A. AL-QUR’AN HADITS
* Kelas X, Semester I
1.
|
Memahami
Pengertian Al-Qur’an & bukti keotentikkannya
|
|
|
a)
|
pengertian
al-qur’an menurut para ahli
|
|
b)
|
Bukti
keotentikan al-qur’n ditinjau dari segi keunikan redaksinya, kemukjizatannya
& sejarahnya
|
|
c)
|
Perilaku
org yg meyakini kebenaran al-qur’an
|
2.
|
Memahami
isi pokok A-qur’an
|
|
|
a)
|
Isi
pokok ajaran Al-qur’an
|
|
b)
|
Ayat
yg terkait dg isi pokok ajaran Al-Qur’an
|
|
c)
|
Kandungan
ayat yg terkait dg isi pokok ajaran al-Qur’an
|
|
d)
|
Menerapkan
kandungan ayat yg terkait dg isi pokok ajaran al-qur’an
|
|
|
|
3.
|
Memahami
fungsi al-qur’an dlm kehidupan
|
|
|
a)
|
Fungsi
al-qur’an
|
|
b)
|
Perilaku
org yg memfungsikan al-qur’an
|
|
c)
|
Penerapn
fungsi al-qur’an dlm kehidupn sehari-hari
|
|
|
|
4.
|
Memahami
cara-cara mencari surat
& ayat dlm al-qur’an
|
|
|
a)
|
Kitab-kitab
yg berhubungan dg cara-cara mencari surat
& ayat dlm al-qur’an
|
|
b)
|
Penerapan
cara-cara mencari surat & ayat dlm al-qur’an
|
|
|
|
5.
|
Memahami
ayat-ayat al-qur’an ttg manusia
tugasnya sbg hamba Allah & khalifah di bumi
|
|
|
a)
|
Mengartikan
QS al-Mu’minuun:12-14; QS al-nahl:78; QS al-baqarah:30; & QS
adz-Dzaariyat:56
|
|
b)
|
Menjelaskan
kandungan QS al-Mu’minuun:12-14; QS
al-nahl:78; QS al-baqarah:30; & QS adz-Dzaariyat:56
|
|
c)
|
Menerapkan
perilaku sbg hamba Allah &
khalifah di bumi seperti terkandung dlm
QS al-Mu’minuun:12-14; QS al-nahl:78; QS al-baqarah:30; & QS
adz-Dzaariyat:56
|
|
|
|
6.
|
Memahami
ayat-ayat al-qur’an ttg demokrasi
|
|
|
a)
|
Mengartikan
QS ali-imran:159 & QS asy-Syura:38
|
|
b)
|
Menjelaskan
kandungan QS ali-imran:159 & QS
asy-Syura:38
|
|
c)
|
Menerapkan
perilaku hidup demokrasi seperti terkandung dlm QS ali-imran:159 & QS asy-Syura:38
|
|
|
|
|
|
|
* Kelas X, Semester 2
|
||
1.
|
Memahami
istilah-istilah hadits
|
|
|
a)
|
Pengertian
hadits, sunnah, khabar, atsar & hadits qudsi
|
|
b)
|
Membandingkan
pengertian hadits, sunnah, khabar, atsar & hadits qudsi
|
|
c)
|
Penerapan
hadits, sunnah (qauliyah, fi’liyah & taqririyah), khabar, atsar &
hadits qudsi
|
|
|
|
2.
|
Memahami
sanad & matan hadits
|
|
|
a)
|
Pengertian
sanad & matan
|
|
b)
|
Penerapan
Pengertian sanad & matan dlm hadits
|
|
|
|
3.
|
Mendeskripsikan
fungsi hadits terhadap Al-qur’an
|
|
|
a)
|
Fungsi
hadits terhadap Al-qur’an
|
|
b)
|
Contoh
fungsi hadits terhadap Al-qur’an
|
|
c)
|
Penerapan
fungsi hadits terhadap Al-qur’an
|
4.
|
Memahami
pembagian hadits dari segi kuantitas & kualitasnya.
|
|
|
|
|
5.
|
Memahami
ayat-ayat al-qur’an ttg keikhlasan dlm beribadah
|
|
|
a)
|
Mengartikan
QS Al-an’aam: 162-163; QS Al-bayyinah: 5 & hadits ttg keikhlasan dlm
beribadah.
|
|
b)
|
Kandungan
QS Al-an’aam: 162-163; QS Al-bayyinah: 5 & hadits ttg keikhlasan dlm
beribadah.
|
|
c)
|
Perilaku
org yg mengamalkan QS Al-an’aam: 162-163; QS Al-bayyinah: 5 & hadits ttg
keikhlasan dlm beribadah.
|
|
d)
|
Menampilkan
perilaku ikhlas dlm beribadah seperti yg terkandung dlm QS Al-an’aam:
162-163; QS Al-bayyinah: 5 & hadits ttg keikhlasan dlm beribadah.
|
|
|
|
*
Kelas XI, Semester I
|
||
|
|
|
1.
|
Memahami
ayat-ayat al-qur’an & hadits ttg
nikmat Allah & cara mensyukurinya
|
|
|
a)
|
Mengartikan
QS Az-Zuhruf: 9-13, QS Al-‘ankabut:17 & hadis ttg syukur
|
|
b)
|
Kandungan
QS Az-Zuhruf: 9-13, QS Al-‘ankabut:17 & hadis ttg syukur
|
|
c)
|
Perilaku
org yg mengamalkan QS Az-Zuhruf: 9-13, QS Al-‘ankabut:17 & hadis ttg
syukur
|
|
d)
|
Macam-macam
nikmat Allah sebagaimana terkandung dlm QS Az-Zuhruf: 9-13
|
|
e)
|
Pelaksanaan Cara-cara mensyukuri nikmat
Allah seperti terkandung dlm QS Al-‘ankabut:17 & hadis ttg syukur
|
|
|
|
2.
