Monday, June 6, 2016

Alqur'an hadits



A.  AL-QUR’AN HADITS

     * Kelas X, Semester I
1.
Memahami Pengertian Al-Qur’an & bukti keotentikkannya

a)
pengertian al-qur’an menurut para ahli

b)
Bukti keotentikan al-qur’n ditinjau dari segi keunikan redaksinya, kemukjizatannya & sejarahnya

c)
Perilaku org yg meyakini kebenaran al-qur’an

2.
Memahami isi pokok A-qur’an

a)
Isi pokok ajaran Al-qur’an

b)
Ayat yg terkait dg isi pokok ajaran Al-Qur’an

c)
Kandungan ayat yg terkait dg isi pokok ajaran al-Qur’an

d)
Menerapkan kandungan ayat yg terkait dg isi pokok ajaran al-qur’an



3.
Memahami fungsi al-qur’an dlm kehidupan

a)
Fungsi al-qur’an

b)
Perilaku org yg memfungsikan al-qur’an

c)
Penerapn fungsi al-qur’an dlm kehidupn sehari-hari



4.
Memahami cara-cara mencari surat & ayat dlm al-qur’an

a)
Kitab-kitab yg berhubungan dg cara-cara mencari surat & ayat dlm al-qur’an

b)
Penerapan cara-cara  mencari surat & ayat dlm al-qur’an



5.
Memahami ayat-ayat al-qur’an ttg manusia  tugasnya sbg hamba Allah & khalifah di bumi

a)
Mengartikan QS al-Mu’minuun:12-14; QS al-nahl:78; QS al-baqarah:30; & QS adz-Dzaariyat:56

b)
Menjelaskan kandungan  QS al-Mu’minuun:12-14; QS al-nahl:78; QS al-baqarah:30; & QS adz-Dzaariyat:56

c)
Menerapkan perilaku  sbg hamba Allah & khalifah di bumi seperti terkandung dlm  QS al-Mu’minuun:12-14; QS al-nahl:78; QS al-baqarah:30; & QS adz-Dzaariyat:56



6.
Memahami ayat-ayat al-qur’an ttg demokrasi

a)
Mengartikan QS ali-imran:159 & QS asy-Syura:38

b)
Menjelaskan kandungan   QS ali-imran:159 & QS asy-Syura:38

c)
Menerapkan perilaku  hidup demokrasi  seperti terkandung dlm   QS ali-imran:159 & QS asy-Syura:38


















*  Kelas X, Semester 2
1.
Memahami istilah-istilah hadits

a)
Pengertian hadits, sunnah, khabar, atsar & hadits qudsi

b)
Membandingkan pengertian hadits, sunnah, khabar, atsar & hadits qudsi

c)
Penerapan hadits, sunnah (qauliyah, fi’liyah & taqririyah), khabar, atsar & hadits qudsi



2.
Memahami sanad & matan hadits

a)
Pengertian sanad & matan

b)
Penerapan Pengertian sanad & matan dlm hadits



3.
Mendeskripsikan fungsi hadits terhadap Al-qur’an

a)
Fungsi hadits terhadap Al-qur’an

b)
Contoh fungsi hadits terhadap Al-qur’an

c)
Penerapan fungsi hadits terhadap Al-qur’an
4.
Memahami pembagian hadits dari segi kuantitas & kualitasnya.



5.
Memahami ayat-ayat al-qur’an ttg keikhlasan dlm beribadah

a)
Mengartikan QS Al-an’aam: 162-163; QS Al-bayyinah: 5 & hadits ttg keikhlasan dlm beribadah.

b)
Kandungan QS Al-an’aam: 162-163; QS Al-bayyinah: 5 & hadits ttg keikhlasan dlm beribadah.

c)
Perilaku org yg mengamalkan QS Al-an’aam: 162-163; QS Al-bayyinah: 5 & hadits ttg keikhlasan dlm beribadah.

d)
Menampilkan perilaku ikhlas dlm beribadah seperti yg terkandung dlm QS Al-an’aam: 162-163; QS Al-bayyinah: 5 & hadits ttg keikhlasan dlm beribadah.



* Kelas XI, Semester I



1.
Memahami ayat-ayat al-qur’an & hadits  ttg nikmat Allah & cara mensyukurinya

a)
Mengartikan QS Az-Zuhruf: 9-13, QS Al-‘ankabut:17 & hadis ttg syukur

b)
Kandungan QS Az-Zuhruf: 9-13, QS Al-‘ankabut:17 & hadis ttg syukur

c)
Perilaku org yg mengamalkan QS Az-Zuhruf: 9-13, QS Al-‘ankabut:17 & hadis ttg syukur

d)
Macam-macam nikmat Allah sebagaimana terkandung dlm QS Az-Zuhruf: 9-13

e)
 Pelaksanaan Cara-cara mensyukuri nikmat Allah seperti terkandung dlm QS Al-‘ankabut:17 & hadis ttg syukur



