Thursday, June 9, 2016

Kesenian




KLIPING

PRAKARYA








Disusun  Oleh   :
Nama          :   Budi  Sentoso
Kelas           :   VII  A
Semester      :   I  (Satu)


Kerajinan tangan dari ranting kayu pohon dapat menghasilkan berbagai macam jenis kreasi unik, contohnya kreasi tempat pensil, pulpen ini. Cara membuatnya pun tidak sulit hanya membutuhkan sebuah batang kayu saja. Kreasi ini dapat menghemat dan mempercantik ruangan belajar sang anak, bahkan untuk ruang kerja kantor. Simak tutorial cara membuat tempat pensil yang sederhana berikut ini.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgldRX5Jtagyicjy_EVEu9JlVmiQo75NYrmlPSo2qqILbGVFB9WFOTxqLRMDba1GqnY-bf9LK_qqsTTIKGgoedGwv6CE1kNnndttkyyUUgtkLT_7HzttfzAcxB845rsitF2ZC28NGV4PEqO/s1600/Cara+Membuat+Tempat+Pensil+Kayu.jpg
Alat dan Bahan yang digunakan:
  • Batang Kayu
  • Gergaji
  • Bor kayu
  • Amplas
  • Cat kayu (plitur dan pernis)



Cara Membuat Tempat Pensil Kayu Pohon
  1. Sipakan kayu yang anda pilih, potong kayu dengan gergaji dengan ukuran yang Anda inginkan.
  2. Potong berbentuk tabung-tabung seukuran gelas.
  3. Setelah terpotong, lubangi bagian Atas dengan bor kayu.
  4. Buatlah lubang secukupnya sesuai diameter kayu.
  5. Amplas tabung potongan kayu untuk memperhalus tampilan tekstur kayu.
  6. Cat dengan plitur serta pernis untuk memperkilat dan mempercantik tampilan.
  7. Jemur dan diamkan hingga mongering.
  8. Jadi deh kreasi kerajinan Anda dan siap digunakan.

MEMBUAT POT BUNGA DARI KALENG BEKAS UNIK
Kerajinan dari kaleng bekas sangatlah bervariatif. Berikut adalah ide kreatif yang bisa Anda coba di rumah dan tentu dengan bahan-bahan yang sederhana, murah dan cepat. Cara Membuat Pot Bunga dari Kaleng Bekas Unik yang bisa menjadi alternatife untuk Anda khususnya bagi wanita yang suka merawat bunga maupun tanaman. Jika Anda punya kaleng bekas banyak, jangan dibuang. Buat saja sebuah kreasi pot, tentu lebih bermanfaat dan lebih murah daripada Anda membeli yang harganya cukup mahal, dengan hanya sedikit sentuhan saja. Simak tutorial kreasi kaleng bekas di bawah ini.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhr7HCxTaslp2H77pFd6BH1Zh3vnmXzCUrx4dBLd5WJWOo7sh8eQojrEKLmUzMGaylBfMj93h_FoK7wE37GEMh70eRUsrpBFeOOJeaFeXrIJZPls_55FVSLvs8jveZpNbeOlzxH6IjMndUM/s1600/Membuat+Pot+Bunga+dari+Kaleng+Bekas+Unik.jpg

Alat dan Bahan yang digunakan
  • Kaleng bekas cat
  • Cat
  • Kuas Lukis
  • Amplas


Langkah Cara Membuat Pot Bunga dari Kaleng Bekas Unik
  1. Siapkan kaleng bekas dari cat bekas maupun kaleng bekas dari makanan dan bersihkan.
  2. Jika kaleng terbuat dari aluminium, alangkah baiknya di amplas terlebih dahulu dan jika dari kaca cukup dibersihkan saja.
  3. Buatlah campuran warna dari cat yang telah Anda siapkan, aduk-aduk hingga merata dengan campuran cat. Pilihlah warna yang Anda suka.
  4. Lukis kaleng dengan kuas dan cat warna yang sudah dibuat, dengan pola/tekstur yang ingin Anda buat secara menyeluruh di permukaan luar kaleng.
  5. Setelah mengecat, jemur tunggu hingga mengering.
  6. Jadi deh pot tanaman bunga Anda, tinggal memberikan tanah liat dan tanaman Anda pun memiliki pot baru.

