Monday, June 6, 2016

Sumber – Sumber Pendidikan Islam Penalaran dan Pengalaman Ilham dan Wahyu



MAKALAH
 Sumber – Sumber  Pendidikan  Islam
Penalaran dan Pengalaman Ilham dan Wahyu
Dosen Pembimbing    :   Siti Rofingah,  M. Pd. I
Disusun oleh             :   Kelompok   IX
Anggota                    :  
1)       Sahrullah  
2)       Yuyun
3)       Hairani
4)       Salasiah
5)     Susanti
Lokal / Semester       :   G / IV  (Empat)
Mata Kuliah            :   Filsafat  Pendidikan  Islam

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI)
Kuala Kapuas
2013
KATA PENGANTAR


Assalamualaikum Wr. Wb                                                                                  
Alhamdulillah segala puji dan syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufiq serta hidayah-Nya kepada kita semua. Shalawat serta salam tak lupa pula kami berikan kepada junjungan Nabi besar Muhammad Saw. Beserta keluarga, sahabat, kerabat, dan pengikut beliau hingga akhir zaman nanti.
Alhamdulillah pada kali ini, kami dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul “Sumber-Sumber Pendidikan Islam, Penalaran dan Pengalaman Ilham dan Wahyu”, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh dosen pembimbing. Tentunya pembuatan makalah ini bertujuan untuk menambah wawasan para mahasiswa (i) STAI Kuala Kapuas, serta melengkapi tugas mata kuliah Filsafat Pendidikan Islam yang dibimbing oleh Ibu Siti Rofingah, M. Pd. I.
Kami menyadari dalam pembuatan makalah ini masih terdapat banyak kekurangan, dari segi cara penulisan maupun penyusunannya. Untuk itu kami mohon maaf sebesar-besarnya. Dan kami juga sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun, agar pada pembuatan makalah selanjutnya kami bisa melakukannya dengan lebih baik lagi.
Wassalamualaikum Wr. Wb.


Kuala Kapuas,     Februari  2013
                                   

Penyusun



DAFTAR ISI

HALAMAN SAMPUL  .........................................................................................................       i
KATA PENGANTAR  ...........................................................................................................      ii
DAFTAR ISI  .........................................................................................................................     iii
BAB   I      PENDAHULUAN
A.      Latar  Belakang  ............................................................................................      1
B.       Rumusan  Masalah  .......................................................................................      1
C.       Tujuan  Penulisan  .........................................................................................      1
D.      Ruang  Lingkup  Penulisan  ..........................................................................      1
BAB   II    PEMBAHASAN
A.      Sumber-sumber Pendidikan Islam Berupa Wahyu.........................................      2
B.       Sumber-Sumber Pendidikan Islam Berupa Penalaran dan Pengembangan
Ilham..............................................................................................................      3
BAB   III   PENUTUP
A.      Kesimpulan  ...................................................................................................      5
B.       Saran – Saran  ................................................................................................      5
DAFTAR PUSTAKA  ............................................................................................................      6

BAB  I

PENDAHULUAN

A.    LATAR  BELAKANG
Dalam agama, agar hambanya mampu memikul amanah yang dikehendaki Allah swt, maka pendidikan Islam harus dimaknai secara rinci. Karena itu, keberadaan referensi atau sumber pendidikan Islam harus merupakan sumber utama Islam itu sendiri yaitu Al-Qur’an dan As- Sunnah. Namun  sumber-sumber pendidikan Islam tidaknya sebatas wahyu. Hal ini akan dibahas lebih lanjut pada bab selanjutnya.

B.       RUMUSAN  MASALAH
Berdasarkan latar belakang di atas, penulis merumuskan beberapa masalah yang akan dijadikan pokok pembahasan dalam penulisan makalah ini, diantaranya :
1.    Apa sumber pendidikan Islam berupa wahyu ?
2.    Apa sumber pendidikan Islam berupa penalaran dan pengalaman ilham ?

C.       TUJUAN  PENULISAN
Makalah ini adalah sebuah tulisan yang disusun dan direncanakan oleh penulis. Hal ini menunjukkan bahwa adanya tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan makalah ini yakni :
1.    Untuk mengetahui dan mempelajari tentang sumber pendidikan Islam berupa wahyu.
2.    Untuk mengetahui dan mempelajari tentang sumber  pendidikan Islam berupa penalaran dan pengalaman ilham. 