2.
Memahami ayat-ayat al-qur’an ttg perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup

a)
Mengartikan QS ar-ruum: 41-42,QS l-a’raaf: 56-58; QS Shaad:27; QS Al-furqaan:45-50 & QS Al- Baqarah: 204-206

b)
Kandungan QS ar-ruum: 41-42,QS l-a’raaf: 56-58; QS Shaad:27; QS Al-furqaan:45-50 & QS Al- Baqarah: 204-206

c)
Perilaku org yg mengamalkan QS ar-ruum: 41-42,QS l-a’raaf: 56-58; QS Shaad:27; QS Al-furqaan:45-50 & QS Al- Baqarah: 204-206

d)
Penerapan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup sebagaimana terkandung dlm  QS ar-ruum: 41-42,QS l-a’raaf: 56-58; QS Shaad:27; QS Al-furqaan:45-50 & QS Al- Baqarah: 204-206











* Kelas XI, Semester II

1.
Memahami ayat-ayat al-qur’an & hadits  ttg pola hidup sederhana & perintah menyantuni para duafa

a)
Mengartikan QS al-qashash: 79-82; QS al-israa’: 26-27, 29-30, QS al-baqarah: 177 & hadits ttg hidup sederhana & perintah menyantuni para duafa

b)
Kandungan QS al-qashash: 79-82; QS al-israa’: 26-27, 29-30, QS al-baqarah: 177 & hadits ttg hidup sederhana & perintah menyantuni para duafa

c)
Perilaku org yg mengamalkan QS al-qashash: 79-82; QS al-israa’: 26-27, 29-30, QS al-baqarah: 177 & hadits ttg hidup sederhana & perintah menyantuni para duafa

d)
Penerapan perilaku hidup sederhana & menyantuni para duafa  QS al-qashash: 79-82; QS al-israa’: 26-27, 29-30, QS al-baqarah: 177 & hadits ttg hidup sederhana & perintah menyantuni para duafa



2.
Memahami ayat-ayat al-qur’an ttg berkompetisi dlm kebaikan

a)
Mengartikan QS al-baqarah:148; QS al-Faathir:32; & an-Nahl:97

b)
Kandungan  QS al-baqarah:148; QS al-Faathir:32; & an-Nahl:97

c)
Perilaku org yg mengamalkan QS al-baqarah:148; QS al-Faathir:32; & an-Nahl:97

d)
Hikmah perilaku  berkompetisi dlm kebaikan

e)
Penerapan perilaku berkompetisi dlm kebaikan, seperti terkandung dlm QS al-baqarah:148; QS al-Faathir:32; & an-Nahl:97



3.
Memahami ayat-ayat al-qur’an & hadits  ttg amar ma’ruf nahi mungkar

a)
Mengartikan QS Ali-Imran:104; & hadits  ttg amar ma’ruf nahi mungkar

b)
Kandungan QS Ali-Imran:104; & hadits  ttg amar ma’ruf nahi mungkar

c)
Perilaku org yg mengamalkan QS Ali-Imran:104; & hadits  ttg amar ma’ruf nahi mungkar

d)
Penerapan amar ma’ruf nahi mungkar, seperti terkandung dlm QS Ali-Imran:104; & hadits  ttg amar ma’ruf nahi mungkar



4.
Memahami ayat-ayat al-qur’an & hadits  ttg ujian & cobaan

a)
Mengartikan QS Al-Baqarah:155 & hadits  ttg ujian & cobaan

b)
Kandungan QS Al-Baqarah:155 & hadits  ttg ujian & cobaan

c)
Perilaku org yg tabah & sabar dlm menghadapi ujian & cobaan QS Al-Baqarah:155 & hadits  ttg ujian & cobaan

d)
Penerapan perilaku tabah & sabar dlm menghadapi ujian & cobaan seperti terkandung dlm QS Al-Baqarah:155 & hadits  ttg ujian & cobaan



* Kelas XII, Semester I

1.
Memahami ayat-ayat al-qur’an & hadits  ttg kewajiban berdakwah

a)
Mengartikan QS An-Nahl:125; QS Asy-Syu’raa:214-216; QS Al-Hijr:94-96 & hadits  ttg kewajiban berdakwah

b)
Kandungan QS An-Nahl:125; QS Asy-Syu’raa:214-216; QS Al-Hijr:94-96 & hadits  ttg kewajiban berdakwah

c)
Perilaku org yg mengamalkan QS An-Nahl:125; QS Asy-Syu’raa:214-216; QS Al-Hijr:94-96 & hadits  ttg kewajiban berdakwah

d)
Penerapan strategi berdakwah seperti terkandung dlm QS An-Nahl:125; QS Asy-Syu’raa:214-216; QS Al-Hijr:94-96 & hadits  ttg kewajiban berdakwah dlm kehidupan sehari-hari



2.
Memahami ayat-ayat al-qur’an & hadits  ttg tanggung jawab manusia terhadap keluarga & masyarakat

a)
Mengartikan QS At-Tahrim:6; QS Thaha:132; QS Al-An’aam:; QS An-Nisaa’:36; QS Huud:117-119 & hadits  ttg tanggung jawab manusia terhadap keluarga & masyarakat

b)
Kandungan QS At-Tahrim:6; QS Thaha:132; QS Al-An’aam:; QS An-Nisaa’:36; QS Huud:117-119 & hadits  ttg tanggung jawab manusia terhadap keluarga & masyarakat








c)
Perilaku org yg mengamalkan QS At-Tahrim:6; QS Thaha:132; QS Al-An’aam:; QS An-Nisaa’:36; QS Huud:117-119 & hadits  ttg tanggung jawab manusia terhadap keluarga & masyarakat

d)
Penerapan tanggung jawab manusia terhadap keluarga & masyarakat seperti terkandung dlm QS At-Tahrim:6; QS Thaha:132; QS Al-An’aam:; QS An-Nisaa’:36; QS Huud:117-119 & hadits  ttg tanggung jawab manusia terhadap keluarga &
masyarakat dlm kehidupan sehari-hari

