MAKALAH
Sumber – Sumber Pendidikan
Islam
Penalaran dan Pengalaman Ilham dan
Wahyu
Dosen Pembimbing : Siti
Rofingah, M. Pd. I
Disusun oleh : Kelompok IX
Anggota :
1)
Sahrullah
2)
Yuyun
3)
Hairani
4)
Salasiah
5)
Susanti
Lokal / Semester : G
/ IV (Empat)
Mata Kuliah : Filsafat Pendidikan
Islam
Sekolah Tinggi Agama Islam
(STAI)
Kuala Kapuas
2013
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum
Wr. Wb
Alhamdulillah segala
puji dan syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufiq serta
hidayah-Nya kepada kita semua. Shalawat serta salam tak lupa pula kami berikan
kepada junjungan Nabi besar Muhammad Saw. Beserta keluarga, sahabat, kerabat,
dan pengikut beliau hingga akhir zaman nanti.
Alhamdulillah pada kali
ini, kami dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul “Sumber-Sumber Pendidikan Islam, Penalaran
dan Pengalaman Ilham dan Wahyu”, sesuai
dengan waktu yang telah ditentukan oleh dosen pembimbing. Tentunya pembuatan
makalah ini bertujuan untuk menambah wawasan para mahasiswa (i) STAI Kuala
Kapuas, serta melengkapi tugas mata kuliah Filsafat Pendidikan
Islam yang dibimbing oleh Ibu Siti
Rofingah, M. Pd. I.
Kami menyadari dalam
pembuatan makalah ini masih terdapat banyak kekurangan, dari segi cara
penulisan maupun penyusunannya. Untuk itu kami mohon maaf sebesar-besarnya. Dan
kami juga sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun, agar pada
pembuatan makalah selanjutnya kami bisa melakukannya dengan lebih baik lagi.
Wassalamualaikum Wr.
Wb.
Kuala Kapuas,
Februari 2013
Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN
SAMPUL ......................................................................................................... i
KATA
PENGANTAR ........................................................................................................... ii
DAFTAR
ISI ......................................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang ............................................................................................ 1
B.
Rumusan
Masalah
....................................................................................... 1
C.
Tujuan
Penulisan ......................................................................................... 1
D.
Ruang
Lingkup Penulisan
.......................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN
A.
Sumber-sumber
Pendidikan
Islam Berupa Wahyu......................................... 2
B.
Sumber-Sumber
Pendidikan Islam Berupa Penalaran dan
Pengembangan
Ilham.............................................................................................................. 3
BAB III PENUTUP
A.
Kesimpulan
................................................................................................... 5
B.
Saran
– Saran ................................................................................................ 5
DAFTAR PUSTAKA
............................................................................................................ 6
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Dalam agama, agar hambanya mampu memikul amanah yang
dikehendaki Allah swt, maka pendidikan Islam harus dimaknai secara rinci.
Karena itu, keberadaan referensi atau sumber pendidikan Islam harus merupakan
sumber utama Islam itu sendiri yaitu Al-Qur’an dan As- Sunnah. Namun sumber-sumber pendidikan Islam tidaknya
sebatas wahyu. Hal ini akan dibahas lebih lanjut pada bab selanjutnya.
B.
RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang di atas,
penulis merumuskan beberapa masalah yang akan dijadikan pokok pembahasan dalam
penulisan makalah ini, diantaranya :
1. Apa
sumber pendidikan Islam berupa wahyu ?
2. Apa
sumber pendidikan Islam berupa penalaran dan pengalaman ilham ?
C.
TUJUAN PENULISAN
Makalah ini adalah sebuah tulisan yang
disusun dan direncanakan oleh penulis. Hal ini menunjukkan bahwa adanya tujuan
yang ingin dicapai dalam penulisan makalah ini yakni :
1. Untuk
mengetahui dan mempelajari tentang sumber pendidikan Islam berupa wahyu.
2. Untuk
mengetahui dan mempelajari tentang sumber pendidikan Islam berupa penalaran dan
pengalaman ilham.
D.
RUANG LINGKUP PENULISAN
Dalam pembuatan makalah ini, lingkup
pembahasannya meliputi :
1. Lingkup
pembahasan makalah difokuskan pada pembahasan tentang Sumber-Sumber Pendidikan Islam, Penalaran dan Pengalaman Ilham dan
Wahyu.
2. Lingkup
waktu yang diberikan dalam pembuatan makalah ini selama 2 minggu.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
SUMBER –
SUMBER PENDIDIKAN ISLAM BERUPA WAHYU
1. Al-Qur’an
Al-Qur'an adalah
kalamullah yang diturunkan kepada nabi Muhammad saw, dalam bahasa Arab yang
dinukilkan kepada generasi sesudahnya secara mutawattir, membacanya berupa
ibadah, tertulils dalam mushaf, dimulai dari surat Al-fatihah dan ditutup
dengan surat An-Naas.
Kedudukan
Al-Qur'an dalam kehidupan seorang muslim sangat agung dan tinggi. Ia adalah sumber utama dalam semua segi
kehidupannya, Al-Qur'an mengatur hubungan antara manusia dengan Tuhannya,
dirinya, alam sekitar, keluarga, tetangga, sesama muslim, non muslim, dan antar
negara. Sehingga tidak ada satupun sisi kehidupan yang tidak dijelaskan oleh
Al-Qur'an.
Sudah
seharusnya seorang muslim menjadikan Al-Qur'an sebagai sumber dalam melakukan
proses pendidikan Islam. Karena sebagai seorang muslim, ia tidak bisa dipisahkan
dari misi utama diutusnya seorang Rasul yang membacakan kepadanya ayat
Al-Qur'an sebagaiman yang tercantum dalam Al-Baqarah ayat 151 :
“Sebagaimana (kami telah menyempurnakan nikmat Kami
kepadamu) Kami telah mengutus kepadamu Rasul diantara kamu yang membacakan
ayat-ayat Kami kepada kamu dan mensucikan kamu dan mengajarkan kepadamu Al
kitab dan Al-Hikmah, serta mengajarkan kepada kamu apa yang belum kamu ketahui.”
Sehingga
salah satu output yang dihasilkan dalam pendidikan Islam yakni ilmu, dimana
Al-Qur'an sangat menghormati ilmu dan pemiliknya dan telah menjadikan ilmu
sebagai salah satu dari tiang fundamental utama dari upaya membangun kebesaran
masyarakat-masyarakat manusia.
Itulah
sebabnya ada perbedaan yang mencolok antara masyarakat yang terdidik dengan
pendidikan Islam yang berpondasikan taujih robbani melalui Al-Qur'an dan
masyarakat yang tidak mengenal sama sekali panduan Al-Qur'an. Lihatlah betapa
masyarakat Barat menganggap bahwa minum-minuman keras adalah kepuasan yang
sangat dinikmati. Bermain judi sambil minum-minuman, menari, berdansa, hubungan
bebas, membuka aurat bermain music yang tidak ada batas moral dan etika. Dalam
etika teknologi yang tinggi, mereka meledakkan bom nuklir dengan tidak memiliki
standar moral yang mengakibatkan terbunuhnya jutaan manusia yang tidak berdosa.
Al-Qur'an menjadi sumber pendidikan Islam
dikarenakan beberapa alasan, yakni :
a. Al-Qur'an sumber pendidikan Rasul
dan sahabat
Tidak
diragukan lagi bahwa keberadaan Al-Qur'an telah mempengaruhi sistem pendidikan Rasulullah
dan para sahabat. Lebih-lebih ketika Aisyah menegaskan bahwa akhlaq beliau
adalah Al-Qur'an, karena kehidupan Rasulullah tidak terlepas dari tuntunan
Al-Qur'an. Begitu pula para sahabat yang ikut mengamalkan dan mempelajari
Al-Qur'an
b. Al-Qur'an sumber yang edukatif
Kelebihan
Al-Qur'an diantaranya terletak pada metode yang menakjubkan dan unik sehingga
dalam konsep pendidikan yang terkandung didalamnya, Al-Qur'an mampu menciptakan
individu yang beriman dan senantiasa mengesakan Allah swt, serta mengimani hari
akhir. Al-Qur'an telah memberikan kepuasan penalaran yang sesuai dengan
kesederhanaan dan fitrah manusia tanpa unsur paksaan dan disertai dengan
pengutamaan afeksi dan emosi manusiawi.