|
Memahami
ayat-ayat al-qur’an ttg perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
|
|
|
a)
|
Mengartikan
QS ar-ruum: 41-42,QS l-a’raaf: 56-58; QS Shaad:27; QS Al-furqaan:45-50 &
QS Al- Baqarah: 204-206
|
|
b)
|
Kandungan
QS ar-ruum: 41-42,QS l-a’raaf: 56-58; QS Shaad:27; QS Al-furqaan:45-50 &
QS Al- Baqarah: 204-206
|
|
c)
|
Perilaku
org yg mengamalkan QS ar-ruum: 41-42,QS l-a’raaf: 56-58; QS Shaad:27; QS
Al-furqaan:45-50 & QS Al- Baqarah: 204-206
|
|
d)
|
Penerapan
perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup sebagaimana terkandung dlm QS ar-ruum: 41-42,QS l-a’raaf: 56-58; QS
Shaad:27; QS Al-furqaan:45-50 & QS Al- Baqarah: 204-206
|
|
|
|
*
Kelas XI, Semester II
|
||
|
||
1.
|
Memahami
ayat-ayat al-qur’an & hadits ttg
pola hidup sederhana & perintah menyantuni para duafa
|
|
|
a)
|
Mengartikan
QS al-qashash: 79-82; QS al-israa’: 26-27, 29-30, QS al-baqarah: 177 &
hadits ttg hidup sederhana & perintah menyantuni para duafa
|
|
b)
|
Kandungan
QS al-qashash: 79-82; QS al-israa’: 26-27, 29-30, QS al-baqarah: 177 &
hadits ttg hidup sederhana & perintah menyantuni para duafa
|
|
c)
|
Perilaku
org yg mengamalkan QS al-qashash: 79-82; QS al-israa’: 26-27, 29-30, QS
al-baqarah: 177 & hadits ttg hidup sederhana & perintah menyantuni
para duafa
|
|
d)
|
Penerapan
perilaku hidup sederhana & menyantuni para duafa QS al-qashash: 79-82; QS al-israa’: 26-27,
29-30, QS al-baqarah: 177 & hadits ttg hidup sederhana & perintah
menyantuni para duafa
|
|
|
|
2.
|
Memahami
ayat-ayat al-qur’an ttg berkompetisi dlm kebaikan
|
|
|
a)
|
Mengartikan
QS al-baqarah:148; QS al-Faathir:32; & an-Nahl:97
|
|
b)
|
Kandungan QS al-baqarah:148; QS al-Faathir:32; &
an-Nahl:97
|
|
c)
|
Perilaku
org yg mengamalkan QS al-baqarah:148; QS al-Faathir:32; & an-Nahl:97
|
|
d)
|
Hikmah
perilaku berkompetisi dlm kebaikan
|
|
e)
|
Penerapan
perilaku berkompetisi dlm kebaikan, seperti terkandung dlm QS al-baqarah:148;
QS al-Faathir:32; & an-Nahl:97
|
|
|
|
3.
|
Memahami
ayat-ayat al-qur’an & hadits ttg
amar ma’ruf nahi mungkar
|
|
|
a)
|
Mengartikan
QS Ali-Imran:104; & hadits ttg
amar ma’ruf nahi mungkar
|
|
b)
|
Kandungan
QS Ali-Imran:104; & hadits ttg
amar ma’ruf nahi mungkar
|
|
c)
|
Perilaku
org yg mengamalkan QS Ali-Imran:104; & hadits ttg amar ma’ruf nahi mungkar
|
|
d)
|
Penerapan
amar ma’ruf nahi mungkar, seperti terkandung dlm QS Ali-Imran:104; &
hadits ttg amar ma’ruf nahi mungkar
|
|
|
|
4.
|
Memahami
ayat-ayat al-qur’an & hadits ttg
ujian & cobaan
|
|
|
a)
|
Mengartikan
QS Al-Baqarah:155 & hadits ttg
ujian & cobaan
|
|
b)
|
Kandungan
QS Al-Baqarah:155 & hadits ttg
ujian & cobaan
|
|
c)
|
Perilaku
org yg tabah & sabar dlm menghadapi ujian & cobaan QS Al-Baqarah:155
& hadits ttg ujian & cobaan
|
|
d)
|
Penerapan
perilaku tabah & sabar dlm menghadapi ujian & cobaan seperti
terkandung dlm QS Al-Baqarah:155 & hadits
ttg ujian & cobaan
|
|
|
|
*
Kelas XII, Semester I
|
||
|
||
1.
|
Memahami
ayat-ayat al-qur’an & hadits ttg
kewajiban berdakwah
|
|
|
a)
|
Mengartikan
QS An-Nahl:125; QS Asy-Syu’raa:214-216; QS Al-Hijr:94-96 & hadits ttg kewajiban berdakwah
|
|
b)
|
Kandungan
QS An-Nahl:125; QS Asy-Syu’raa:214-216; QS Al-Hijr:94-96 & hadits ttg kewajiban berdakwah
|
|
c)
|
Perilaku
org yg mengamalkan QS An-Nahl:125; QS Asy-Syu’raa:214-216; QS Al-Hijr:94-96
& hadits ttg kewajiban berdakwah
|
|
d)
|
Penerapan
strategi berdakwah seperti terkandung dlm QS An-Nahl:125; QS
Asy-Syu’raa:214-216; QS Al-Hijr:94-96 & hadits ttg kewajiban berdakwah dlm kehidupan
sehari-hari
|
|
|
|
2.
|
Memahami
ayat-ayat al-qur’an & hadits ttg
tanggung jawab manusia terhadap keluarga & masyarakat
|
|
|
a)
|
Mengartikan
QS At-Tahrim:6; QS Thaha:132; QS Al-An’aam:; QS An-Nisaa’:36; QS Huud:117-119
& hadits ttg tanggung jawab
manusia terhadap keluarga & masyarakat
|
|
b)
|
Kandungan
QS At-Tahrim:6; QS Thaha:132; QS Al-An’aam:; QS An-Nisaa’:36; QS Huud:117-119
& hadits ttg tanggung jawab
manusia terhadap keluarga & masyarakat
|
|
|
|
|
c)
|
Perilaku
org yg mengamalkan QS At-Tahrim:6; QS Thaha:132; QS Al-An’aam:; QS
An-Nisaa’:36; QS Huud:117-119 & hadits
ttg tanggung jawab manusia terhadap keluarga & masyarakat
|
|
d)
|
Penerapan
tanggung jawab manusia terhadap keluarga & masyarakat seperti terkandung
dlm QS At-Tahrim:6; QS Thaha:132; QS Al-An’aam:; QS An-Nisaa’:36; QS
Huud:117-119 & hadits ttg tanggung
jawab manusia terhadap keluarga &
masyarakat
dlm kehidupan sehari-hari
|
3.
