A. karakteristik instrumen evaluasi
instrumen adalah alat yang diukur dlm bentuk tes atau nontes.
- valid (jika betul2 mengukur hendaknnya diukur dengan pas)
- reabel (suatu instrumen dapat dikatakan reabel jika instrumen mendapat hasil yang konsisten)
- relevan (harus sesuai dengan kompetensi)
- refresentatif (materi instrumen harus mewakili semua yang disampaikan)
- praktis (tidak menyulitkan)
- deskriminatif (instrumen harus disusun sedemikian rupa sehingga mendapat perbedaan2)
- spesifik (suatu instrumen disusun khusus utk objek tertentu)
- proporsional (suatu instrumen harus memiliki tingkat proporsional antara sulit, sedang dan mudah)
model2 evaluasi
- model tyler
- model yang berorientasi pada tujuan
- model pengukuran
- model kesesuaian (Ralph, W, Tyler, John B. Carrol and Lee J. Cronbach)
- edicational system evaluation model (Daniel L. Staf Flebean, Michael Scriken, Rebert E. Stake dan Malcolm M Provus)
- model Alkin
- model briakerhoff
- illominative model (Malcolm parlett dan Hamieton)
- model responsif
pendekatan evaluasi
1. pendekatan tradisional
2. pendekatan sistem
pendekatan evaluasi yaitu :
- komponen pembelajaran : pendekatan tradisional dan sistem
- penafsiran hasil evaluasi :
- criteria, referenced evaluation
- norm, refrenced evaluation.
No comments:
Post a Comment