Tuesday, March 11, 2014

evaluasi pendidikan

evaluasi = penilaian =
1. kuantitatif --> pengukuran --> tes --> uraian dan objektif
2. kualitatif --> non pengukuran --> nontes --> pengamatan dan wawancara

# tes objektif adalah tes yg menggunakan pilihan ganda .

# kedudukan evaluasi dalam pembelajaran
  1. pelajaran adalah suatu program.
  2. setelah pembelajaran berproses tentu guru mengetahui keefektifitan dan efisiensi semua komponen yang ada dalam prosses pembelajaran.
  3. pembelajaran bersifat interaktif dan komunikatif.
  4. dalam pembelajaran, guru dapat menciptakan kegiatan belajar mengajar peserta didik.
  5. dalam proses belajar mengajar, dapat mencapai tujuan yang ingin dicapai.


Ruang lingkup evaluasi pembelajaran yaitu
  1. domain hasi belajar :
  • kognitif  ada 6 jenjang : pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, evaluasi.
  • efektif ada 4 jenjang : kemauan menerima, responding, menialai (valuting), dan organisasi.
  • psikomotorik ada 3 jenjang yaitu (a) nuscular of matry skill; (b) manipulations of materials; (c) neuromucular coordination. 
2. sistem pembelajaran: program pembelajaran, proses pelaksanaan pembelajaran, dan hasil pembelajaran.
3. proses hasil belajar yaitu :
  • sikap
  • pengetahuan dan pemahaman
  • kecerdasan
  • perkembangan jasmani
  • keterampilan
4. penilaian berbasis kelas
  • kompetensi dasar mata pelajaran
  • kompetensi rumpun pembelajaran
  • kompetensi lintas kurikulum.
  • kompetensi tamatan
  • keterampilan hidup

No comments:

Post a Comment