kita tidak dapat mengadakan penilaian ssebelum kita mengadakan pengukuran.
- mengukur, menilai dan mengadakan evaluasi
- mengukur adalah membandingkan sesuatu dengan ukuran, pengukuran bersifat kuantitatif.
- menilai artinya mengambil sesuatu keputusan terhadap sesuatu baik atau buruk dsb
- evaluasi meliputi 2 langkah yakni pengukur dan penilai.
- bahwa dari pengertian evaluasi (meosramens)
anas Sudiono dalam bukunya (pengantar evaluasi pendidikan) gagasan evaluasi sbb :
- proses kegiatan untuk menentukan kemajuan pendidikan dibandingkan dengan tujuan yang telah ditentukan.
- usaha untuk memperoleh informasi berupaumpan bagi oenyempurnaan pendidikan.
fungsi evaluasi pendidikan
- mengukur kemajuan
- menunjang penyusunan rencana
- memperbaiki atau melakukan penyempurnaan kembali
ditinjau dari segi psikologis, fungsi evaluasi adalah :
- bagi peserta didik
- bagi pendidik
tujuan evaluasiada yang disebut umum dan khusus.
- tujuan umum dlm segi pendidikan ada 2 yaitu (a) utk menghimpun bahan / keterangan yang dijadikan sbg bukti kemajuan siswa; (b) utk mengetahui tingkat keefektifitasan dan metode pengajaran yg telah digunakan.
- tujuan khusus ada 2 yaitu : (a) utk merangsang kegiatan peserta didik dlm menempuh program pendidikan; (b) utk mencari faktor2 penyebab keberhasilan / ketdk berhasilan siswa.
evaluasi kurikulum
- menyediakan informasi mengenai pelaksanaan kurikulum sbg pengambil keputusan.
- menentukan tingkat keberhasilan dan kegagalan kurikulum.
- mengembangkan berbagai alternatif dlm pemecahan masalah.
- memahami & menjelaskan karakteristik suatu kurikulum
- fungsi evaluasi dalam hal ini ada 2 yaitu fungsi formatif dan sumatif.
No comments:
Post a Comment