1. kuantitatif --> pengukuran --> tes --> uraian dan objektif
2. kualitatif --> non pengukuran --> nontes --> pengamatan dan wawancara
# tes objektif adalah tes yg menggunakan pilihan ganda .
# kedudukan evaluasi dalam pembelajaran
- pelajaran adalah suatu program.
- setelah pembelajaran berproses tentu guru mengetahui keefektifitan dan efisiensi semua komponen yang ada dalam prosses pembelajaran.
- pembelajaran bersifat interaktif dan komunikatif.
- dalam pembelajaran, guru dapat menciptakan kegiatan belajar mengajar peserta didik.
- dalam proses belajar mengajar, dapat mencapai tujuan yang ingin dicapai.
Ruang lingkup evaluasi pembelajaran yaitu
- domain hasi belajar :
- kognitif ada 6 jenjang : pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, evaluasi.
- efektif ada 4 jenjang : kemauan menerima, responding, menialai (valuting), dan organisasi.
- psikomotorik ada 3 jenjang yaitu (a) nuscular of matry skill; (b) manipulations of materials; (c) neuromucular coordination.
3. proses hasil belajar yaitu :
- sikap
- pengetahuan dan pemahaman
- kecerdasan
- perkembangan jasmani
- keterampilan
- kompetensi dasar mata pelajaran
- kompetensi rumpun pembelajaran
- kompetensi lintas kurikulum.
- kompetensi tamatan
- keterampilan hidup
No comments:
Post a Comment