3.
Memahami ayat-ayat al-qur’an & hadits  ttg berlaku adil & jujur

a)
Mengartikan QS Al-Maidah:8-10; QS An-Nahl:90-92; QS An-Nisaa’:105 & hadits  ttg berlaku adil & jujur

b)
Kandungan QS Al-Maidah:8-10; QS An-Nahl:90-92; QS An-Nisaa’:105 & hadits  ttg berlaku adil & jujur

c)
Perilaku org yg mengamalkan QS Al-Maidah:8-10; QS An-Nahl:90-92; QS An-Nisaa’:105 & hadits  ttg berlaku adil & jujur

d)
Penerapan perilaku adil & jujur seperti terkandung dlm QS Al-Maidah:8-10; QS An-Nahl:90-92; QS An-Nisaa’:105 & hadits  ttg berlaku adil & jujur



* Kelas XII, Semester II

1.
Memahami ayat-ayat al-qur’an & hadits  ttg teleransi & etika pergaulan

a)
Mengartikan QS Al-kaafiruun:1-6; QS Yuunus:40-41; QS Al-Kahfi:29; QS Al-Hujuraat:10-13 & hadits  ttg etika pergaulan

b)
Kandungan QS Al-kaafiruun:1-6; QS Yuunus:40-41; QS Al-Kahfi:29; QS Al-Hujuraat:10-13 & hadits  ttg etika pergaulan

c)
Perilaku org yg mengamalkan QS Al-kaafiruun:1-6; QS Yuunus:40-41; QS Al-Kahfi:29; QS Al-Hujuraat:10-13 & hadits  ttg etika pergaulan

d)
Penerapan perilaku seperti terkandung dlm QS Al-kaafiruun:1-6; QS Yuunus:40-41; QS Al-Kahfi:29; QS Al-Hujuraat:10-13 & hadits  ttg etika pergaulan dlm kehidupan sehari-hari



2.
Memahami ayat-ayat al-qur’an ttg ilmu pengetahuan & teknologi

a)
Mengartikan QS Al-‘Alaq:1-5; QS Yuunus:101; QS Al-Baqarah:164

b)
Kandungan QS Al-‘Alaq:1-5; QS Yuunus:101; QS Al-Baqarah:164

c)
Perilaku org yg mengamalkan QS Al-‘Alaq:1-5; QS Yuunus:101; QS Al-Baqarah:164

d)
Melakukan pengembangan ilmu pengetahuan & teknologi seperti terkandung dlm QS Al-‘Alaq:1-5; QS Yuunus:101; QS Al-Baqarah:164

B.  AKIDAH AKHLAK
* Kelas X, Semester I

1.
Memahami prinsip-prinsip & metode peningkatan kualias akidah

a)
Prinsip-prinsip akidah & penerapannya

b)
Metode-metode peningkatan kualias akidah & penerapannya



2.
Memahami tauhid

a)
Pengertian tauhid & istilah-istilah lainnya

b)
Macam-macam tauhid (uluuhiyah, rubuubiyah, mulkiyah, rahmaniyah dll)

c)
Perilaku org ber-tauhid & penerapannya dlm kehidupan sehari-hari



3.
Memahami syirik dlm Islam

a)
Pengertian &macam-macam syirik

b)
Perilaku org yg berbuat syirik










c)
Akibat perbuatan syirik

d)
Membiasakan diri menghindari hal-hal yg mengarah kpd perbuatan syirik dlm kehidupan sehari-hari



4.
Memahami masalah akhlak & metode peningkaan kualitas akhlak

a)
Pengertian akhlak

b)
Penjelasan induk-induk akhlak terpuji & tercela

c)
Macam-macam metode peningkaan kualitas akhlak dlm kehidupan sehari-hari



* Kelas X, Semester II



1.
Meningktkan keimanan kpd allah melalui sifat-sifatnya dlm al-asma’ al husna

a)
Menguraikan 10 al-asma’ al husna (al-Muqsith, al-Waarits, an-Naafi’, al-Baasith, al-Hafidz, al-Walii, al-Waduud, ar-Raafi’, al-Mu’iz & al-Afuww)

b)
Bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran melalui sifat-sifat Allah dlm 10 Asmaul husna

c)
Perilaku org mengamalkan 10 Asmaul husna


Meneladani sifat-sifat Allah yg terkandung dlm 10 Asmaul husna



2.
Membiasakan perilaku terpuji

a)
Pengertian & pentingnya husnuzh-zhan & bertaubat

b)
Bentuk & contoh-contoh perilaku husnuzh-zhan & bertaubat

c)
Nilai-nilai positif dari husnuzh-zhan & bertaubat dlm fenomena kehidupan

d)
Membiasakan perilaku husnuzh-zhan & bertaubat



3.
Menghindari perilaku tercela

a)
Pengertian riya, aniya & diskriminasi

b)
Bentuk & contoh-contoh perilaku riya, aniya & diskriminasi

c)
Nilai-nilai negative akibat perilaku riya, aniya & diskriminasi

d)
Membiasakan diri menghindari hal-hal yg mengarah pd perilaku riya, aniya & diskriminasi