|
Memahami
ayat-ayat al-qur’an & hadits ttg
berlaku adil & jujur
|
|
|
a)
|
Mengartikan
QS Al-Maidah:8-10; QS An-Nahl:90-92; QS An-Nisaa’:105 & hadits ttg berlaku adil & jujur
|
|
b)
|
Kandungan
QS Al-Maidah:8-10; QS An-Nahl:90-92; QS An-Nisaa’:105 & hadits ttg berlaku adil & jujur
|
|
c)
|
Perilaku
org yg mengamalkan QS Al-Maidah:8-10; QS An-Nahl:90-92; QS An-Nisaa’:105
& hadits ttg berlaku adil &
jujur
|
|
d)
|
Penerapan
perilaku adil & jujur seperti terkandung dlm QS Al-Maidah:8-10; QS
An-Nahl:90-92; QS An-Nisaa’:105 & hadits
ttg berlaku adil & jujur
|
|
|
|
*
Kelas XII, Semester II
|
||
|
||
1.
|
Memahami
ayat-ayat al-qur’an & hadits ttg
teleransi & etika pergaulan
|
|
|
a)
|
Mengartikan
QS Al-kaafiruun:1-6; QS Yuunus:40-41; QS Al-Kahfi:29; QS Al-Hujuraat:10-13
& hadits ttg etika pergaulan
|
|
b)
|
Kandungan
QS Al-kaafiruun:1-6; QS Yuunus:40-41; QS Al-Kahfi:29; QS Al-Hujuraat:10-13
& hadits ttg etika pergaulan
|
|
c)
|
Perilaku
org yg mengamalkan QS Al-kaafiruun:1-6; QS Yuunus:40-41; QS Al-Kahfi:29; QS
Al-Hujuraat:10-13 & hadits ttg
etika pergaulan
|
|
d)
|
Penerapan
perilaku seperti terkandung dlm QS Al-kaafiruun:1-6; QS Yuunus:40-41; QS
Al-Kahfi:29; QS Al-Hujuraat:10-13 & hadits ttg etika pergaulan dlm kehidupan
sehari-hari
|
|
|
|
2.
|
Memahami
ayat-ayat al-qur’an ttg ilmu pengetahuan & teknologi
|
|
|
a)
|
Mengartikan
QS Al-‘Alaq:1-5; QS Yuunus:101; QS Al-Baqarah:164
|
|
b)
|
Kandungan
QS Al-‘Alaq:1-5; QS Yuunus:101; QS Al-Baqarah:164
|
|
c)
|
Perilaku
org yg mengamalkan QS Al-‘Alaq:1-5; QS Yuunus:101; QS Al-Baqarah:164
|
|
d)
|
Melakukan
pengembangan ilmu pengetahuan & teknologi seperti terkandung dlm QS
Al-‘Alaq:1-5; QS Yuunus:101; QS Al-Baqarah:164
|
B. AKIDAH AKHLAK
* Kelas X, Semester I
1.
|
Memahami prinsip-prinsip & metode peningkatan kualias
akidah
|
|
|
a)
|
Prinsip-prinsip akidah & penerapannya
|
|
b)
|
Metode-metode peningkatan kualias akidah &
penerapannya
|
|
|
|
2.
|
Memahami tauhid
|
|
|
a)
|
Pengertian tauhid & istilah-istilah lainnya
|
|
b)
|
Macam-macam tauhid (uluuhiyah, rubuubiyah, mulkiyah,
rahmaniyah dll)
|
|
c)
|
Perilaku org ber-tauhid & penerapannya dlm kehidupan
sehari-hari
|
|
|
|
3.
|
Memahami syirik dlm Islam
|
|
|
a)
|
Pengertian &macam-macam syirik
|
|
b)
|
Perilaku org yg berbuat syirik
|
|
c)
|
Akibat perbuatan syirik
|
|
d)
|
Membiasakan diri menghindari hal-hal yg mengarah kpd
perbuatan syirik dlm kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
4.
|
Memahami masalah akhlak & metode peningkaan kualitas
akhlak
|
|
|
a)
|
Pengertian akhlak
|
|
b)
|
Penjelasan induk-induk akhlak terpuji & tercela
|
|
c)
|
Macam-macam metode peningkaan kualitas akhlak dlm
kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
* Kelas X, Semester II
|
||
|
|
|
1.
|
Meningktkan keimanan kpd allah melalui sifat-sifatnya dlm
al-asma’ al husna
|
|
|
a)
|
Menguraikan 10 al-asma’ al husna (al-Muqsith, al-Waarits,
an-Naafi’, al-Baasith, al-Hafidz, al-Walii, al-Waduud, ar-Raafi’, al-Mu’iz
& al-Afuww)
|
|
b)
|
Bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran melalui sifat-sifat
Allah dlm 10 Asmaul husna
|
|
c)
|
Perilaku org mengamalkan 10 Asmaul husna
|
|
|
Meneladani sifat-sifat Allah yg terkandung dlm 10 Asmaul
husna
|
|
|
|
2.
|
Membiasakan perilaku terpuji
|
|
|
a)
|
Pengertian & pentingnya husnuzh-zhan & bertaubat
|
|
b)
|
Bentuk & contoh-contoh perilaku husnuzh-zhan &
bertaubat
|
|
c)
|
Nilai-nilai positif dari husnuzh-zhan & bertaubat dlm
fenomena kehidupan
|
|
d)
|
Membiasakan perilaku husnuzh-zhan & bertaubat
|
|
|
|
3.
|
Menghindari perilaku tercela
|
|
|
a)
|
Pengertian riya, aniya & diskriminasi
|
|
b)
|
Bentuk & contoh-contoh perilaku riya, aniya &
diskriminasi
|
|
c)
|
Nilai-nilai negative akibat perilaku riya, aniya &
diskriminasi
|
|
d)
|
Membiasakan diri menghindari hal-hal yg mengarah pd
perilaku riya, aniya & diskriminasi
|
|
|
|
* kelas XI, semester I
|
||
|
|
|
1.
|
Memahami imu kalam
|
|
|
a)
|
Pengertian & fungsi ilmu kalam
|
|
b)
|
Hub ilmu kalam dg ilmu lainnya
|
|
c)
|
Penerapan ilmu kalam dlm mempertahankan akidah
|
|
|
|
2.
