Posted by Bang
Akil
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Penulisan Laporan
Dari sekian banyak buku yang
membahas tentang suatu metodologi pengajaran agama islam sebagai bekal seorang
guru atau calon guru dalam proses pembelajaran,untuk itu memungkinkan kita akan
kesulitan-kesulitan dalam memahaminya.
Oleh karena itu alangkah baiknya
kita memahami atau menguasai metodologi pengajaran agama islam,minimal dari
salah satu buku yang dapat kita pahami secara teoritis sehingga dapat
memudahkan seorang guru dalam menginterpretasikannya dalam proses pembelajaran
khususnya pembelajaran Agama Islam dala pedidikan formal maupun non
formal.mengingat hal tersebut sangatlah penting maka penulis mencoba meresensi
buku yang berjudul “METODOLOGI PENGAJARAN AGAMA ISLAM”
1.2 Tujuan
Penulisan Laporan
Adapun tujuan dari pada penulisan
Laporan Buku ini adalah :
- Mengetahui kedudukan Metodik dan Didaktik.
- Mendapatkan pemahaman tentang Metodologi Pengajaran Agama Islam.
- Mengetahui Metode pengajaran agama islam dan penggunaannya.
1
|
1.3 Sistematika
Penulisan Laporan
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
1.2 Tujuan
1.3
Sistematika
BAB II PEMBAHASAN
2.1
Identitas buku
2.2 Ruang
lingkup permasalahan yang dibahas
2.3 Cara
pengarang menjelaskan dan menyelesaikan permasalahan
2.4 Konsep
dan teori yang dikembangkan serta kesimpulan
2.5 Pendapat
anda tentang isi buku
BAB III SIMPULAN
3.1 Simpulan
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Identitas Buku
Nama Pengarang : Drs. Ana Suryana
AS.
Judul Buku
: Metodologi Pendidikan Agama
Islam
Tahun Terbit
: 2002
Kota Penerbit
: Tasikmalaya
Penerbit
: STAI Tasikmalaya
Jumlah Halaman : 131 halaman
2.2 Ruang Lingkup
Permasalahan yang Dibahas
- Kedudukan Metodik Dalam Didaktik
Didaktik merupakan ilmu mengajar
yang didasarkan prinsip kegiatan penyampaian bahan pengajaran sehingga bahan
pengajaran itu dimiliki oleh siswa.Kegiatan yang dimaksud adalah kegiatan
langsung yang timbul didalam pergaulan antara siswa dengan gurunya.Oleh karena
itu kegiatan itu bertujuan hendak mempengaruhi siswa,maka
karakteristik-karakteristik anak didiklah yang menjadi sasaran anak
didaktik.Psikologi pada umumnya dapat menyumbangkan asas didaktik korekasi,
konsentrasi, integrasi, penghayatan,penghargaan, pengakuan dan sebagainya.
Dalam pasal 2 bab 17 dari buku
didaktika makna disebutkan bahwa pengajaran akan menjadi mudah jika diikuti
langkah-langkah sebagai berikut:
- Pengajaran dimulai awal benar,sebelumnya jiwa rusak.
- Jiwa telah sedia untuk menerimanya.
3
|
- Dimulai dari yang umum kepada yang khusus.
- Dimulai dari yang mudah kepada yang sukar.
- Siswa tidak dinbebani dengan mata elajaran yang banyak.
- Pelajaran berangsur-angsur maju dengan perlahan-lahan dalam setiap hal
- Kecerdasan tidak dipaksa untuk suatu yang belum mengaran kepada kecendrungan,harus sesuai dengan umur dan metode yang benar.
- Segala sesuatu yang diajarkan dengan media pengertian.
- Penggunaan segala sesuatu pengajaran berkesinambungan
- Segala sesuatu diajarkan dengan satu metode yang sama.
Jika diformulasikan maka didaktik
itu dalam lingkaran penghidangan bahan pelajaran sewaktu pelajaran sedang
berlangsung.Sedangkan metodik bergerak didalam lingkaran penyediaan jalan yang
akan ditempuh.
