Tuesday, March 11, 2014

evaluasi pendidikan tgl 11 / 3 / 2014

karakteristik model dan pendekatan evaluasi pembelajaran
A. karakteristik instrumen evaluasi
instrumen adalah alat  yang diukur  dlm bentuk tes atau nontes.
  1. valid (jika betul2 mengukur hendaknnya diukur dengan pas)
  2. reabel (suatu instrumen dapat dikatakan reabel jika instrumen mendapat hasil yang konsisten)
  3. relevan (harus sesuai dengan kompetensi)
  4. refresentatif (materi instrumen harus mewakili semua yang disampaikan)
  5.  praktis (tidak menyulitkan)
  6. deskriminatif (instrumen harus disusun sedemikian rupa sehingga mendapat perbedaan2)
  7. spesifik (suatu instrumen disusun khusus utk objek tertentu)
  8. proporsional (suatu instrumen harus memiliki tingkat proporsional antara sulit, sedang dan mudah)

model2 evaluasi
  1. model tyler
  2. model yang berorientasi pada tujuan
  3. model pengukuran
  4. model kesesuaian (Ralph, W, Tyler, John B. Carrol and Lee J. Cronbach)
  5. edicational system evaluation model (Daniel L. Staf Flebean, Michael Scriken, Rebert E. Stake dan Malcolm M Provus)
  6. model Alkin
  7. model briakerhoff
  8. illominative model (Malcolm parlett dan Hamieton)
  9. model responsif

pendekatan evaluasi
1. pendekatan tradisional
2. pendekatan sistem

pendekatan evaluasi yaitu :
  1. komponen pembelajaran : pendekatan tradisional dan sistem
  2. penafsiran hasil evaluasi : 
  • criteria, referenced evaluation
  • norm, refrenced evaluation.


No comments:

Post a Comment