|
Memahami aliran-aliran ilmu kalam & tokohnya
|
|
|
a)
|
aliran-aliran ilmu kalam,
tokohnya & pandangannya (khawarij, mur’jiah, syi’ah, jabariyah,
qadariyah, asy’ariyah, al-matarudiyah, mu’tazilah, dll seperti teologi
trasformatif & teologi pembebasan)
|
|
b)
|
Analisis perbedaan anatara aliran ilmu kalam yg satu dg
lainnya
|
|
c)
|
Contoh perilaku org yg beraliran tertentu dlm ilmu kalam
|
|
d)
|
Menghargai aliran-aliran yg berbeda dlm kehidupan
bermasyarakt
|
|
|
|
3.
|
Membiasakan perilaku terpuji
|
|
|
a)
|
Pengertian, bentuk & pentingnya akhlak berpakaian,
berhias, perjalanan, bertamu & menerima tamu
|
|
b)
|
Nilai-nilai positif
dari akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu & menerima
tamu dlmfenomena kehidupan
|
|
c)
|
Penerapan akhlak tsb dlm kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
4.
|
Menghindari akhlak tercela
|
|
|
a)
|
Pengerian, bentuk, & contoh dosa besar (mabuk-mabukan,
berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)
|
|
b)
|
Nilai negative akibat perbuatan dosa besar &
membiasakan diri utk menghindari perilaku tsb
|
|
|
|
* kelas XI, semester II
|
||
|
|
|
1.
|
Memahami tasawuf
|
|
|
a)
|
Pengertian, asal usul & istilah dlm tasawuf
|
|
b)
|
Fungsi & peranan tasawuf dlm kehidupan modern
|
|
c)
|
Contoh-contoh perilaku bertasawuf
|
|
d)
|
Penerapan tsawuf dlm kehidupan modern
|
|
|
|
2.
|
Membiasakan perilaku terpuji
|
|
|
a)
|
Pengertian, & pentingnya adil, rida, aml shalih,
persatuan & kerukunan
|
|
b)
|
Perilaku org yg berbuat adil, rida, aml shalih, persatuan
& kerukunan
|
|
c)
|
Nili-nilai positif dari akhlak terpuji dlm fenomena
kehidupan & membiasakan berakhlak terpuji dlm kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
3.
|
Membiasakan perilaku terpuji
|
|
|
a)
|
Pengertian, bentuk, contoh & pentingnya akhak terpuji
dlm pergaulan remaja
|
|
b)
|
Nilai-nilai negative akibat perilaku pergaulan remaja yg
tdk sesuai dg akhlak Islm dlm fenomena kehidupan
|
|
c)
|
Penerapannya dlm kehidupan sehri-hari
|
|
|
|
4.
|
Menghindari akhlak tercela
|
|
|
a)
|
Pengertian, bentuk & contoh perbuatan israaf, tabdziir
& fitnah
|
|
b)
|
Nilai-nilai negative akibat akhlak tercela &
membiasakan diri utk menghidari perilaku tsb
|
|
|
|
|
|
|
C. FIQIH
* Kelas X, Semester I
|
||
|
|
|
1.
|
Memahami prinsip- prinsip ibadah & syari’at dlm Islam
|
|
|
a)
|
prinsip- prinsip ibadah dlm Islam
|
|
b)
|
Tujuan (masqahid) syari’at Islam
|
|
c)
|
Perilaku org yg berpegang pd prinsip- prinsip, Tujuan
& syariah
|
|
d)
|
Penerapan cara berpegang pd prinsip- prinsip, Tujuan &
syariah
|
|
|
|
2.
|
Memahami hukum Islam ttg zakat & hikmahnya
|
|
|
a)
|
Ketentuan Islam ttg zakat & hikmahnya
|
|
b)
|
Ketentuan perundangan-undangan ttg zakat
|
|
c)
|
Contoh penerapan ketentuan zakat
|
|
d)
|
Cara pelaksanaan zakat sesuai Ketentuan
perundangan-undangan
|
|
|
|
3.
|
Memahami hukum Islam ttg haji & hikmahnya
|
|
|
a)
|
Ketentuan Islam ttg haji & hikmahnya
|
|
b)
|
Ketentuan perundangan-undangan ttg haji
|
|
c)
|
Contoh penerapan ketentuan haji
|
|
d)
|
Pelaksanaan haji sesuai Ketentuan perundangan-undangan
haji
|
|
|
|
4.
|
Memahami hikmah kurban & akikah
|
|
|
a)
|
Menjelaskan ketentuan & Tata Cara pelaksanaan kurban
& akikah serta hikmahnya
|
|
b)
|
Penerapan Cara pelaksanaan kurban & akikah
|
|
|
|
5.
|
Memahami hukum ketentuan Islam ttg pengurusan jenazah
|
|
|
a)
|
Menjelaskan & memperagakan Tata Cara pengurusan
jenazah
|
|
|
|
* Kelas X, Semester II
|
||
1.
|
Memahami hukum Islam ttg kepemilikan
|
|
|
a)
|
Aturan islam ttg kepemilikan
|
|
b)
|
Ketentuan Islam ttg akad
|
|
c)
|
Memperagakan Aturan islam ttg kepemilikan & akad
|
|
|
|
2.
|
Memahami konsep perekonomian dlm Islam & hikmahnya
|
|
|
a)
|
Aturan islam ttg a) jual beli & hikmahnya. b) khiyar.
c) musaqah muzaara’ah,
mukhaabarah & hikmahnya. d)
syirkah & manfaatnya. e) muraabahah, mudhaarabah, & salam
|
|
b)
|
Penerapannya
|
|
|
|
3.
|
Memahami hukum Islam ttg pelepasan & perubahan harta
beserta hikmahnya
|
|
|
a)
|
Ketentuan Islam ttg wakaf, hibah, sadakah, hadiah &
hikmah pelaksanaannya, serta penerapan cara pelaksanaannya.
|
|
|
|
4.
|
Memahami hukum Islam & ketentuannya ttg wakalah &
sulhu serta hikmahnya.
|
|
|
|
|
5.
|
Memahami hukum Islam & ketentuannya ttg daman &
kafalah serta hikmahnya
|
|
|
|
|
6.
