Thursday, November 21, 2013

Karya tulis Ilmiah



Kerangka Isi KARYA Tulis ILMIAH   Umumnya  Karya Tulis Ilmiah mempunyai kerangka bagian isi  sebagai berikut:
Bagian Awal  yang  terdiri dari: halaman judul; lembaran persetujuan dari kepala sekolah; pernyataan dari perpustakaan yang menyatakan bahwa makalah tersebut telah disimpan diperpustakannya, pernyataan keaslian tulisan dari si penulis, kata pengantar; daftar isi, (bila ada : daftar label, daftar gambar dan daftar lampiran), serta abstrak atau ringkasan.
Bagian Isi umumnya terdiri dari beberapa bab yakni:
·         Bab I Pendahuluan yang menjelaskan tentang Latar Belakang Masalah, Perumusan Masalah dan Cara Pemecahan Masalah, Tujuan dan Kemanfaatan Hasil Penelitian (terutama: potensi untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas isi, proses, masukan, atau hasil pembelajaran dan/atau pendidikan).
·         Bab II Kajian/Tinjauan Pustaka/Kajian Teori  yang menguraikan kajian teori dan pustaka yang menumbuhkan gagasan yang mendasari usulan rancangan penelitian tindakan (khususnya kajian teori yang berkaitan dengan macam tindakan yang akan dilakukan)
·         Bab III Metode Penelitian/Penulisan yang menjelaskan tentang Rencana dan Prosedur Penelitian (terutama: prosedur diagnosis masalah, penjelasan rinci tentang perencanaan dan pelaksanaan tindakan, prosedur pelaksanaan  tindakan, prosedur observasi dan evaluasi, prosedur refleksi , serta hasil penelitian).
·         Bab IV Hasil-hasil dan Diskusi Hasil Penelitian, serta
·         Bab V Simpulan dan Saran-Saran.
Bagian Penunjang yang umumnya terdiri dari sajian daftar pustaka dan lampiran-lampiran yang diperlukan untuk menunjang isi laporan. Lampiran utama yang harus ada adalah (a) semua instrument yang digunakan dalam penelitian, (b) contoh hasil kerja dalam pengisian/pengerjaan instrumen baik oleh guru maupun siswa, (c) dokumen pelaksanaan penelitian yang lain seperti foto-foto kegiatan, daftar hadir, dan lain-lain.

Kriteria Penilaian :  Di samping memakai berbagai kriteria penulisan karya tulis ilmiah yang umum dipergunakan, terdapat kriteria dan persyaratan yang khusus yang dipakai dalam menilai KTI   yaitu  memenuhi kriteria  APIK,” yang artinya adalah
§  A sli, penelitian harus merupakan karya asli penyusunnya, bukan merupakan plagiat, jiplakan, atau disusun dengan niat dan prosedur yang tidak jujur.  Syarat utama karya ilmiah adalah kejujuran.
§  P erlu, permasalahan yang dikaji pada penelitian itu memang perlu, mempunyai manfaat. Bukan hal yang mengada-ada, atau memasalahkan sesuatu yang tidak perlu lagi dipermasalahkan.
§  I lmiah, penelitian harus berbentuk, berisi, dan dilakukan sesuai dengan kaidah-kaidah kebenaran ilmiah. Penelitian harus benar, baik teorinya, faktanya maupun analisis yang digunakannya.
§  K onsisten, penelitian harus disusun sesuai dengan kemampuan penyusunnya. Bila penulisnya seorang guru, maka penelitian haruslah berada pada bidang kelimuan yang sesuai dengan kemampuan guru tersebut. Penelitian di  bidang pembelajaran yang semestinya dilakukan guru adalah yang bertujuan dengan upaya peningkatan mutu hasil pembelajaran dari siswanya,  di kelas atau di sekolahnya.   




No comments:

Post a Comment