Jadi garis sentuh yang menghubungkan
antara didaktik dengan metodik terletak pada titik persiapan
pengajaran.pengajaran yang diharapkan akan baik dimulai dari pemilihan metode
mengajar dan kemudian atas metode yang itu dipersiapkan kegiatan penghidangan
bahan pelajaran.kegiatan yang demikian itulah yang disebut methodic khusus.
- Ruang Lingkup Metodologi Pengajaran Agama Islam
Dilihat dari keseluruhan tentang
metodologi pengajaran agama islam merupakan suatu system yang harus digunakan
dalam menyampaiakan pelajaran agama islam secara kapah,adapun lingkup
pembahasannya adalah seluruh metode yang ada dan digunakan untuk menyampaikan
cara mengajar pelajaran agama kepada seluruh tingkatan sekolah baik dari
tingkat yang rendah sampa tingkat atas, umumnya ada 12 ruang lingkup
pelajaran agama yaitu:
- Pelajaran keimanan
- Pengajaran akhlak.
- Pengajaran ibadat
- Pengajaran fiqih.
- Pengajaran usul fiqih.
- Pengajaran qiroat quran.
- Pengajaran tafsir.
- Pengajaran ilmu tafsir.
- Pengajaran Hadis.
- Pengajaran ilmu hadis.
- Pengajaran tarikh islam.
- Pengajaran tarikh tasyri.
- Pengertian Metodologi Pengajaran Agama Islam
Metode merupakan cara yang pling
tepat dalam mengajarkan agama islam. Kata yang tepat dan cepat” inilah
yang sering diungkapkan dalam ungkapan,efektif dan efisien”kalau begitu metode
pengajaran agama islam ialah cara yang efektif dan efisien.
Secara ringkas Metodologi ialah
pembahasan tentang metode-metode,sedangkan metodologi pengajaran agama islam ialah
pembahasantentang metode-metode pengajaran agama islam.selanjutnya yang dibahas
adalah teori-teori langkah-langkah pengajaran dalam pengajaran agama islam dan
teori-teori membuat lesson Plan agama islam. Setiap kewjiban harus di
laksanakan agar kewajiban itu sempurna dan setiap tugas harus dilaksanakan.
Suatu tugas selesai dilaksanakan setelahtujuan petugas itu tercapai. Agar
tujuan cepat tercapai dan tepat perlu ada cara yang serasi.
Pengajaran agama islam adalah
mengetahui garis tmu antara kedua lingkaran mempunyai permasalahan yang
berkembang karena obyeknya,situasi dan tugas yang berkembang pula. Metodik
membuat sipelaksana atau petugas atau guru dapat mencapai tujuan dengan cepat
dan tepat. Hasilnya dapat diyakini dan diperiksa kembali jalan pengajaran itu.
Dengan menelusuri jalan pengajaran itu klita dapat men emukan
kelemahan-kelemahan yang telah dilakukan dan dengan itu dapat menemukan
kelemahan-kelemahan yang telah dilakukan dan dengan itu dapat diperbaiki.
- Kegunaan metodologi pengajaran agama islam
Metodologi pengajaran agama islam
adalah salah satu mata kuliah intra kurikuler. Yang termasuk dalam komponen
jurusan agama.Kegunaan mempelajari metodologi pengajaran agama islam adalah
supaya calon pendidik dan para calon pengajar. Mengetahui dan memiliki
pengetahuan tentang cara-cara strategi dalam menyampaikan pengajaran agama
islam kepada para siswanya baik dilingkungan pra sekolah. Khususnya pengajaran
agama islam yang telah dipersiapkan sesuai dengan kurikulum dan GBPP tertentu.
Seorang guru yang ingin berhasil dalam melaksanakan tugasnya dengan baik,
selain itu harus dapat memilih materi yang sesuai dengan tingkat kemampuan
siswa yang dihadapi ,ia juga harus pandai memilih metode yang tgepat untuk
menyajikan materi tersebut.
Agar guru dapat menyesuaikan dengan
keperluan dalam menyiapkan belajar dan mengajar, maka disamping bahan
akan disajkikan pada siswa, maka guru guru harus memiliki sejumlah pengetahuan
siap. Karena dengan cara gaya lama ternyata guru kurang berhasil,bahkan sering
dapat menimbulkan reaksi negative dari siswa,karena itu guru harus pandai dapat
memilih metode agar lebih dapat menarik perhatian siswa.
