Tuesday, March 11, 2014

evaluasi pendidikan tanggal ....

evaluasi pendidikan menurut Soeharsini Arikunto
kita tidak dapat mengadakan penilaian ssebelum kita mengadakan pengukuran.
  • mengukur, menilai dan mengadakan evaluasi
  • mengukur adalah membandingkan sesuatu dengan ukuran, pengukuran bersifat kuantitatif.
  • menilai artinya mengambil sesuatu keputusan terhadap sesuatu baik atau buruk dsb
  • evaluasi meliputi 2 langkah yakni pengukur dan penilai.
  • bahwa dari pengertian evaluasi (meosramens)

anas Sudiono dalam bukunya (pengantar evaluasi pendidikan) gagasan evaluasi sbb :
  1. proses kegiatan untuk menentukan kemajuan pendidikan dibandingkan dengan tujuan yang telah ditentukan.
  2. usaha untuk memperoleh informasi berupaumpan bagi oenyempurnaan pendidikan.

fungsi evaluasi pendidikan
  1. mengukur kemajuan
  2. menunjang penyusunan rencana
  3. memperbaiki atau melakukan penyempurnaan kembali

ditinjau dari segi psikologis, fungsi evaluasi adalah :
  1. bagi peserta didik
  2. bagi pendidik

tujuan evaluasiada yang disebut umum dan khusus.
  1. tujuan umum dlm segi pendidikan ada 2 yaitu (a) utk menghimpun bahan / keterangan yang dijadikan sbg bukti kemajuan siswa; (b) utk mengetahui tingkat keefektifitasan dan metode pengajaran yg telah digunakan.
  2. tujuan khusus ada 2 yaitu : (a) utk merangsang kegiatan peserta didik dlm menempuh program pendidikan; (b) utk mencari faktor2 penyebab keberhasilan / ketdk berhasilan siswa.

evaluasi kurikulum
  1. menyediakan informasi mengenai pelaksanaan kurikulum sbg pengambil keputusan.
  2. menentukan tingkat keberhasilan dan kegagalan kurikulum.
  3. mengembangkan berbagai alternatif dlm pemecahan masalah.
  4. memahami & menjelaskan karakteristik suatu kurikulum
  5. fungsi evaluasi dalam hal ini ada 2 yaitu fungsi formatif dan sumatif.
  1.  

No comments:

Post a Comment