D.      RUANG LINGKUP PENULISAN
Dalam pembuatan makalah ini, lingkup pembahasannya meliputi :
1.    Lingkup pembahasan makalah difokuskan pada pembahasan tentang Sumber-Sumber Pendidikan Islam, Penalaran dan Pengalaman Ilham dan Wahyu.
2.    Lingkup waktu yang diberikan dalam pembuatan makalah ini selama 2 minggu.

  


BAB  II
PEMBAHASAN

A.      SUMBER – SUMBER  PENDIDIKAN ISLAM BERUPA WAHYU
1.      Al-Qur’an
Al-Qur'an adalah kalamullah yang diturunkan kepada nabi Muhammad saw, dalam bahasa Arab yang dinukilkan kepada generasi sesudahnya secara mutawattir, membacanya berupa ibadah, tertulils dalam mushaf, dimulai dari surat Al-fatihah dan ditutup dengan surat An-Naas.
Kedudukan Al-Qur'an dalam kehidupan seorang muslim sangat agung dan tinggi. Ia  adalah sumber utama dalam semua segi kehidupannya, Al-Qur'an mengatur hubungan antara manusia dengan Tuhannya, dirinya, alam sekitar, keluarga, tetangga, sesama muslim, non muslim, dan antar negara. Sehingga tidak ada satupun sisi kehidupan yang tidak dijelaskan oleh Al-Qur'an.
Sudah seharusnya seorang muslim menjadikan Al-Qur'an sebagai sumber dalam melakukan proses pendidikan Islam. Karena sebagai seorang muslim, ia tidak bisa dipisahkan dari misi utama diutusnya seorang Rasul yang membacakan kepadanya ayat Al-Qur'an sebagaiman yang tercantum dalam Al-Baqarah ayat 151 :
“Sebagaimana (kami telah menyempurnakan nikmat Kami kepadamu) Kami telah mengutus kepadamu Rasul diantara kamu yang membacakan ayat-ayat Kami kepada kamu dan mensucikan kamu dan mengajarkan kepadamu Al kitab dan Al-Hikmah, serta mengajarkan kepada kamu apa yang belum kamu ketahui.”
Sehingga salah satu output yang dihasilkan dalam pendidikan Islam yakni ilmu, dimana Al-Qur'an sangat menghormati ilmu dan pemiliknya dan telah menjadikan ilmu sebagai salah satu dari tiang fundamental utama dari upaya membangun kebesaran masyarakat-masyarakat manusia.
Itulah sebabnya ada perbedaan yang mencolok antara masyarakat yang terdidik dengan pendidikan Islam yang berpondasikan taujih robbani melalui Al-Qur'an dan masyarakat yang tidak mengenal sama sekali panduan Al-Qur'an. Lihatlah betapa masyarakat Barat menganggap bahwa minum-minuman keras adalah kepuasan yang sangat dinikmati. Bermain judi sambil minum-minuman, menari, berdansa, hubungan bebas, membuka aurat bermain music yang tidak ada batas moral dan etika. Dalam etika teknologi yang tinggi, mereka meledakkan bom nuklir dengan tidak memiliki standar moral yang mengakibatkan terbunuhnya jutaan manusia yang tidak berdosa. 