|
Memahami hukum & ketentuannya ttg riba, bank &
asuransi.
|
|
|
|
|
* kelas XI, semester I
|
||
|
|
|
1.
|
Memahami ketentuan Islam ttg jinayah & hikmahnya
|
|
|
a)
|
Hukum pembunuhan, qishash, diyat, kafaarat & hikmahnya
|
|
b)
|
Contoh- Contoh qishash, diyat & kafaarat dlm hokum
islam
|
|
|
|
2.
|
Memahami ketentuan Islam ttg huudud (zina, qadzaf, minuman
keras, mencuri, menyamun, merampok & bughat) & hikmahnya
|
|
|
|
|
3.
|
Memahami ketentuan Islam ttg peradilan & hikmahnya
|
|
|
a)
|
Proses peradilan dlm Islam
|
|
b)
|
Ketentuan hokum Islam ttg hakim & saksi dlm peradilan
Islam
|
|
|
|
* kelas XI, semester II
|
||
|
|
|
1.
|
Memahami ketentuan Islam ttg hokum keluarga
|
|
|
a)
|
Ketentuan hokum perkawinan dlm Islam & hikmahnya
|
|
b)
|
Ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia
|
|
c)
|
Konsep islam ttg talak, perceraian, iddah, ruju &
hikmahnya
|
|
d)
|
ketentuan Islam ttg pengasuhan anak/hadhaanah
|
|
|
|
2.
|
Memahami ketentuan Islam ttg waris
|
|
|
a)
|
Ketentuan hokum waris dlm Islam
|
|
b)
|
Keterkaitan waris dg wasiat
|
|
c)
|
Contoh cara pelaksanaan waris & wasiat
|
|
|
|
* Kelas XII, Semester I
|
||
|
|
|
1.
|
Memahami ketentuan Islam ttg siyasah syar’iyah
(pemerinthan/ khilaafah & majlis syura)
|
|
|
|
|
2.
|
Memahami sumber hokum Islam
|
|
|
a)
|
sumber hokum yg disepakati & tdk disepakati ulama
|
|
b)
|
Penerapan sumber hokum yg disepakati & tdk disepakati
ulama
|
|
c)
|
Pengertian, fungsi & kedudukan ijtihad
|
|
|
|
* Kelas XII, Semester II
|
||
|
|
|
1.
|
Memahami hokum- hokum syar’i
|
|
|
a)
|
Hokum taklifi & wadh’i serta penerapannya dlm islam
|
|
b)
|
Mahkum bihi/fihi & mahkum ‘alaih
|
|
|
|
2.
|
Memahami kaidah- kaidah,macam-macam usul fiqih
|
- SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
* Kelas XII, Semester I
|
||
|
|
|
1.
|
Memahami keteladanan dakwah Rasulullah dlm membina umat
Islam
|
|
|
a)
|
Sejarah dakwah Rasulullah pd periode Makkah & Madinah
|
|
b)
|
Deskripsi substansi & strategi dakwah Rasulullah pd
periode Makkah & Madinah
|
|
c)
|
Identifiksi hasil-hasil perjuangan Rasulullah dlm dakwah
islam pd periode Makkah & Madinah
|
|
d)
|
Mengambil ibrah dari perjuangan Rasulullah dlm dakwah
islam pd periode Makkah & Madinah utk kepentingan masa sekarang &
akan datang.
|
|
|
|
2.
|
Memahami masalah kepemimpinan umat islam pasca Nabi wafat
|
|
|
a)
|
Proses & model pemilihan kepemimpinan pd masa
khulafaaurraasyidin
|
|
b)
|
Strategi kepemimpinan khulafaaurraasyidin
|
|
c)
|
Mengambil ibrah dari kepemimpinan khulafaaurraasyidin utk
kepentingan masa sekarang & akan datang.
|
|
|
|
3.
|
Memahami perkembangan islam periode klasik/zaman keemasan
(650-1250 M)
|
|
|
a)
|
perkembangan islam pd periode klasik
|
|
b)
|
Peristiwa penting & tokoh yg berprestasi dlm
perkembangan islam pd periode klasik
|
|
c)
|
Mengambil ibrah dari perkembangan islam pd periode klasik
utk kepentingan masa sekarang & akan datang.
|
|
d)
|
Meneladani tokoh yg berprestasi dlm perkembangan islam pd
periode klasik
|
|
|
|
4.
|
Memahami perkembangan islam periode pertengahan /zaman
kemunduran (1250-1800 M)
|
|
|
a)
|
perkembangan islam pd abad pertengahan
|
|
b)
|
.sebab-sebab kemunduran islam pd abad pertengahan
|
|
c)
|
Mengambil ibrah dari perkembangan islam pd periode
pertengahan utk kepentingan masa sekarang & akan datang
|
|
|
|
* Kelas XII, Semester II
|
||
|
||
1.
|
Memahami perkembangan islam pd masa modern/zaman
kebangkitan (1800-sekarang)
|
|
|
a)
|
perkembangan islam pd masa modern
|
|
b)
|
Peristiwa penting & tokoh yg berprestasi dlm
perkembangan islam pd periode modern
|
|
c)
|
Mengambil ibrah dari perkembangan islam pd periode modern
|
|
d)
|
Meneladani tokoh yg berprestasi dlm perkembangan islam pd
periode modern
|
|
||
2.
|
Memahami perkembangan islam di indonesia
|
|
|
a)
|
perkembangan islam di indonesia
|
|
b)
|
Peristiwa penting & tokoh yg berprestasi dlm
perkembangan islam di indonesia
|
|
c)
|
Mengambil ibrah dari perkembangan islam di indonesia
|
|
d)
|
Meneladani tokoh yg berprestasi dlm perkembangan islam di indonesia
|
|
||
3.