KERAJINAN TANGAN, BUNGA HIAS DARI KULIT JAGUNG

Mengubah kulit jagung yang biasanya hanya dibuang sia-sia menjadi kerajinan tangan bunga hias nan cantik mampu dijadikan peluang usaha yang dapat dipelajari.
bunga dari kulit jagungKerajinan tangan memiliki banyak macam yang bisa dijadikan hoby ataupun ditekuni sebagai bisnis. Jenis kerajinan tangan biasanya banyak dihasilkan dari tangan-tangan kreatif seorang wanita. Salah satunya adalah membuat kerajinan tangan berupa bunga hias, dalam membuatnya wanita sudah terbukti kehebatannya karena memiliki rasa seni yang tinggi serta didukung oleh ketelatenan dan ketekunan wanita.
Banyak jenis-jenis kerajinan tangan berupa bunga hias yang diperjualbelikan di pasaran. Salah satunya adalah kerajinan bunga hias dari bahan kulit jagung atau biasa dikenal dengan klobot jagung. Mengubah kulit jagung yang biasanya hanya dibuang sia-sia menjadi kerajinan tangan bunga hias nan cantik mampu dijadikan peluang usaha yang dapat dipelajari. Berikut ini adalah cara membuat kerajinan tangan bunga hias dari kulit jagung :

Bahan dan Alat :


  1. Kulit jagung
  2. Gunting
  3. Pewarna atau Wantex
  4. Lem
  5. Kawat
  6. Tempayan 5 buah
  7. Plastik berwarna

Cara Pembuatan :

  1. Pilihlah kulit jagung yang bagus dan sudah dianggap tua atau cukup umur, sekitar 3 bulan.
  2. Kemudian kulit jagung dilepaskan dari buahnya satu persatu sesuai dengan lembarannya.
  3. Untuk lembaran daun yang pertama sampai dengan lembaran yang ketiga sebaiknya dipisahkan karena lembaran tersebut merupakan kulit jagung dengan kualitas yang terbaik.
  4. Kulit jagung yang telah dipilih selanjutnya direbus dengan pewarna atau wantex perebusan selama kurang lebih 1 jam dan sebaiknya dibolak-balik agar warnanya dapat merata.
  5. Setelah itu kulit jagung ditiriskan lalu dikeringkan, cara mengeringkannya sebaiknya jangan dijemur dibawah terik matahari karena kulit jagung dapat menjadi pecah.
  6. Setelah kering, kulit jagung selanjutnya disetrika dengan suhu yang sedang dan jangan terlalu panas.
  7. Lalu kulit jagung dilapis menjadi 2 sebelum akhirnya dipola, hal ini bertujuan agar dalam membentuk pola menjadi kelopak bungan menjadi lebih mudah dan tidak gampang sobek.
  8. Kemudian buat kulit jagung menjadi pola sesuai dengan bentuk yang diinginkan.
  9. Setelah dibentuk menjadi pola lalu diserut sesuai dengan lengkungan yang diinginkan.
  10. Untuk yang terakhir, rangkai bahan yang telah dibentuk dan diserut menjadi bentuk bunga.
  11. Setelah selesai dirangkai, bunga kemudian diberi tangkai dengan menggunakan karet yang telah dibalut dengan floral tape atau pita. Bunga hias dari kulit jagung siap dipajang disudut rumah Anda.

kerajinan tangan dari botol bekasPOT TANAMAN UNIK DARI BOTOL BEKAS

Daripada botol plastik bekas di rumah Anda dibuang begitu saja, akan lebih berguna jika dimemanfaatkannya sebagai pot bunga.
Apa Anda salah satu dari banyak orang yang senang berkebun? Ada cara baru yang murah tapi unik. Anda bisa menggunakan botol bekas sebagai sarana untuk menanam tanaman sebagai hiasan kebun atau taman yang ada dihalaman rumah sehingga terlihat asri.
Sering kita lihat di dapur penuh dengan botol minuman bekas yang sudah tidak terpakai lagi. Daripada botol-botol itu dibuang, akan lebih berguna lagi jika kita memanfaatkannya sebagai pot bunga. Botol yang mudah disulap menjadi pot tanaman yang unik adalah botol plastik karena botol plastik mudah dilubangi. Berikut kami informasikan cara mudah membuat pot tanaman unik dari botol bekas.