Selain mengetahui kegunaan
metodologi pengajaran agama islam, para guru atau calon guru harus mengetahui
kapan pendidikan agama islam diberikan di sekolah-sekolah umum,karena selain
berhak mengajar disekolah-sekolah,berhak pula mengajar dilingkungan sekola
departemen pendidikan dan kebudayaan yang lazim disebut sekolah umum.
- Model dan Tehnik Belajar Mengajar
- Model-model mengajar
- Pengajaran Klasik
Tujuan pengajarannya adalah
menemukan guru menyampaika pertanyaan kepada siswa, siswa menganalisa
pengetahuannya dan menuntut siswa berusah merumuskan dan menjelaskan yang juga
mengarahkan siswa kepada posisi yang dapat diterima
- Pengajaran Pada Permulaan Pada Abad Petengahan
- Pengajaran Memasuki Abad Moderen
- Metode Herboritan
Metode mengajar herboritan terdiri
atas lima langkah :
1) Langkah persiapan
mengajar
2) Langkah penghidangan
informasi
3) Langkah asosiasi
informasi baru dengan yang lama
4) Langkah generaliisasi
5) Langkah aplikasi
- Basis Moderen Mengajar
Robet gloser mengemukakan satu basis
model belajar dengan empat langkah yang mendasari pengalaman belajar
diantaranya :
1) Tujuan pelajaran
2) Pra penilaian
3) Prosidur pelajaran
4) Efaluasi penampilan
belajar
- Model Cybemetic
Cybemetic adalah suatu ilmu
pengetahuan yang mempersoalkan prinsip pengendalian dan komunikasi yang
diterapkan dalam pungsi organisme atau pungsi yang majemuk.
Menurut Woodruff ( 1967 ) terdapat
hubungan yang erat antara proses belajar dan mengajar. Tingkah laku manisia
dikarenakan oleh kualitas sistem Cybemetic. Diagram tingkah laku manusia itu
sebagai berikut :
1) Kebutuhan
2) Energi
3) Pencarian
4) Pensleksian
5) Dan tindakan
Jadi fungsi guru adalah merencanakan
mempersiapkan dan melengkapi perangsang yang penting untuk infut simbolik dan
infut reperensial.
- Model Interaksi
Mengajar menurut model ini adalah
suatu model interaksi sosial. Guru merupakan pembantu dan mengarahkan bakat
minat siswa kegiatan guru dikelas berorientasi sebagai pembingbing kegiatan
belajar siswa
- Model Mengajar Berdasarkan Komputer
Komputer adalah alat yang mempunyai
potensi kuat dan luas dalam penyelidikan pembelajaran para ahli pendidikan
telah banyak menggunakan alat inidewasa ini manusiatelah mempergunakan Komputer
sebgai salah satu perangkat proses belajar mengajar
- Organisasi belajar
Adapun pengorganisasian belajar itu
adalah sebagai berikut
- Perencanaan pelajaran
- Tujuan pendidikan
- Tujuan yang diharapkan secara jelas
- Tingkatan-tingkatan belajar
- Susunan tingkat tingkah laku
- Susunan tingkat tingkah laku itu terdiri dari pengetahuan, pemahaman, pemakaian, sintesis (penyusunan bagian-bagian ), evaluasi.
- Teknik mengajar
- Pemunculan pertanyaan
- Belajar secara menunjukan, belajar secara menemukan
- Pemikiran intuitif
- Pemikiran kreatif
- Pengajaran simulasi
- Diskusi terpimpin
- Pengajaran beregu
- Pendidikan informal
- Media mengajar
Yang dimaksud dengan media adalah
alat perlengkapan mengajar untuk melengkapi pengalaman belajar bagi guru,
misalnya :
- Televisi
- Laboratorium audio
- Auto instruksi
- Metode Pengajaran Agama Islam
Beberapa metode pendidikan agama
islam antara lain sebagai berikut
- Metode ceramah
Metode ceramah adalah suatu metode
pengajaran dengan cara menyampaikan materi kepada anak secara lisan.
