelas dan jenjangpendidikan disusun
secara berkesinambungan
5. Prinsip
Fleksibilitas,disamping program yang berlakuuntuk semua anak terdapat pula
kesempatan bagi amak mengambil program-program pilihan
6. Prinsip
integritas, kurikulum hendaknya memperhatiakn hubungan antara berbagai program
pendidikan dalam rangka pembentukan kepribadian yang terpadu
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Dalam usaha untuk
mengembangkan kurikulum ada beberapa prinsip dasar yang harus kita perhatikan;
adapun prinsip-prinsip didalam pengembangan kurikulum menjadi dua kelompok
yaitu pertama: prinsip – prinsip umum : a. relevansi, b.
fleksibilitas, c. kontinuitas, d. praktis, e. efektivitas. Kedua
prinsip-prinsip khusus :a. prinsip berkenaan dengan tujuan
pendidikan,b. prinsip berkenaan dengan pemilihan isi pendidikan, c.
prinsip berkenaan dengan pemilihan proses belajar mengajar,d. prinsip berkenaan
dengan pemilihan media dan alat pelajaran, e. prinsip berkenaan dengan
pemilihan kegiatan penilaian.serta adanya prinsip-prinsip dasar pengembangan
kurikulum yang terkait dengan kurikulum satuan pendidikan.
B.
SARAN
Kami menyadari sepenuhnya
bahwa dalam pembuatan makalah ini masih banyak terdapat kesalahan dan
kekurangan didalam pembuatan makalah ini. oleh karena itu, dengan kerendahan
hati penulis mengharapkan kritik dan saran baik dari dosen pemimbing maupun
dari pembaca budiman. atas kritik dan saran nantinya kamis ucapkan terima
kasih.
DAFTAR PUSTAKA
Dra, Subandijan.1996.Pengembangan Dan Inovasi
Kurikulum.Jakarta:PT.Raja Grafindo
Hamalik, Oemar. 2007. Manajemen Pengembangan
kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Hernawan, Herry dkk. 2002 lima
prinsip dasar dalam pengembangan kurikulum. Jakarta : Arjuna
Idi.Abdullah.2009.Pengembangan Kurikulum Teori Dan
Praktik.Jogjakarta:Ar-Ruzz Meda
Soetopo,Hendiyat.1982.Pembinaan Dan Pengembangan
Kurikulum.Jakarta:Bina Aksara
Syaodih, Nana Sukmadinata. 1997. prinsip-prinsip
pengembangan kurikulum. Jakarta:Bina Aksara
Wina,Sajaya.2008.Kurikulum Dan Pembelajaran.Jakarta:Kencana
No comments:
Post a Comment