Bahan Membuat Pot Tanaman Unik

  1. Botol plastik bekas minuman
  2. Pisau atau cutter
  3. Spidol
  4. Solder
  5. Tali rafia/kawat untuk menggantung pot

Cara Membuat Pot Tanaman Unik Dari Botol Bekas

  1. Guntung/lepaskan merek minuman yang masih menempel pada botol plastik bekas
  2. Selanjutnya, beri tanda dengan menggunakan spidol untuk membuat lubang berbentuk “ persegi panjang “ dibagian sisi atas, lubang tersebut gunanya untuk memasukkan media tanah dan tempat menancapkan tanaman yang hendak Anda tanam.
  3. Jangan sampai terlupakan juga untuk membuat lubang kecil-kecil dibagian sisi bawahnya, bisa Anda lakukan dengan menggunakan solder panas agar lebih mudah. Lubang kecil-kecil ini tujuannya untuk sirkulasi udara, tidak jauh beda dengan pot tanaman pada umumnya.
  4. Ikat pot dengan tali rafia atau kawat yang sudah disediakan pada kedua ujung botol untuk memudahkan Anda dalam menggantungnya.
  5. Pot tanaman unik dari botol bekas siap diisi oleh media tanah dan siap untuk ditanami tanaman hias nan indah.
  6. Kemudian gantung pot tanaman pada dinding luar rumah, pagar rumah atau pada pohon yang bisa digantungi pot tanaman.
Itulah salah satu tips untuk mengelola sampah plastil bekas minuman. Cara ini sangat cocok bagi Anda yang tidak mempunyai lahan cukup luas untuk bercocok tanam. Selain bisa memanfaatkan sampah plastik, Anda juga bisa menghemat pengeluaran yang digunakan untuk membeli pot. Jangan tunggu lama lagi, daripada sampah botol plastik bekas dibuang sia-sia lebih baik Anda manfaatkan menjadi pot tanaman yang unik.


KREASI POT UNIK DARI KELAPA KERING

pot sabut kelapaLimbah terbuang bisa dimanfaatkan menjadi barang bermanfaat apabila disentuh oleh tangan-tangan terampil. Salah satunya adalah pot unik dari kelapa kering.
Limbah yang bisa dibilang sampah yang tidak berguna lagi terkadang justru akan menjadi sesuatu barang yang bermanfaat dan berguna apabila dapat dikreasikan oleh tangan-tangan terampil. Dengan ketrampilan yang cukup kita akan menghasilkan suatu produk yang unik dan berguna, bahkan tidak sedikit pula yang bisa dijual. Hal yang seperti itu dapat dijadikan contoh dalam kehidupan sehari-hari bahkan bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi.
Salah satu kreasi yang menarik dan pantas untuk diacungi jempol adalah kreasi pot unik dari kelapa kering. Pot dari kelapa kering tersebut dapat digunakan untuk menanam tanaman yang menjalar ke bawah, karena pot unik tersebut nantinya digunakan dengan cara digantung di halaman depan rumah atau taman sekeliling rumah.
Pot tersebut merupakan sebuah kreasi pot unik dari kelapa kering yang bahan dasar untuk membuatnya adalah kelapa kering. Berikut ini adalah cara membuat pot unik dari kelapa kering :

Bahan Membuat Pot Unik

  • Kelapa kering
  • Tali atau kawat
  • Vernish

Alat-alat Membuat Pot Unik

  • Gergaji
  • Kerokan kelapa
  • Bor

Cara Membuat Pot Unik

  1. Belah kelapa kering mennggunakan gergaji dengan ukuran sekitar empat perlima. ( Bagian buah kelapa ini dibuat seperti saat kita mengupas kelapa muda yang hendak disajikan yaitu dibelah ujungnya ).
  2. Keluarkan air dan buang bagian buah kelapa dengan menggunakan kerokan kelapa hingga menyisakan bagian tempurung dan kulitnya seperti mangkok.
  3. Haluskan kulit buah sehingga menjadi halus dan cantik.
  4. Kemudian varnish seluruh bagian luar kulit kelapa agar terlihat mengkilat dan bersih.
  5. Lalu bor bagian bawah buah kelapa sejumlah tiga atau empat titik untuk keluarnya air sehingga akar tanaman tidak busuk karena genangan air dalam pot.
  6. Ikat buah kelapa dengan kawat atau tali yang lain yang mampu menahan beban buah kelapa yang berisi tanaman.
  7. Kreasi pot unik dari kelapa kering siap di gantung dihalaman rumah.

No comments:

Post a Comment