6. FIQIH
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
Kelas IV, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Mengetahui
ketentuan zakat
|
3.1 Menjelaskan macam-macam zakat
3.2 Menjelaskan ketentuan zakat fitrah
3.3
Mempraktekkan tata cara zakat fitrah
|
2. Mengenal ketentuan infak dan sedekah
|
2.1
Menjelaskan ketentuan infak dan sedekah
2.2
Mempraktekkan tata cara infak dan sedekah
|
Kelas
IV, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.
Mengenal
ketentuan salat Id
|
3.1 Menjelaskan macam-macam salat Id
3.2 Menjelaskan ketentuan salat Id
3.3 Mempraktekkan tata cara salat Id
|
CONTOH PEMETAAN KOMPETENSI DASAR
FIQIH SEMESTER 1
Dari kalender akademik dan struktur kurikulum
pada kelas IV
Misalnya, Pekan Efektif 1 semster : 17 pekan.
1 Pekan = 2 JP (jam pelajaran)
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
KATEGORI
|
JP
|
1
|
Mengetahui ketentuan zakat
|
1.1
Menjelaskan pengertian zakat
|
Pengetahuan
|
4 jp
|
1.2
Menjelaskan macam-macam zakat
|
||||
1.3
Menyebutkan macam-macam harta yang wajib dizakati
|
Pengetahuan
|
10 jp
|
||
1.4 Menyebutkan
orang yang berhak menerima zakat
|
Pengetahuan
|
4 jp
|
||
1.5
Menjelaskan pengertian zakat fitrah
|
Pengetahuan
|
4 jp
|
||
1.6
Menjelaskan ketentuan zakat fitrah
|
||||
1.7
Menyebutkan syarat wajib zakat fitrah
|
Pengetahuan
|
2 jp
|
||
1.8
Menjelaskan waktu dan ukuran zakat fitrah
|
||||
1.9
Menyebutkan mustahik zakat fitrah
|
Pengetahuan dan praktik / keterampilan
|
4 jp
|
||
1.10 Mempraktekkan tata cara zakat fitrah
|
||||
2
|
Mengenal ketentuan infak dan sedekah
|
2.1 Menjelaskan pengertian infak dan sedekah
|
Pengetahuan
|
2 jp
|
2.2 Menjelaskan ketentuan infak dan sedekah
infak dan sedekah
|
Pengetahuan dan praktik / keterampilan
|
4 jp
|
||
2.3 Mempraktekkan tata cara infak dan
sedekah
|
Contoh
Program Tahunan
Mata Pelajaran : Fiqih
Satuan pendidikan : Madrasah Ibtidayah
Tahun Pelajaran : 2008/2009
Kelas : Empat (IV)
MT
|
NO
|
STANDAR KOMPETENSI / MATERI POKOK
|
ALOKASI WAKTU
|
KETERANGAN
|
|
1
|
1
|
Mengetahui ketentuan zakat
1.1
Menjelaskan pengertian zakat
1.2
Menjelaskan macam-macam zakat
1.3
Menyebutkan macam-macam harta yang wajib dizakati
1.4
Menyebutkan orang yang berhak menerima zakat
1.5
Menjelaskan pengertian zakat fitrah
1.6
Menjelaskan ketentuan zakat fitrah
1.7
Menyebutkan syarat wajib zakat fitrah
1.8
Menjelaskan waktu dan ukuran zakat fitrah
1.9
Menyebutkan mustahik zakat fitrah
1.10 Mempraktekkan tata cara zakat fitrah
|
28 jp
|
|
|
|
2
|
Mengenal ketentuan infak dan sedekah
2.1 Menjelaskan pengertian infak dan sedekah
2.2 Menjelaskan ketentuan infak dan sedekah
infak dan sedekah
2.3 Mempraktekkan tata cara infak dan
sedekah
|
6 jp
|
|
|
|
|
J U M L A H
|
34 jp
|
|
|
2
|
3
|
Mengenal ketentuan shalat Id
3.1
Menjelaskan pengertian shalat Id
3.2
Menyebutkan dalil disunnahkannya shalat Id
3.3
Menjelaskan macam-macam shalat Id
3.4
Menjelaskan ketentuan shalat Id
3.5
Hal-hal yang disunnahkan sebelum Id
3.6
Mendemonstrasikan tata cara shalat Id
|
|
|
|
|
|
J U M L A H
|
|
|
|
|
|||||
PROSEM
FIQIH
Sekolah : MI .....
Kelas : IV
Semester : I (satu)
NO
|
STANDAR KOMPETENSI/ KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI WAKTU
|
B U L A N
|
|||||||||||||||||||||||
JULI
|
AGUSTUS
|
SEPTEMBER
|
OKTOBER
|
NOVEMBER
|
DESEMBER
|
|||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Mengetahui ketentuan zakat
1.1 Menjelaskan
pengertian zakat
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2 Menjelaskan
macam-macam zakat
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.3 Menyebutkan
macam-macam harta yang wajib dizakati
|
|
|
|
|
|
2
|
2
|
|
|
2
|
2
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.4 Menyebutkan
orang yang berhak menerima zakat
ULANGAN HARIAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.1 Menjelaskan
pengertian zakat fitrah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2 Menyebutkan
syarat wajib zakat fitrah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.3 Menjelaskan
ketentuan zakat fitrah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.4 Menjelaskan
waktu dan ukuran zakat fitrah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
1.5 Menyebutkan mustahik zakat fitrah
ULANGAN HARIAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
1.10 Mempraktekkan tata cara zakat fitrah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
2
|
Mengenal ketentuan infak dan sedekah
2.1 Menjelaskan pengertian infak dan sedekah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
2.2. Menjelaskan ketentuan infak dan sedekah
ULANGAN HARIAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
2
|
|
|
U A S
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan : Prosem memberikan gambaran perencanaan
penyajian KD satu semester dengan rincian penyajian tiap minggu dan distribusi
ulangan harian. Jumlah alokasi waktu pada prosem diisi sesuai dengan jam
pelajaran efektif Fiqih yang ada pada prota
CONTOH
SILABUS
Sekolah / Madrasah : Madrasah Ibtidaiyah
Kelas : IV
Mata Pelajaran : FIQIH
Semester : I (Ganjil)
Standar Kompetensi : 1. Mengetahui ketentuan
zakat
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
PENILAIAN (TEKNIK, BENTUK DAN CONTOH INSTRUMEN)
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
|
1.1
|
Menjelaskan pengertian zakat
|
Ketentuan zakat
|
·
Meminta siswa menemukan dalam buku sumber pengertian
zakat menurut bahasa dan istilah
·
Meminta siswa menyebutkan tentang pengertian zakat
menurut bahasa dan istilah
·
Meminta siswa secara berkelompok untuk menuliskan
pengertian zakat untuk ditempelkan pada majalah dinding kelas.