Al-Qur'an menjadi sumber pendidikan Islam dikarenakan beberapa alasan, yakni :
a.       Al-Qur'an sumber pendidikan Rasul dan sahabat
Tidak diragukan lagi bahwa keberadaan Al-Qur'an telah mempengaruhi sistem pendidikan Rasulullah dan para sahabat. Lebih-lebih ketika Aisyah menegaskan bahwa akhlaq beliau adalah Al-Qur'an, karena kehidupan Rasulullah tidak terlepas dari tuntunan Al-Qur'an. Begitu pula para sahabat yang ikut mengamalkan dan mempelajari Al-Qur'an 
b.      Al-Qur'an sumber yang edukatif
Kelebihan Al-Qur'an diantaranya terletak pada metode yang menakjubkan dan unik sehingga dalam konsep pendidikan yang terkandung didalamnya, Al-Qur'an mampu menciptakan individu yang beriman dan senantiasa mengesakan Allah swt, serta mengimani hari akhir. Al-Qur'an telah memberikan kepuasan penalaran yang sesuai dengan kesederhanaan dan fitrah manusia tanpa unsur paksaan dan disertai dengan pengutamaan afeksi dan emosi manusiawi.
c.       Al-Qur'an  membangun peradaban manusia
Dalam sejarah pendidikan manusia, ketika para pelaku dan pemerhati pendidikan tidak menjadiakan Al-Qur'an sebagai sumber pendidikan Islam, kemajuan yang dihasilkan tidak signifikan dan cenderung stagnan. Tetapi di saat kaum muslimin menjadikan Al-Qur'an sebagai sumber utama pendidikan Islam, maka mereka dengan cepat telah mampu membangun peradaban manusia yang bukan hanya orang Islam saja yang menikmatinya, tetapi orang nonmuslim pun bangga dengan keberhasilan itu
2.      As-sunnah
Setelah Al-Qur'an, pendidikan Islam menjadikan As-sunnah sebagai dasar dan sumber kurikulumnya. Pada hakikatnya, keberadaan sunnah ditunjukkan untuk mewujudkan 2 sasaran, yakni :
a.    Menjelaskan apa yang terdapat di dalam Al-Qur'an.
b.   Menjelaskan syariat dan pola perilaku
Dalam dunia pendidikan, As-Sunnah memiliki dua manfaat pokok yakni As-sunnah mampu menjelaskan konsep dan kesempurnaan pendidikan Islam sesuai dengan konsep Al-Qur'an; serta As-sunnah dapat menjadi cont\oh yang tepat. Dalam penentuan metode pendidikan.

B.     SUMBER – SUMBER  PENDIDIKAN ISLAM BERUPA PENALARAN DAN PENGALAMAN ILHAM
1.      Jalan Hidup Salafus Sholih
Mereka merupakan sebaik-baik umat dalam mengikuti sunnah Rasul, yang dapat kita ambil ilmu dan pelajaran hidupnya dan mengambil dari mereka berbagai cara dan langkah dalam mendidik anak-anak mereka di atas keimanan kepada Allah swt dan Rasul-Nya serta bagaimana kondisi anak-anak mereka.
2.      Ilmu dan Ulama
Ilmu merupakan menara jalan bagi calon penghuni surga , teman kala kesepian petunjuk saat hati gundah dan bahagia, serta senjata ampuh untuk melawan musuh. Allah swt mengangkat kaum dengan ilmu hingga menjadi panutan dan perbuatan mereka diikuti.  Sedangkan para ulama adalah ahli waris para Nabi. Maka hendaklah para pendidik membiasakan bertanya tenntang hukum Allah swt, dan membiasakan anak-anaknya bermulazamah, menghargai dan menghormati para ulama, bersikap rendah hati dan sopan kepada mereka serta bersegera memberi bantuan dan pelayanan pada mereka.
3.      Bersanding dengan Orang-Orang Shalih
Ini adalah sumber penting dalam pendidikan Islam anak-anak kita. Nabi saw memerintahkan agar pandai-pandai memilih teman bagi anak-anak kita. Teman yang baik adalah nikmat yang agung, sebab ia akan selalu mengingatkanmu kepada Allah swt ketika kamu lupa, membantumu ketika sedang berdzikir, menolong ketika kau perlu.



BAB  III
PENUTUP

A.      KESIMPULAN
Dalam agama, agar hambanya mampu memikul amanah yang dikehendaki Allah swt, maka pendidikan Islam harus dimaknai secara rinci. Karena itu, keberadaan referensi atau sumber pendidikan Islam harus merupakan sumber utama Islam itu sendiri yaitu Al-Qur’an dan As- Sunnah. Sumber-sumber pendidikan Islam tersebut yakni :
Sumber – sumber  pendidikan islam berupa wahyu yakni : Al-Qur’an dan As-sunnah. Sedangkan sumber – sumber  pendidikan islam berupa penalaran dan pengalaman ilham yakni : jalan hidup salafus sholih, ilmu dan ulama, dan bersanding dengan orang-orang shalih.

B.        SARAN-SARAN
1.      Hendaknya seorang guru memahami tentang sumber-sumber pendidikan Islam.
2.      Hendaknya kita menggunakan sumber-sumber pendidikan Islam dengan baik untuk memberikan pelajaran kepada anak didik.



DAFTAR  PUSTAKA

http://sutisna. com/ilmu-al-quran/al-Al-Qur'an-dan-wahyu/

No comments:

Post a Comment