Sunday, June 21, 2020

BERANI HIDUP JUJUR


3.16 Menganalisis makna syaja’ah (berani membela kebenaran)dalam mewujudkan kejujuran
4.16 Menyajikan makna syaja’ah (berani membela kebenaran) dan upaya mewujudkan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari

A.      Pentingnya Memiliki Sifat Syaja’ah
Keberanian dalam ajaran Islam disebut syaja’ah. Syaja’ah menurut bahasa artinya berani. Sedangkan menurut istilah syaja’ah adalah keteguhan hati, kekuatan pendirian untuk membela dan mempertahankan kebenaran secara jantan dan terpuji. Jadi syaja’ah dapat diartikan keberanian yang berlandaskan kebenaran, dilakukan dengan penuh pertimbangan dan perhitungan untuk mengharapkan keridaan Allah SWT.
Keberanian (syaja’ah) merupakan jalan untuk mewujudkan sebuah kemenangan dalam keimanan. Tidak boleh ada kata gentar dan takut bagi muslim saat mengemban tugas bila ingin meraih kegemilangan. Semangat keimanana akan selalu menuntun mereka untuk tidak takut dan gentar sedikitpun. Allah SWT berfirman:
وَلَا تَهِنُوْا وَلَا تَحْزَنُوْا وَاَنْتُمُ الَاعْلَوْنَ اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْنَ
“Janganlah kamu bersikap lemah, dan ajanganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman”. (Qs. Ali Imran: 139)

B.       Pentingnya Memiliki Sifat Jujur
Sifat jujur merupakan tanda keislaman seseorang dan juga tanda kesempurnaan bagi si pemilik sifat tersebut. Pemilik kejujuran memiliki kedudukan yang tinggi di dunia dan diakhirat. Dengan kejujurannya, seorang hamba akan mencapai derajat orang-orang yang mulia dan selamat dari segala keburukan.
Sebaliknya, orang yang tidak jujur atau bohong akan dipersulit rezeki dan segala urusannya. Orang yang pernah berbohong akan terus berbohong karena untuk menutupi kebohongan yang diperbuat, dia harus berbuat kebohongan lagi. Bersyukurlah bagi orang yang pernah berbohong, kemudian sadar dan mengakui kebohongannya itu sehingga terputusnya mata rantai kebohongan.
Kejujuran berbuah kepercayaan, sebaliknya dusta menjadikan orang lain tidak percaya. Jujur membuat hati kita tenang, sedangkan berbohong membuat hati menjadi was-was. Kegundahan hati dan kekhawatiran yang bertumpuk-tumpuk beresiko menjadi penyakit.
Menurut tempatnya, jujur itu ada beberapa macam yakni:
1.         Jujur dalam niat dan kehendak, yaitu motivasi bagi setiap gerak dan langkah seseorang dalam rangka menaati perintah Allah SWT dan ingin mencapai ridha-Nya.
2.         Jujur dalam ucapan, yaitu memberitakan sesuatu sesuai dengan realitas yang terjadi.
3.         Jujur dalam perbuatan, yaitu seimbang antara lahiriah dan batiniah hingga tidaklah berbeda antara amal lahir dan amal batin.

C.      Harus Berani Jujur
Ketika seseorang sudah berani menutupi kebenaran, bahkan menyelewengkan kebenaran untuk tujuan jahat, ia telah melakukan kebohongan. Kebohongan yang dilakukannya itu telah membawa kepada apa yang dikhianatinya itu.
Menjaga amanah ialah menunaikan dengan baik terhadap hak-hak Allah SWT dan hak-hak manusia tanpa terpengaruhi oleh perubahan keadaan, baik susah maupub senang.
Hikmah dari perilaku jujur, antara lain:
1.         Perasaan enak dan hati tenang. Jujur akan membuat hati kita menjadi tenang, tidak takut akan diketahui kebohongannya karena tidak berbohong.
2.         Mendapatkan kemudahan dalam hidup.
3.         Selamat dari azab dan bahaya
4.         Membaca kepada kebaikan, dan kebaikan akan menuntun kita ke surga
5.         Dicintai oleh Allah SWT dan Rasul-Nya.

D.      Cara Menerapkan Perilaku Berani Membela Kebenaran dan Jujur
1.      Di sekolah, kita meluruskan niat untuk menuntut ilmu, mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh ibu bapak guru, tidak menyontek pekerjaan teman, melaksanakan piket sesuai jadwal, menaati peraturan yang berlaku di sekolah, dan berbicara benar dan sopan baik kepada guru, teman ataupun orang-orang yang ada di lingkungan sekolah.
2.      Di rumah, kita meluruskan niat untuk berbakti kepada orang tua dan memberitakan hal yang benar.
3.      Di masyarakat, kita melakukan kejujuran dengan niat untuk membangun lingkungan yang baik, tenang, dan tentram.

3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Let’s explore how dental implants San Diego can transform your smile. Learn about this advanced tooth replacement option’s benefits for enhancing oral aesthetics and boosting confidence. Read More... https://www.articlequarter.com/how-you-can-enhance-your-smile-with-dental-implants-san-diego/

    ReplyDelete