* kelas XI, semester I



1.
Memahami imu kalam

a)
Pengertian & fungsi ilmu kalam

b)
Hub ilmu kalam dg ilmu lainnya

c)
Penerapan ilmu kalam dlm mempertahankan akidah



2.
Memahami aliran-aliran ilmu kalam & tokohnya

a)
aliran-aliran ilmu kalam,  tokohnya & pandangannya (khawarij, mur’jiah, syi’ah, jabariyah, qadariyah, asy’ariyah, al-matarudiyah, mu’tazilah, dll seperti teologi trasformatif & teologi pembebasan)

b)
Analisis perbedaan anatara aliran ilmu kalam yg satu dg lainnya

c)
Contoh perilaku org yg beraliran tertentu dlm ilmu kalam

d)
Menghargai aliran-aliran yg berbeda dlm kehidupan bermasyarakt



3.
Membiasakan perilaku terpuji

a)
Pengertian, bentuk & pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu & menerima tamu

b)
Nilai-nilai positif  dari akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu & menerima tamu dlmfenomena kehidupan

c)
Penerapan akhlak tsb dlm kehidupan sehari-hari












4.
Menghindari akhlak tercela

a)
Pengerian, bentuk, & contoh dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)

b)
Nilai negative akibat perbuatan dosa besar & membiasakan diri utk menghindari perilaku tsb



* kelas XI, semester II



1.
Memahami tasawuf

a)
Pengertian, asal usul & istilah dlm tasawuf

b)
Fungsi & peranan tasawuf dlm kehidupan modern

c)
Contoh-contoh perilaku bertasawuf

d)
Penerapan tsawuf dlm kehidupan modern



2.
Membiasakan perilaku terpuji

a)
Pengertian, & pentingnya adil, rida, aml shalih, persatuan & kerukunan

b)
Perilaku org yg berbuat adil, rida, aml shalih, persatuan & kerukunan

c)
Nili-nilai positif dari akhlak terpuji dlm fenomena kehidupan & membiasakan berakhlak terpuji dlm kehidupan sehari-hari



3.
Membiasakan perilaku terpuji

a)
Pengertian, bentuk, contoh & pentingnya akhak terpuji dlm pergaulan remaja

b)
Nilai-nilai negative akibat perilaku pergaulan remaja yg tdk sesuai dg akhlak Islm dlm fenomena kehidupan

c)
Penerapannya dlm kehidupan sehri-hari



4.
Menghindari akhlak tercela

a)
Pengertian, bentuk & contoh perbuatan israaf, tabdziir & fitnah

b)
Nilai-nilai negative akibat akhlak tercela & membiasakan diri utk menghidari perilaku tsb






C.     FIQIH

* Kelas X, Semester I



1.
Memahami prinsip- prinsip ibadah & syari’at dlm Islam

a)
prinsip- prinsip ibadah dlm Islam

b)
Tujuan (masqahid) syari’at Islam

c)
Perilaku org yg berpegang pd prinsip- prinsip, Tujuan & syariah

d)
Penerapan cara berpegang pd prinsip- prinsip, Tujuan & syariah



2.
Memahami hukum Islam ttg zakat & hikmahnya

a)
Ketentuan Islam ttg zakat & hikmahnya

b)
Ketentuan perundangan-undangan ttg zakat

c)
Contoh penerapan ketentuan zakat

d)
Cara pelaksanaan zakat sesuai Ketentuan perundangan-undangan



3.
Memahami hukum Islam ttg haji & hikmahnya

a)
Ketentuan Islam ttg haji & hikmahnya

b)
Ketentuan perundangan-undangan ttg haji

c)
Contoh penerapan ketentuan haji

d)
Pelaksanaan haji sesuai Ketentuan perundangan-undangan haji











4.
Memahami hikmah kurban & akikah

a)
Menjelaskan ketentuan & Tata Cara pelaksanaan kurban  & akikah serta hikmahnya

b)
Penerapan Cara pelaksanaan kurban  & akikah



5.
Memahami hukum ketentuan Islam ttg pengurusan jenazah

a)
Menjelaskan & memperagakan Tata Cara pengurusan jenazah



* Kelas X, Semester II
1.
Memahami hukum Islam ttg kepemilikan

a)
Aturan islam ttg kepemilikan

b)
Ketentuan Islam ttg akad

c)
Memperagakan Aturan islam ttg kepemilikan & akad



2.
Memahami konsep perekonomian dlm Islam & hikmahnya

a)
Aturan islam ttg a) jual beli & hikmahnya. b) khiyar. c)  musaqah muzaara’ah, mukhaabarah  & hikmahnya. d) syirkah & manfaatnya. e) muraabahah, mudhaarabah, & salam

b)
Penerapannya



3.
Memahami hukum Islam ttg pelepasan & perubahan harta beserta hikmahnya

a)
Ketentuan Islam ttg wakaf, hibah, sadakah, hadiah & hikmah pelaksanaannya, serta penerapan cara pelaksanaannya.