|
Memahami perkembangan islam di dunia
|
|
|
a)
|
perkembangan islam di dunia
|
|
b)
|
Peristiwa penting & tokoh yg berprestasi dlm
perkembangan islam di dunia
|
|
c)
|
Mengambil ibrah dari perkembangan islam di dunia
|
|
d)
|
Meneladani tokoh yg berprestasi dlm perkembangan islam di
dunia
|
C. BAHASA ARAB
* Kelas X, Semester I
|
||
|
|
|
Menyimak
1. memahami informasi lisan berbentuk paparan/dialog ttg
perkenalan & kehidupan keluarga
|
a)
|
Identifikasi bunyi huruf hijaiyah & ujaran (kata,
frase/kalimat)dlm suatu konteks dg tepat ttg ف را ع ت ل ا dan ةي ل ئ ا ع ل ا ةي ح ل ا
|
b)
|
Menangkap makna & gagasan/ide dari berbagai bentuk
wacana lisan secara tepat ttg ف
را ع ت ل ا
dan ةي ل ئ ا ع ل ا ةي ح ل ا
|
|
|
||
Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk
paparan/dialog ttg perkenalan & kehidupan keluarga
|
a)
|
Menyampaikan Gagasan/pendapat secara lisan dg lafal yg
tepat ف را ع ت ل ا dan ةي ل ئ ا ع ل ا ةي ح ل ا
|
b)
|
Melakukan dialog sesuai konteks dg tepat & lancar ttg ف را ع ت ل ا dan ةي ل
ئ ا ع ل ا ةي ح ل ا
|
|
|
|
|
Membaca
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan/dialog ttg
perkenalan & kehidupan keluarga
|
a)
|
Melafalkan & membaca nyaring kata, kalimat &
wacana tulis dg benar ttg perkenalan & kehidupan keluarga
|
b)
|
Identifikasi bentuk & tema wacana secara tepat ttg
perkenalan & kehidupan keluarga
|
|
c)
|
Menemukan makna & gagasan/ide wacana tulis secara
tepat ttg perkenalan & kehidupan keluarga
|
|
|
||
Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara tulisan berbentuk
paparan/dialog ttg perkenalan & kehidupan keluarga
|
a)
|
Menulis kata, frase & kalimat dg huruf, ejaan &
tanda baca yg tepat ttg perkenalan & kehidupan keluarga
|
b)
|
Mengungkapkan Gagasan/pendapat secara tertulis dlm kallimat
dg menggunakan kata, frasa & struktur yg benar ttg perkenalan &
kehidupan keluarga
|
|
|
Keterangan
Tema-tema tsb menggunakan bentuk kata ةف ر ع م ل او ةرك ن ل ا dan struktur kalimat رب خ ل او ادت
ب م ل ا
|
|
|
|
|
* Kelas X, Semester II
|
|
|
|
|
|
Menyimak
1. memahami informasi lisan berbentuk paparan/dialog ttg
Hobi & pekerjaan
|
a)
|
Identifikasi bunyi huruf hijaiyah & ujaran (kata,
frase/kalimat)dlm suatu konteks dg tepat ttg Hobi & pekerjaan
|
b)
|
Menangkap makna & gagasan/ide dari berbagai bentuk
wacana lisan secara tepat ttg Hobi & pekerjaan
|
|
|
||
Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk
paparan/dialog ttg Hobi & pekerjaan
|
a)
|
Menyampaikan Gagasan/pendapat secara lisan dg lafal yg
tepat ttg Hobi & pekerjaan
|
b)
|
Melakukan dialog sesuai konteks dg tepat & lancar ttg
Hobi & pekerjaan
|
|
|
||
Membaca
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan/dialog ttg Hobi
& pekerjaan
|
a)
|
Melafalkan & membaca nyaring kata, kalimat &
wacana tulis dg benar ttg Hobi & pekerjaan
|
b)
|
Identifikasi bentuk & tema wacana secara tepat ttg
|
|
c)
|
Menemukan makna & gagasan/ide wacana tulis secara
tepat ttg Hobi & pekerjaan
|
|
|
||
Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara tulisan berbentuk
paparan/dialog ttg Hobi & pekerjaan
|
a)
|
Menulis kata, frase & kalimat dg huruf, ejaan &
tanda baca yg tepat ttg Hobi & pekerjaan
|
b)
|
Mengungkapkan Gagasan/pendapat secara tertulis dlm
kallimat dg menggunakan kata, frasa & struktur yg benar ttg Hobi &
pekerjaan
|
|
|
Keterangan
Tema-tema tsb menggunakan struktur kalimat دورول ا ةري ث
ك ل ا اه ي ن اع م و رج ل ا ف ورح ض ع ب dan ف ط ع ل ا
|
|
|
|
|
* Kelas XI, Semester I
|
|
|
|
|
|
Menyimak
1. memahami informasi lisan berbentuk paparan/dialog ttg
Remaja & kesehatan
|
a)
|
Identifikasi bunyi huruf hijaiyah & ujaran (kata,
frase/kalimat)dlm suatu konteks dg tepat ttg Remaja & kesehatan
|
b)
|
Menangkap makna & gagasan/ide dari berbagai bentuk
wacana lisan secara tepat ttg Remaja
& kesehatan
|
|
|
||
Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk
paparan/dialog ttg Remaja & kesehatan
|
a)
|
Menyampaikan Gagasan/pendapat secara lisan dg lafal yg
tepat ttg Remaja & kesehatan
|
b)
|
Melakukan dialog sesuai konteks dg tepat & lancar ttg
Remaja & kesehatan
|
|
|
||
Membaca
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan/dialog ttg
Remaja & kesehatan
|
a)
|
Melafalkan & membaca nyaring kata, kalimat &
wacana tulis dg benar ttg Remaja & kesehatan
|
b)
|
Identifikasi bentuk & tema wacana secara tepat ttg
|
|
c)
|
Menemukan makna & gagasan/ide wacana tulis secara
tepat ttg Remaja & kesehatan
|
|
|
||
Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara tulisan berbentuk
paparan/dialog ttg Remaja & kesehatan
|
a)
|
Menulis kata, frase & kalimat dg huruf, ejaan &
tanda baca yg tepat ttg Remaja & kesehatan
|
b)
|
Mengungkapkan Gagasan/pendapat secara tertulis dlm
kallimat dg menggunakan kata, frasa & struktur yg benar ttg Remaja &
kesehatan
|
|
|
Keterangan
Tema-tema tsb menggunakan struktur kalimat ت وع ن م ل او
ت ع ن ل ا dan ةف اضاال ا
|
|
|
|
|
* Kelas XI, Semester II
|
|
|
|
|
|
Menyimak
1. memahami informasi lisan berbentuk paparan/dialog ttg