- Metode tanya jawab
Metode tanya jawab adalah suatu
metode dengan jalan mengajukan pertanyaan dan murid menjawab tentang bahan yang
ingin diperolehnya.
- Metode diskusi
Metode diskusi yaitu suatu metode
menyampaikan bahan ajar dengan jalan mendiskusikannya,sehingga berakibat
menimbulkan pengertian serta perubahan tingkah laku murid.
- Metode pemberian tugas belajar
Metode pemberian tugas belajar
adalah suatu cara strategis sebagai metode pekerjaan rumah murid iberi tugas
khusus diluar jam pelajaran.
- Metode demontrsi dan eksperimen
Metode demontrasi adalah cara
strategi menyampaikan pelajaran dengan cara memperlihatkanpada seluruh
kelas tentang suatu proses dalam melakukan sesuatu. Misalnya peroses cara wudhu
dan shalat.
Sedangkan metode eksperimen adalah
suatu cara strategis menyampaikan pelajaran, guru bersama siswa mengajarkan
sesuatu sebagai latihan praktis dalam mempraktekan suatu materi. Misalnya
membuat debu untuk tayamum.
- Metode bekerja kelompok
Metode bekerja kelompok
adalahsuatu cara strategi mengajar dengan sistem kelompok kerja dari
kumpulan beberapa individu yang bersifat pedadogis yang didalamnya terdapat
hubungan timbal balik antara individu.
- Metode sosio drama dan bermain peran
Metode sosio drama adalah metode
mengajar dengan memerankan tingkah laku didalam hubungan sosial, sedangkan
bermain peran lebih menekankan pada kenyataan,diman para murid diikutsertakan
dalam memainkan drama ituatau yang disebut dengandramatisasi.
- Metode karya wisata
Metode karya wisata adalah suatu
strategais mengajar yang dilaksanakan dengan jalan mengajar siswa keluar kelas
untuk dapat memperlihatkan hal-hal yang ada hubungannya dengan bahan pelajaran.
- Metode driil ( latihan )
Metode driil adalah suatu strategi menyampaikan
pengajaran dengan melatih siswa terhadap bahan bahan pelajaran yang sesudah
diberikan.
- Metode sistem regu ( team teaching )
Metode sistem regu adalah suatu
strategi mengajar dimana orang guru lebih bekerja sama mengajar sekelompok
siswa, metode ini banyak dipergunakan diperguruan tinggi.
- Metode problem solving
Metode problem solving adalah suatu
strategi mengajar dengan jalan melatih siswa untuk menghadapi masalah-masalah
yang sederhana sampai kepada masalah yang sulit.
- Metode proyek
Metode proyek adalah suatu metode
mengajar diman bahan pengajaran diorganisir sedemikian rupa, sehingga merupakan
suatu keseluruhan atau satu kesatuan yang bermakna dan mengandung suatu pokok
permasalahan.
- Penggunaan Beberapa Metode Pengajaran Agama Islam
- Metode-metode pengajaran Al-Quran dan Al-Hadist antar lain :
- Metode ceramah
- Metode driil
- Metode demontrasi
- Metode tanya jawab
- Metode resitai
- Metode bermain peran
- Metode-metode untuk pengajaran keimanan
- Metode ceramah
- Metode tanya jawab
- Metode pemberian tugas
- Metode problem solving
- Metode untuk pengajaran syariah
- Metode ceramah
- Metode tanya jawab
- Metode demontrasi
- Metode kerja kelompok
- Metode pemberian tugas
- Metode-metode untuk pengajaran muamalat
- Metode ceramah
- Metode driil
- Metode demontrasi
- Metode tanya jawab
- Metode resitai
- Metode bermain peran
- Metode-metode untuk pengajaran ibadah
- Metode ceramah
- Metode tanya jawab
- Metode diskusi
- Metode kerja kelompok
- Metode driil
- Metode-metode untuk pengajaran tarikh
- Metode ceramah
- Metode driil
- Metode demontrasi
- Metode tanya jawab
- Metode resitai
- Metode bermain peran
- Metode-metode untuk pengajaran membaca dan menulis huruf Al-Quran
- Metode ceramah
- Metode tanya jawab
- Metode diskusi
- Metode kerja kelompok
- Metode driil
2.3 Cara Pengarang
Menjelaskan dan Menyelesaikan Permasalahan
Drs. Ana suryana AS. dalam buku
metodologi pengajaran agama islam belliau menerangkan rincian materinya
dalam bentuk paragraf induktif, dimana uraiannya tesebut diawali
dari khusus ke umum, hal tersebut ditandai dengan menyajikan konsep-konsepnya
tyerlebih dahulu lalu menjelaskan isi konsep tersebut.