4.
Memahami hukum Islam & ketentuannya ttg wakalah & sulhu serta hikmahnya.



5.
Memahami hukum Islam & ketentuannya ttg daman & kafalah serta hikmahnya



6.
Memahami hukum & ketentuannya ttg riba, bank & asuransi.



* kelas XI, semester I



1.
Memahami ketentuan Islam ttg jinayah & hikmahnya

a)
Hukum pembunuhan, qishash, diyat, kafaarat & hikmahnya

b)
Contoh- Contoh qishash, diyat & kafaarat dlm hokum islam



2.
Memahami ketentuan Islam ttg huudud (zina, qadzaf, minuman keras, mencuri, menyamun, merampok & bughat) & hikmahnya



3.
Memahami ketentuan Islam ttg peradilan & hikmahnya

a)
Proses peradilan dlm Islam

b)
Ketentuan hokum Islam ttg hakim & saksi dlm peradilan Islam



* kelas XI, semester II



1.
Memahami ketentuan Islam ttg hokum keluarga

a)
Ketentuan hokum perkawinan dlm Islam & hikmahnya

b)
Ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia

c)
Konsep islam ttg talak, perceraian, iddah, ruju & hikmahnya

d)
ketentuan Islam ttg pengasuhan anak/hadhaanah



2.
Memahami ketentuan Islam ttg waris

a)
Ketentuan hokum waris dlm Islam

b)
Keterkaitan waris dg wasiat

c)
Contoh cara pelaksanaan waris & wasiat










* Kelas XII, Semester I



1.
Memahami ketentuan Islam ttg siyasah syar’iyah (pemerinthan/ khilaafah & majlis syura)



2.
Memahami sumber hokum Islam

a)
sumber hokum yg disepakati & tdk disepakati ulama

b)
Penerapan sumber hokum yg disepakati & tdk disepakati ulama

c)
Pengertian, fungsi & kedudukan ijtihad



* Kelas XII, Semester II



1.
Memahami hokum- hokum syar’i

a)
Hokum taklifi & wadh’i serta penerapannya dlm islam

b)
Mahkum bihi/fihi & mahkum ‘alaih



2.
Memahami kaidah- kaidah,macam-macam usul fiqih


  1. SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM

* Kelas XII, Semester I



1.
Memahami keteladanan dakwah Rasulullah dlm membina umat Islam

a)
Sejarah dakwah Rasulullah pd periode Makkah & Madinah

b)
Deskripsi substansi & strategi dakwah Rasulullah pd periode Makkah & Madinah

c)
Identifiksi hasil-hasil perjuangan Rasulullah dlm dakwah islam pd periode Makkah & Madinah

d)
Mengambil ibrah dari perjuangan Rasulullah dlm dakwah islam pd periode Makkah & Madinah utk kepentingan masa sekarang & akan datang.



2.
Memahami masalah kepemimpinan umat islam pasca Nabi wafat

a)
Proses & model pemilihan kepemimpinan pd masa khulafaaurraasyidin

b)
Strategi kepemimpinan khulafaaurraasyidin

c)
Mengambil ibrah dari kepemimpinan khulafaaurraasyidin utk kepentingan masa sekarang & akan datang.



3.
Memahami perkembangan islam periode klasik/zaman keemasan (650-1250 M)

a)
perkembangan islam pd periode klasik

b)
Peristiwa penting & tokoh yg berprestasi dlm perkembangan islam pd periode klasik

c)
Mengambil ibrah dari perkembangan islam pd periode klasik utk kepentingan masa sekarang & akan datang.

d)
Meneladani tokoh yg berprestasi dlm perkembangan islam pd periode klasik



4.
Memahami perkembangan islam periode pertengahan /zaman kemunduran (1250-1800 M)

a)
perkembangan islam pd abad pertengahan

b)
.sebab-sebab kemunduran islam pd abad pertengahan

c)
Mengambil ibrah dari perkembangan islam pd periode pertengahan utk kepentingan masa sekarang & akan datang



* Kelas XII, Semester II

1.
Memahami perkembangan islam pd masa modern/zaman kebangkitan (1800-sekarang)

a)
perkembangan islam pd masa modern

b)
Peristiwa penting & tokoh yg berprestasi dlm perkembangan islam pd periode modern

c)
Mengambil ibrah dari perkembangan islam pd periode modern

d)
Meneladani tokoh yg berprestasi dlm perkembangan islam pd periode modern






2.
Memahami perkembangan islam di indonesia

a)
perkembangan islam di indonesia

b)
Peristiwa penting & tokoh yg berprestasi dlm perkembangan islam di indonesia

c)
Mengambil ibrah dari perkembangan islam di indonesia

d)
Meneladani tokoh yg berprestasi dlm perkembangan islam di indonesia

3.
Memahami perkembangan islam di dunia

a)
perkembangan islam di dunia

b)
Peristiwa penting & tokoh yg berprestasi dlm perkembangan islam di dunia

c)
Mengambil ibrah dari perkembangan islam di dunia

d)
Meneladani tokoh yg berprestasi dlm perkembangan islam di dunia


C. BAHASA ARAB

* Kelas X, Semester I



Menyimak
1. memahami informasi lisan berbentuk paparan/dialog ttg perkenalan & kehidupan keluarga
a)
Identifikasi bunyi huruf hijaiyah & ujaran (kata, frase/kalimat)dlm suatu konteks dg tepat ttg ف را ع ت ل ا dan ةي ل ئ ا ع ل ا  ةي ح ل ا
b)
Menangkap makna & gagasan/ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat ttg ف را ع ت ل ا dan ةي ل ئ ا ع ل ا  ةي ح ل ا

Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan/dialog ttg perkenalan & kehidupan keluarga
a)
Menyampaikan Gagasan/pendapat secara lisan dg lafal yg tepat ف را ع ت ل ا dan ةي ل ئ ا ع ل ا  ةي ح ل ا
b)
Melakukan dialog sesuai konteks dg tepat & lancar ttg ف را ع ت ل ا dan ةي ل ئ ا ع ل ا  ةي ح ل ا



Membaca
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan/dialog ttg perkenalan & kehidupan keluarga
a)
Melafalkan & membaca nyaring kata, kalimat & wacana tulis dg benar ttg perkenalan & kehidupan keluarga
b)
Identifikasi bentuk & tema wacana secara tepat ttg perkenalan & kehidupan keluarga
c)
Menemukan makna & gagasan/ide wacana tulis secara tepat ttg perkenalan & kehidupan keluarga

Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara tulisan berbentuk paparan/dialog ttg perkenalan & kehidupan keluarga
a)
Menulis kata, frase & kalimat dg huruf, ejaan & tanda baca yg tepat ttg perkenalan & kehidupan keluarga
b)
Mengungkapkan Gagasan/pendapat secara tertulis dlm kallimat dg menggunakan kata, frasa & struktur yg benar ttg perkenalan & kehidupan keluarga

Keterangan
Tema-tema tsb menggunakan bentuk kata ةف ر ع م ل او  ةرك ن ل ا dan struktur kalimat رب خ ل او  ادت ب م ل ا



* Kelas X, Semester II





Menyimak
1. memahami informasi lisan berbentuk paparan/dialog ttg
Hobi & pekerjaan
a)
Identifikasi bunyi huruf hijaiyah & ujaran (kata, frase/kalimat)dlm suatu konteks dg tepat ttg Hobi & pekerjaan
b)
Menangkap makna & gagasan/ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat ttg Hobi & pekerjaan








Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan/dialog ttg Hobi & pekerjaan
a)
Menyampaikan Gagasan/pendapat secara lisan dg lafal yg tepat ttg Hobi & pekerjaan
b)
Melakukan dialog sesuai konteks dg tepat & lancar ttg Hobi & pekerjaan

Membaca
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan/dialog ttg Hobi & pekerjaan
a)
Melafalkan & membaca nyaring kata, kalimat & wacana tulis dg benar ttg Hobi & pekerjaan
b)
Identifikasi bentuk & tema wacana secara tepat ttg
c)
Menemukan makna & gagasan/ide wacana tulis secara tepat ttg Hobi & pekerjaan

Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara tulisan berbentuk paparan/dialog ttg Hobi & pekerjaan
a)
Menulis kata, frase & kalimat dg huruf, ejaan & tanda baca yg tepat ttg Hobi & pekerjaan
b)
Mengungkapkan Gagasan/pendapat secara tertulis dlm kallimat dg menggunakan kata, frasa & struktur yg benar ttg Hobi & pekerjaan

Keterangan
Tema-tema tsb menggunakan struktur kalimat   دورول ا ةري ث ك ل ا اه ي ن اع م و رج ل ا ف ورح ض ع ب dan ف ط ع ل ا



* Kelas XI, Semester I





Menyimak
1. memahami informasi lisan berbentuk paparan/dialog ttg
Remaja & kesehatan
a)
Identifikasi bunyi huruf hijaiyah & ujaran (kata, frase/kalimat)dlm suatu konteks dg tepat ttg Remaja & kesehatan
b)
Menangkap makna & gagasan/ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat  ttg Remaja & kesehatan


Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan/dialog ttg Remaja & kesehatan
a)
Menyampaikan Gagasan/pendapat secara lisan dg lafal yg tepat ttg Remaja & kesehatan
b)
Melakukan dialog sesuai konteks dg tepat & lancar ttg Remaja & kesehatan


Membaca
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan/dialog ttg Remaja & kesehatan
a)
Melafalkan & membaca nyaring kata, kalimat & wacana tulis dg benar ttg Remaja & kesehatan
b)
Identifikasi bentuk & tema wacana secara tepat ttg
c)
Menemukan makna & gagasan/ide wacana tulis secara tepat ttg Remaja & kesehatan


Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara tulisan berbentuk paparan/dialog ttg Remaja & kesehatan
a)
Menulis kata, frase & kalimat dg huruf, ejaan & tanda baca yg tepat ttg Remaja & kesehatan
b)
Mengungkapkan Gagasan/pendapat secara tertulis dlm kallimat dg menggunakan kata, frasa & struktur yg benar ttg Remaja & kesehatan

Keterangan
Tema-tema tsb menggunakan struktur kalimat ت وع ن م ل او  ت ع ن ل ا dan  ةف اضاال ا