Fasilitas umum & pariwisata
|
a)
|
Identifikasi bunyi huruf hijaiyah & ujaran (kata,
frase/kalimat)dlm suatu konteks dg tepat ttg Fasilitas umum & pariwisata
|
b)
|
Menangkap makna & gagasan/ide dari berbagai bentuk
wacana lisan secara tepat ttg Fasilitas umum & pariwisata
|
|
|
||
Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk
paparan/dialog ttg
|
a)
|
Menyampaikan Gagasan/pendapat secara lisan dg lafal yg
tepat ttg Fasilitas umum & pariwisata
|
b)
|
Melakukan dialog sesuai konteks dg tepat & lancar ttg
Fasilitas umum & pariwisata
|
|
|
||
Membaca
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan/dialog ttg
|
a)
|
Melafalkan & membaca nyaring kata, kalimat &
wacana tulis dg benar ttg Fasilitas umum & pariwisata
|
b)
|
Identifikasi bentuk & tema wacana secara tepat ttg
Fasilitas umum & pariwisata
|
|
c)
|
Menemukan makna & gagasan/ide wacana tulis secara
tepat ttg Fasilitas umum & pariwisata
|
|
|
||
Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara tulisan berbentuk
paparan/dialog ttg Fasilitas umum & pariwisata
|
a)
|
Menulis kata, frase & kalimat dg huruf, ejaan &
tanda baca yg tepat ttg Fasilitas umum & pariwisata
|
b)
|
Mengungkapkan Gagasan/pendapat secara tertulis dlm
kallimat dg menggunakan kata, frasa & struktur yg benar ttg Fasilitas
umum & pariwisata
|
|
|
Keterangan
Tema-tema tsb menggunakan struktur kalimat ةي ل ع ف ةل م ج
|
|
|
|
|
* Kelas XII, Semester I
|
|
|
|
|
|
Menyimak
1. memahami informasi lisan berbentuk paparan/dialog ttg
Kebudayaan & tokoh-tokoh Islam
|
a)
|
Identifikasi bunyi huruf hijaiyah & ujaran (kata,
frase/kalimat)dlm suatu konteks dg tepat ttg Kebudayaan & tokoh-tokoh
Islam
|
b)
|
Menangkap makna & gagasan/ide dari berbagai bentuk
wacana lisan secara tepat ttg Kebudayaan & tokoh-tokoh Islam
|
|
|
||
Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk
paparan/dialog ttg Kebudayaan & tokoh-tokoh Islam
|
a)
|
Menyampaikan Gagasan/pendapat secara lisan dg lafal yg
tepat ttg Kebudayaan & tokoh-tokoh Islam
|
b)
|
Melakukan dialog sesuai konteks dg tepat & lancar ttg
Kebudayaan & tokoh-tokoh Islam
|
|
|
||
Membaca
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan/dialog ttg
Kebudayaan & tokoh-tokoh Islam
|
a)
|
Melafalkan & membaca nyaring kata, kalimat &
wacana tulis dg benar ttg Kebudayaan & tokoh-tokoh Islam
|
b)
|
Identifikasi bentuk & tema wacana secara tepat ttg
|
|
c)
|
Menemukan makna & gagasan/ide wacana tulis secara
tepat ttg Kebudayaan & tokoh-tokoh Islam
|
|
|
||
Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara tulisan berbentuk
paparan/dialog ttg Kebudayaan & tokoh-tokoh Islam
|
a)
|
Menulis kata, frase & kalimat dg huruf, ejaan &
tanda baca yg tepat ttg Kebudayaan & tokoh-tokoh Islam
|
b)
|
Mengungkapkan Gagasan/pendapat secara tertulis dlm
kallimat dg menggunakan kata, frasa & struktur yg benar ttg Kebudayaan
& tokoh-tokoh Islam
|
|
|
Keterangan
Tema-tema tsb menggunakan struktur kalimat ب وص ن م ل ا ع راض م ل
ا ل ع ف ل ا dan م
وزج م ل ا ع راض م ل ا ل ع ف ل ا
|
|
|
|
|
* Kelas XII, Semester II
|
|
|
|
|
|
Menyimak
1. memahami informasi lisan berbentuk paparan/dialog ttg
hari-hari besar islam & kisah-kisah islami
|
a)
|
Identifikasi bunyi huruf hijaiyah & ujaran (kata,
frase/kalimat)dlm suatu konteks dg tepat ttg hari-hari besar islam &
kisah-kisah islami
|
b)
|
Menangkap makna & gagasan/ide dari berbagai bentuk
wacana lisan secara tepat ttg hari-hari besar islam & kisah-kisah islami
|
|
|
||
Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk
paparan/dialog ttg hari-hari besar islam & kisah-kisah islami
|
a)
|
Menyampaikan Gagasan/pendapat secara lisan dg lafal yg
tepat ttg hari-hari besar islam & kisah-kisah islami
|
b)
|
Melakukan dialog sesuai konteks dg tepat & lancar ttg
hari-hari besar islam & kisah-kisah islami
|
|
|
||
Membaca
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan/dialog ttg
hari-hari besar islam & kisah-kisah islami
|
a)
|
Melafalkan & membaca nyaring kata, kalimat &
wacana tulis dg benar ttg hari-hari besar islam & kisah-kisah islami
|
b)
|
Identifikasi bentuk & tema wacana secara tepat ttg
|
|
c)
|
Menemukan makna & gagasan/ide wacana tulis dg tepat
ttg hari-hari besar islam & kisah-kisah islami
|
|
|
|
|
Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara tulisan berbentuk
paparan/dialog ttg hari-hari besar islam & kisah-kisah islami
|
a)
|
Menulis kata, frase & kalimat dg huruf, ejaan &
tanda baca yg tepat ttg hari-hari besar islam & kisah-kisah islami
|
b)
|
Mengungkapkan Gagasan/pendapat secara tertulis dlm
kallimat dg menggunakan kata, frasa & struktur yg benar ttg hari-hari
besar islam & kisah-kisah islami
|
|
|
Keterangan
Tema-tema tsb menggunakan struktur kalimat ءام س ال ا ع ف ر dan ءام س ال ا ب ص ن
|
- BAHASA ARAB (PROGRAM BAHASA)
* Kelas XI, Semester I
|
|
|
|
|
|
Menyimak
1. memahami informasi lisan berbentuk paparan/dialog ttg
identitas diri & kehidupan madrasah
|
a)
|
Identifikasi bunyi huruf hijaiyah & ujaran (kata,
frase/kalimat)dlm suatu konteks dg tepat