c. Al-Qur'an membangun peradaban manusia
Dalam sejarah pendidikan manusia,
ketika para pelaku dan pemerhati pendidikan tidak menjadiakan Al-Qur'an sebagai
sumber pendidikan Islam, kemajuan yang dihasilkan tidak signifikan dan
cenderung stagnan. Tetapi di saat kaum muslimin menjadikan Al-Qur'an sebagai
sumber utama pendidikan Islam, maka mereka dengan cepat telah mampu membangun
peradaban manusia yang bukan hanya orang Islam saja yang menikmatinya, tetapi
orang nonmuslim pun bangga dengan keberhasilan itu
2. As-sunnah
Setelah
Al-Qur'an, pendidikan Islam menjadikan As-sunnah sebagai dasar dan sumber
kurikulumnya. Pada hakikatnya, keberadaan sunnah ditunjukkan untuk mewujudkan 2
sasaran, yakni :
a.
Menjelaskan apa yang terdapat di dalam Al-Qur'an.
b.
Menjelaskan syariat dan pola perilaku
Dalam dunia pendidikan, As-Sunnah memiliki dua manfaat pokok yakni
As-sunnah mampu menjelaskan konsep dan kesempurnaan pendidikan Islam sesuai
dengan konsep Al-Qur'an; serta As-sunnah dapat menjadi cont\oh yang tepat.
Dalam penentuan metode pendidikan.
B.
SUMBER –
SUMBER PENDIDIKAN ISLAM BERUPA PENALARAN
DAN PENGALAMAN ILHAM
1.
Jalan Hidup Salafus Sholih
Mereka merupakan sebaik-baik umat
dalam mengikuti sunnah Rasul, yang dapat kita ambil ilmu dan pelajaran hidupnya
dan mengambil dari mereka berbagai cara dan langkah dalam mendidik anak-anak
mereka di atas keimanan kepada Allah swt dan Rasul-Nya serta bagaimana kondisi
anak-anak mereka.
2. Ilmu dan Ulama
Ilmu merupakan menara jalan bagi
calon penghuni surga , teman kala kesepian petunjuk saat hati gundah dan
bahagia, serta senjata ampuh untuk melawan musuh. Allah swt mengangkat kaum
dengan ilmu hingga menjadi panutan dan perbuatan mereka diikuti. Sedangkan para ulama adalah ahli waris para
Nabi. Maka hendaklah para pendidik membiasakan bertanya tenntang hukum Allah
swt, dan membiasakan anak-anaknya bermulazamah, menghargai dan menghormati para
ulama, bersikap rendah hati dan sopan kepada mereka serta bersegera memberi
bantuan dan pelayanan pada mereka.
3. Bersanding dengan Orang-Orang Shalih
Ini adalah
sumber penting dalam pendidikan Islam anak-anak kita. Nabi saw memerintahkan
agar pandai-pandai memilih teman bagi anak-anak kita. Teman yang baik adalah
nikmat yang agung, sebab ia akan selalu mengingatkanmu kepada Allah swt ketika
kamu lupa, membantumu ketika sedang berdzikir, menolong ketika kau perlu.
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Dalam agama, agar hambanya mampu memikul amanah yang
dikehendaki Allah swt, maka pendidikan Islam harus dimaknai secara rinci.
Karena itu, keberadaan referensi atau sumber pendidikan Islam harus merupakan
sumber utama Islam itu sendiri yaitu Al-Qur’an dan As- Sunnah. Sumber-sumber
pendidikan Islam tersebut yakni :
Sumber – sumber pendidikan islam berupa wahyu yakni : Al-Qur’an dan As-sunnah. Sedangkan sumber – sumber pendidikan islam berupa penalaran dan
pengalaman ilham yakni : jalan
hidup salafus sholih, ilmu dan ulama, dan bersanding dengan orang-orang
shalih.
B.
SARAN-SARAN
1.
Hendaknya seorang guru memahami tentang sumber-sumber
pendidikan Islam.
2.
Hendaknya kita menggunakan sumber-sumber pendidikan Islam
dengan baik untuk memberikan pelajaran kepada anak didik.
DAFTAR
PUSTAKA
http://sutisna.
com/ilmu-al-quran/al-Al-Qur'an-dan-wahyu/
No comments:
Post a Comment