* Kelas XI, Semester II





Menyimak
1. memahami informasi lisan berbentuk paparan/dialog ttg
Fasilitas umum & pariwisata
a)
Identifikasi bunyi huruf hijaiyah & ujaran (kata, frase/kalimat)dlm suatu konteks dg tepat ttg Fasilitas umum & pariwisata






b)
Menangkap makna & gagasan/ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat ttg Fasilitas umum & pariwisata


Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan/dialog ttg
a)
Menyampaikan Gagasan/pendapat secara lisan dg lafal yg tepat ttg Fasilitas umum & pariwisata
b)
Melakukan dialog sesuai konteks dg tepat & lancar ttg Fasilitas umum & pariwisata


Membaca
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan/dialog ttg
a)
Melafalkan & membaca nyaring kata, kalimat & wacana tulis dg benar ttg Fasilitas umum & pariwisata
b)
Identifikasi bentuk & tema wacana secara tepat ttg Fasilitas umum & pariwisata
c)
Menemukan makna & gagasan/ide wacana tulis secara tepat ttg Fasilitas umum & pariwisata


Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara tulisan berbentuk paparan/dialog ttg Fasilitas umum & pariwisata
a)
Menulis kata, frase & kalimat dg huruf, ejaan & tanda baca yg tepat ttg Fasilitas umum & pariwisata
b)
Mengungkapkan Gagasan/pendapat secara tertulis dlm kallimat dg menggunakan kata, frasa & struktur yg benar ttg Fasilitas umum & pariwisata

Keterangan
Tema-tema tsb menggunakan struktur kalimat ةي ل ع ف  ةل م ج



* Kelas XII, Semester I





Menyimak
1. memahami informasi lisan berbentuk paparan/dialog ttg
Kebudayaan & tokoh-tokoh Islam
a)
Identifikasi bunyi huruf hijaiyah & ujaran (kata, frase/kalimat)dlm suatu konteks dg tepat ttg Kebudayaan & tokoh-tokoh Islam
b)
Menangkap makna & gagasan/ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat ttg Kebudayaan & tokoh-tokoh Islam


Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan/dialog ttg Kebudayaan & tokoh-tokoh Islam
a)
Menyampaikan Gagasan/pendapat secara lisan dg lafal yg tepat ttg Kebudayaan & tokoh-tokoh Islam
b)
Melakukan dialog sesuai konteks dg tepat & lancar ttg Kebudayaan & tokoh-tokoh Islam


Membaca
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan/dialog ttg Kebudayaan & tokoh-tokoh Islam
a)
Melafalkan & membaca nyaring kata, kalimat & wacana tulis dg benar ttg Kebudayaan & tokoh-tokoh Islam
b)
Identifikasi bentuk & tema wacana secara tepat ttg
c)
Menemukan makna & gagasan/ide wacana tulis secara tepat ttg Kebudayaan & tokoh-tokoh Islam


Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara tulisan berbentuk paparan/dialog ttg Kebudayaan & tokoh-tokoh Islam
a)
Menulis kata, frase & kalimat dg huruf, ejaan & tanda baca yg tepat ttg Kebudayaan & tokoh-tokoh Islam
b)
Mengungkapkan Gagasan/pendapat secara tertulis dlm kallimat dg menggunakan kata, frasa & struktur yg benar ttg Kebudayaan & tokoh-tokoh Islam

Keterangan
Tema-tema tsb menggunakan struktur kalimat ب وص ن م ل ا  ع راض م ل ا ل ع ف ل ا dan م وزج م ل ا ع راض م ل ا  ل ع ف ل ا









* Kelas XII, Semester II





Menyimak
1. memahami informasi lisan berbentuk paparan/dialog ttg hari-hari besar islam & kisah-kisah islami

a)
Identifikasi bunyi huruf hijaiyah & ujaran (kata, frase/kalimat)dlm suatu konteks dg tepat ttg hari-hari besar islam & kisah-kisah islami
b)
Menangkap makna & gagasan/ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat ttg hari-hari besar islam & kisah-kisah islami


Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan/dialog ttg hari-hari besar islam & kisah-kisah islami
a)
Menyampaikan Gagasan/pendapat secara lisan dg lafal yg tepat ttg hari-hari besar islam & kisah-kisah islami
b)
Melakukan dialog sesuai konteks dg tepat & lancar ttg hari-hari besar islam & kisah-kisah islami


Membaca
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan/dialog ttg hari-hari besar islam & kisah-kisah islami
a)
Melafalkan & membaca nyaring kata, kalimat & wacana tulis dg benar ttg hari-hari besar islam & kisah-kisah islami
b)
Identifikasi bentuk & tema wacana secara tepat ttg
c)
Menemukan makna & gagasan/ide wacana tulis dg tepat ttg hari-hari besar islam & kisah-kisah islami



Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara tulisan berbentuk paparan/dialog ttg hari-hari besar islam & kisah-kisah islami
a)
Menulis kata, frase & kalimat dg huruf, ejaan & tanda baca yg tepat ttg hari-hari besar islam & kisah-kisah islami
b)
Mengungkapkan Gagasan/pendapat secara tertulis dlm kallimat dg menggunakan kata, frasa & struktur yg benar ttg hari-hari besar islam & kisah-kisah islami

Keterangan
Tema-tema tsb menggunakan struktur kalimat ءام س ال ا  ع ف ر dan ءام س ال ا ب ص ن