2.4 Konsep dan
Teori Yang Dikembangkan serta Kesimpulan
Didaktik adalah ilmu untuk
menanamkan pengetahuan kepada murid dengan cara yang cepat dan tepat sehingga
anak dapat mudah menangkapnya. Methodik umum adalah pelaksanaan cara mengajar
untuk semua mata pelajaran dan berlaku untuk semua sekolah.methodik khusus
adalah pelaksanaan cara mengajar yang dikhususkan untuk suatu mata pelajaran
saja,misalnya methodic khusus matematik. Jadi didaktik dibagi dua yaitu
didaktik umum dan didaktik khusus.(metodik),sedangkan didaktik khusus dibagi
dua yaitu metodik umum dan metodik khusus. Metodologi ialah pembahasan tentang
metode-metode,sedangkan metodologi pengajaran agama islam ialah
pembahasantentang metode-metode pengajaran agama islam.selanjutnya yang dibahas
adalah teori-teori langkah-langkah pengajaran dalam pengajaran agama islam.
Metodologi ialah pembahasan tentang
metode-metode, sedangkan metodologi pengajaran agama islam ialah pembahasan
tentang metode-metode pengajaran agama islam. Selanjutnya yang dibahas adalah
teori-teori langkah-langkah pengajaran dalam pengajaran agama islam dan
teori-teori membuat Pelajaran keimanan
Kegunaan mempelajari Metodologi
pengajaran agama islam yaitu agar calon guru mengetahi dan dan memiliki
pengetahuan tentang cara-cara strategi strategi dalam menyampaikan pengajaran
agama islam kepada para siswanya.
2.5 Pendapat Anda
Tentang Isi Buku
pendapat saya tentang buku ini layak
untuk dibaca, sebab setelah saya membaca,sebab banyak ha-hal baru yang dapat
diambil untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan sebagai bekal
mengabdi saya baik disekolah maupun dimasyarakat nanti, Amin.
BAB
III
SIMPULAN
3.1 Simpulan
- Didaktik adalah ilmu untuk menanamkan pengetahuan kepada murid dengan cara yang cepat dan tepat sehingga anak dapat mudah menangkapnya. Methodik umum adalah pelaksanaan cara mengajar untuk semua mata pelajaran dan berlaku untuk semua sekolah.
- Metodologi pengajaran agama islam ialah pembahasan tentang metode-metode pengajaran agama islam.
- Penggunaan Beberapa Metode Pengajaran Agama Islam
- Metode-metode pengajaran Al-Quran dan Al-Hadist antar lain :
Metode ceramah, Metode driil, Metode
demontrasi, Metode tanya jawab, Metode resitai, Metode bermain peran
- Metode-metode untuk pengajaran keimanan
Metode ceramah, Metode tanya jawab,
Metode pemberian tugas, Metode problem solving
- Metode untuk pengajaran syariah
Metode ceramah, Metode tanya jawab,
Metode demontrasi, Metode kerja kelompok, Metode pemberian tugas
- Metode-metode untuk pengajaran muamalat
Metode ceramah, Metode driil, Metode
demontrasi, Metode tanya jawab, Metode resitai, Metode bermain peran
- Metode-metode untuk pengajaran ibadah
Metode ceramah, Metode tanya jawab,
Metode diskusi, Metode kerja kelompok, Metode driil
- Metode-metode untuk pengajaran tarikh
15
|
Metode ceramah, Metode driil, Metode
demontrasi, Metode tanya jawab, Metode resitai, Metode bermain peran
- Metode-metode untuk pengajaran membaca dan menulis huruf Al-Quran
Metode ceramah, Metode tanya jawab,
Metode diskusi, Metode kerja kelompok, Metode driil
No comments:
Post a Comment