|
b)
|
Menangkap makna & gagasan/ide dari berbagai bentuk
wacana lisan secara tepat
|
|
|
||
Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk
paparan/dialog ttg identitas diri & kehidupan madrasah
|
a)
|
Menyampaikan Gagasan/pendapat secara lisan dg lafal yg
tepat
|
b)
|
Melakukan dialog sesuai konteks dg tepat & lancar
|
|
|
||
Membaca
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan/dialog ttg
identitas diri & kehidupan madrasah
|
a)
|
Melafalkan & membaca nyaring kata, kalimat &
wacana tulis dg benar
|
b)
|
Identifikasi bentuk & tema wacana secara tepat
|
|
c)
|
Menemukan makna & gagasan/ide wacana tulis secara
tepat
|
|
|
||
|
||
Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara tulisan berbentuk
paparan/dialog ttg identitas diri & kehidupan madrasah
|
a)
|
Menulis kata, frase & kalimat dg huruf, ejaan &
tanda baca yg tepat
|
b)
|
Mengungkapkan Gagasan/pendapat secara tertulis dlm
kallimat dg menggunakan kata, frasa & struktur yg benar
|
* Kelas XI, Semester II
|
|
|
|
|
|
Menyimak
1. memahami informasi lisan berbentuk paparan/dialog ttg
kehidupan keluarga & kehidupan sehari-hari
|
a)
|
Identifikasi bunyi huruf hijaiyah & ujaran (kata,
frase/kalimat)dlm suatu konteks dg tepat
|
b)
|
Menangkap makna & gagasan/ide dari berbagai bentuk
wacana lisan secara tepat
|
|
|
||
Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk
paparan/dialog ttg kehidupan keluarga & kehidupan sehari-hari
|
a)
|
Menyampaikan Gagasan/pendapat secara lisan dg lafal yg
tepat
|
b)
|
Melakukan dialog sesuai konteks dg tepat & lancar
|
|
|
||
Membaca
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan/dialog ttg
kehidupan keluarga & kehidupan sehari-hari
|
a)
|
Melafalkan & membaca nyaring kata, kalimat &
wacana tulis dg benar
|
b)
|
Identifikasi bentuk & tema wacana secara tepat
|
|
c)
|
Menemukan makna & gagasan/ide wacana tulis secara
tepat
|
|
|
||
Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara tulisan berbentuk
paparan/dialog ttg kehidupan keluarga & kehidupan sehari-hari
|
a)
|
Menulis kata, frase & kalimat dg huruf, ejaan &
tanda baca yg tepat
|
b)
|
Mengungkapkan Gagasan/pendapat secara tertulis dlm
kallimat dg menggunakan kata, frasa & struktur yg benar
|
* Kelas XII, Semester I
|
|
|
|
|
|
Menyimak
1. memahami informasi lisan berbentuk paparan/dialog ttg
hobi & wisata
|
a)
|
Identifikasi bunyi huruf hijaiyah & ujaran (kata,
frase/kalimat)dlm suatu konteks dg tepat
|
b)
|
Menangkap makna & gagasan/ide dari berbagai bentuk
wacana lisan secara tepat
|
|
|
||
Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk
paparan/dialog ttg hobi & wisata
|
a)
|
Menyampaikan Gagasan/pendapat secara lisan dg lafal yg
tepat
|
b)
|
Melakukan dialog sesuai konteks dg tepat & lancar
|
|
|
||
Membaca
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan/dialog ttg hobi
& wisata
|
a)
|
Melafalkan & membaca nyaring kata, kalimat &
wacana tulis dg benar
|
b)
|
Identifikasi bentuk & tema wacana secara tepat ttg
|
|
c)
|
Menemukan makna & gagasan/ide wacana tulis secara
tepat
|
|
|
||
Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara tulisan berbentuk
paparan/dialog ttg hobi & wisata
|
a)
|
Menulis kata, frase & kalimat dg huruf, ejaan &
tanda baca yg tepat
|
b)
|
Mengungkapkan Gagasan/pendapat secara tertulis dlm
kallimat dg menggunakan kata, frasa & struktur yg benar
|
* Kelas XII, Semester II
|
|
|
|
|
|
Menyimak
1. memahami wacana lisan berbentuk paparan/dialog
sederhana ttg pekerjaan
|
a)
|
Identifikasi bunyi huruf hijaiyah & ujaran (kata,
frase/kalimat)dlm suatu konteks dg mencocokkan & membedakan secara tepat
|
b)
|
Memperoleh informasi umum dan/atau rinci dari berbagai
bentuk wacana lisan sederhana secara tepat
|
|
|
||
Berbicara
2. Mengungkapkan informasi sederhana secara lisan
berbentuk paparan/dialog ttg pekerjaan
|
a)
|
Menyampaikan berbagai informasi lisan dg lafal dlm kalimat
sederhana sesuai konteks yg mencerminkan kecakapan berbahasa yg santun &
tepat
|
b)
|
Melakukan dialog sederhana dg lancar yg mencerminkan
kecakapan berkomunikasi dg santun & tepat
|
|
|
||
Membaca
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan/dialog
sederhana ttg pekerjaan
|
a)
|
membaca nyaring kata, kalimat & wacana tertulis
sederhana dg tepat
|
b)
|
Identifikasi bentuk & tema wacana sederhana secara
tepat
|
|
c)
|
Memperoleh berbagai informasi umum dan/atau rinci dari
wacana tulis sederhana secara tepat dg mencari kata kunci, informasi
umum/rinci
|
|
|
||
Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara tulisan berbentuk
paparan/dialog sederhana ttg pekerjaan
|
a)
|
Menulis kata, frase & kalimat dg huruf, ejaan &
tanda baca yg tepat
|
b)
|
Mengungkapkan informasi secara tertulis dlm kalimat
sederhana sesuai konteks yg mencerminkan kecakapan menggunakan kata/frasa dlm
kalimat dg struktur & tanda baca yg tepat
|
|
c)
|
Mengungkapkan pendapat & perasaan secara tertulis dg
lancar yg mencerminkan kecakapan menulis dg tepat
|
No comments:
Post a Comment