  1. BAHASA ARAB (PROGRAM BAHASA)

* Kelas XI, Semester I





Menyimak
1. memahami informasi lisan berbentuk paparan/dialog ttg identitas diri & kehidupan madrasah
a)
Identifikasi bunyi huruf hijaiyah & ujaran (kata, frase/kalimat)dlm suatu konteks dg tepat
b)
Menangkap makna & gagasan/ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat


Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan/dialog ttg identitas diri & kehidupan madrasah
a)
Menyampaikan Gagasan/pendapat secara lisan dg lafal yg tepat
b)
Melakukan dialog sesuai konteks dg tepat & lancar


Membaca
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan/dialog ttg identitas diri & kehidupan madrasah
a)
Melafalkan & membaca nyaring kata, kalimat & wacana tulis dg benar
b)
Identifikasi bentuk & tema wacana secara tepat
c)
Menemukan makna & gagasan/ide wacana tulis secara tepat












Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara tulisan berbentuk paparan/dialog ttg identitas diri & kehidupan madrasah
a)
Menulis kata, frase & kalimat dg huruf, ejaan & tanda baca yg tepat
b)
Mengungkapkan Gagasan/pendapat secara tertulis dlm kallimat dg menggunakan kata, frasa & struktur yg benar

* Kelas XI, Semester II





Menyimak
1. memahami informasi lisan berbentuk paparan/dialog ttg kehidupan keluarga & kehidupan sehari-hari
a)
Identifikasi bunyi huruf hijaiyah & ujaran (kata, frase/kalimat)dlm suatu konteks dg tepat
b)
Menangkap makna & gagasan/ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat


Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan/dialog ttg kehidupan keluarga & kehidupan sehari-hari
a)
Menyampaikan Gagasan/pendapat secara lisan dg lafal yg tepat
b)
Melakukan dialog sesuai konteks dg tepat & lancar


Membaca
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan/dialog ttg kehidupan keluarga & kehidupan sehari-hari
a)
Melafalkan & membaca nyaring kata, kalimat & wacana tulis dg benar
b)
Identifikasi bentuk & tema wacana secara tepat
c)
Menemukan makna & gagasan/ide wacana tulis secara tepat


Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara tulisan berbentuk paparan/dialog ttg kehidupan keluarga & kehidupan sehari-hari
a)
Menulis kata, frase & kalimat dg huruf, ejaan & tanda baca yg tepat
b)
Mengungkapkan Gagasan/pendapat secara tertulis dlm kallimat dg menggunakan kata, frasa & struktur yg benar

* Kelas XII, Semester I





Menyimak
1. memahami informasi lisan berbentuk paparan/dialog ttg hobi & wisata
a)
Identifikasi bunyi huruf hijaiyah & ujaran (kata, frase/kalimat)dlm suatu konteks dg tepat
b)
Menangkap makna & gagasan/ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat


Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan/dialog ttg hobi & wisata
a)
Menyampaikan Gagasan/pendapat secara lisan dg lafal yg tepat
b)
Melakukan dialog sesuai konteks dg tepat & lancar


Membaca
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan/dialog ttg hobi & wisata
a)
Melafalkan & membaca nyaring kata, kalimat & wacana tulis dg benar
b)
Identifikasi bentuk & tema wacana secara tepat ttg
c)
Menemukan makna & gagasan/ide wacana tulis secara tepat


Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara tulisan berbentuk paparan/dialog ttg hobi & wisata
a)
Menulis kata, frase & kalimat dg huruf, ejaan & tanda baca yg tepat
b)
Mengungkapkan Gagasan/pendapat secara tertulis dlm kallimat dg menggunakan kata, frasa & struktur yg benar










* Kelas XII, Semester II





Menyimak
1. memahami wacana lisan berbentuk paparan/dialog sederhana ttg pekerjaan
a)
Identifikasi bunyi huruf hijaiyah & ujaran (kata, frase/kalimat)dlm suatu konteks dg mencocokkan & membedakan secara tepat
b)
Memperoleh informasi umum dan/atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat


Berbicara
2. Mengungkapkan informasi sederhana secara lisan berbentuk paparan/dialog ttg pekerjaan
a)
Menyampaikan berbagai informasi lisan dg lafal dlm kalimat sederhana sesuai konteks yg mencerminkan kecakapan berbahasa yg santun & tepat
b)
Melakukan dialog sederhana dg lancar yg mencerminkan kecakapan berkomunikasi dg santun & tepat


Membaca
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan/dialog sederhana ttg pekerjaan
a)
membaca nyaring kata, kalimat & wacana tertulis sederhana dg tepat
b)
Identifikasi bentuk & tema wacana sederhana secara tepat
c)
Memperoleh berbagai informasi umum dan/atau rinci dari wacana tulis sederhana secara tepat dg mencari kata kunci, informasi umum/rinci


Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara tulisan berbentuk paparan/dialog sederhana ttg pekerjaan
a)
Menulis kata, frase & kalimat dg huruf, ejaan & tanda baca yg tepat
b)
Mengungkapkan informasi secara tertulis dlm kalimat sederhana sesuai konteks yg mencerminkan kecakapan menggunakan kata/frasa dlm kalimat dg struktur & tanda baca yg tepat
c)
Mengungkapkan pendapat & perasaan secara tertulis dg lancar yg mencerminkan kecakapan menulis dg tepat









No comments:

Post a Comment