|
1. Dapat menyebutkan pengertian zakat menurut
bahasa
2. Dapat menjelaskan pengertian zakat menurut istilah
|
Tes Tertulis
Contoh :
Menurt
bahasa, zakat artinya ...
a. Menyucikan
b. Memandikan
c. Mengeluarkan
|
1 X 35 menit
|
Buku paket Fiqih kls IV, Penerbit Toha Putra, Semarang.
Sumber lain yang relevan
|
1.2
|
Menjelaskan macam-macam zakat
|
Macam- macam zakat
|
·
Siswa secara mandiri diberikan lembar tugas untuk
menyebutkan macama-macam zakat.
· Tanya jawab tentang macam-macam zakat.
·
Memberikan penjelasan tentang nishab dan haul
|
1. Dapat menjelaskan macam-macam zakat.
2. Dapat menjelaskan nishab dan haul.
|
Tes tertulis
Contoh :
Sebutkan macam-macam zakat !
|
1 X 35 menit
|
Buku paket Fiqih kls IV, Penerbit Toha Putra, Semarang.
Sumber lain yang relevan
|
CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas / Semester : IV / I
Alokasi waktu : 1 X 35 menit
A.
Standar Kompetensi : 1. Mengetahui ketentuan zakat
B.
Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan pengertian zakat
C.
Tujuan Pembelajaran :
·
Siswa dapat menjelaskan arti zakat menurut bahasa
·
Siswa dapat menjelaskan pengertian zakat menurut istilah
·
Siswa dapat menyebutkan dalil Al-Qur'an bahwa zakat berarti membersihkan
dan menyucikan
D.
Materi Pembelajaran :
Pengertian dan dalil tentang zakat
Zakat menurut bahasa berarti bersih (at-Thaharoh), tumbuh/berkembang
(An-Nama), tambah (az-Ziyadah), berkah (Al-Barakah).
Zakat menurut istilah (syar’i) yaitu harta yang wajib disisihkan oleh
seorang muslim atau badan yang dimiliki oleh orang muslim sesuai dengan
ketentuan agama untuk diberikan kepada yang berhak menerimanya.
Dalil tentang zakat yang berarti menyucikan:
”Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu (berarti)
membersihkan dan menyucikan serta mendo’akan untuk mereka; karena sesungguhnya
do’a kamu itu (memberikan) ketenangan bagi mereka; dan Allah itu Maha Mendengar
lagi Maha Mengetahui (QS. At-Taubah [9] : 103).
E.
Metode : 1.
Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Penugasan
F.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.
Appersepsi, mengajukan pertanyaan tentang pengertian zakat.
b.
Motivasi, membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran siswa bahwa zakat
dapat membersihkan manusia dari sifat-sifat buruk seperti kikir, serakah, cinta
kepada harta secara berlebihan dan sebagainya.
2.
Kegiatan Inti
a.
Membaca bersama-sama tentang pengertian zakat (Eksplorasi).
b.
Mencatat hasil temuan masing-masing buku catatan tentang pengertian zakat
(elaborasi)
c.
Mengemukakan hasil temuan tentang pengertian zakat (konfirmasi)
d.
Mennggali pengalaman siswa melalui bacaan, film atau sinetron yang mereka
tonton akibat orang yang tidak mau mengeluarkan zakat (elaborasi)
e.
Berdiskusi tentang dalil zakat yang berarti menyucikan(elaborasi)
f.
Mempresentasikan hasil diskusi tentang dalil zakat yang berarti menyucikan
(konfirmasi)
g.
Guru memberi penguatan terhadap hhasil diskusi.
3.
Kegiatan Penutup
a.
Guru memberikan penguatan atas temuan siswa dan menyimpulkan materi tentang
pengertian zakat, dalil zakat.
b.
Melontarkan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang materi pengertian
zakat.
c.
Siswa menyalin kesimpulan dalam buku catatan masing-masing.
G.
Alat/Sumber Belajar
Buku Fiqih dan buku sumber yang relevan.
H.
Penilaian
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
TEKNIK
PENILAIAN
|
BENTUK
PENILAIAN
|
CONTOH
INSTRUMEN
|
Siswa dapat menjelaskan arti zakat menurut bahasa
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Zakat menurut bahasa berarti ...
|
Siswa dapat menjelaskan arti zakat menurut istilah
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Zakat menurut istilah yaitu. ..
|
Siswa dapat menyebutkan dalil tentang zakat yang
bermakna menyucikan
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Tulislah dalil tentang zakat bahwa zakat sebagai
pembersih !
|
NO
|
NAMA
|
SOAL
|
SKOR
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment