1.
MEDIA SUARA/AUDIO (RADIO)
Media suara atau audio identik
dengan media radio yang memang pendengarnya hanya bisa menikmati suara saja
tanpa ada visualisasi ataupun teks.
Kelebihan Media suara atau audio
(Radio) adalah: a) dalam hal penyampaian informasi atau berita lebih cepat
bahkan bisa saat itu juga. b) Biasanya media ini bisa dinikmati sambil
melakukan aktifitas yang lainnya. Jadi pendengar tidak harus memantau di depan
radio, tetapi bisa menemani aktifitas pendengarnya di mana pun. c) Biaya
produksi ataupun biaya yang diperlukan khalayak untuk mendengarkan radio
relatif murah, bahkan bisa di dengar tanpa menggunakan listrik tetapi
menggunakan baterai. Hal inilah mengapa sampai sekarang radio masih digemari
oleh khalayak apalagi yang ada di pedesaan. d) Pendengar yang buta huruf pun
bisa memahami apa yang disampaikan oleh siaran radio. Jadi khalayak yang tidak
berpendidikan pun bisa menikmati media ini, berbeda dengan koran yang memang
khalayaknya harus bisa membaca. e) Bahasa yang digunakan bersifat bahasa tutur,
jadi mudah dimengerti oleh pendengarnya. f) Pendengar tidak terbatas baik dari
segi umur, pendidikan, wilayah dan sebagainya. Meskipun sekarang sudah banyak
radio yang tersegmentasi.
Adapun untuk kekurangan Media suara
atau audio ( Radio ) adalah: a) informasi yang disampaikan hanya sekilas
dan tidak bisa diulang, jadi pendengar tidak bisa mengerti secara detail
tentang berita yang disampaikan, karena memang bahasanya sederhana dan tidak
didukung oleh visualisasi. Pendengar hanya bisa membayangkan saja. b) Jumlah
berita yang disampaikan oleh radio terbatas, tidak sebanyak media cetak(
koran). Dalam waktu satu jam mungkin hanya tersaji 2 atau 3 berita, itu pun
berita yang paling penting dan sensasional. c) Karena radio penyebarannya
melalui alat pemancar, maka khalayak pun juga hanya bisa menikmati radio selama
terjangkau oleh daya pancar radio tersebut. Apalagi kalau cuaca yang kurang
baik biasanya radio agak melemah daya pancarnya. Sehingga khalayak yang jauh
tidak bisa menikmati siaran radio. d) Saat mendengarkan berita di radio kita
harus mengikuti jadwal atau waktu dimana radio tersebut akan menyajikan siaran
berita.
2. MEDIA TULISAN/ TEKS (KORAN, MAJALAH)
Media yang mengandalkan tulisan atau
teks biasanya identik dengan koran, majalah, tabloid dan lain sebagainya yang
berasal dari proses pencarian berita,pengumpulan berita, pengolahan berita
(editing) , percetakan dan sampai pada proses distribusi kepada khalayak.
Kelebihan media cetak (koran atau
majalah) adalah:a) Karena media ini cetak ini hasilnya adalah berupa tulisan
atau teks maka media ini bisa disimpan dan bisa di baca berulang- ulang. Di
saat pembaca ingin lebih memahami isi berita, maka pembaca bisa mengulang –
ulang membacanya.b) Selain itu juga bisa dikumpulkan dan dibuat kliping.
Terutama mengenai sebuah berita yang fenomenal ataupun berita- berita yang
dianggap menarik.c) Biasanya informasi di dalamnya lebih jelas dan mampu
menjelaskan hal- hal yang bersifat kompleks ataupun investigatif. Terkadang
disertai gambar atau foto yang lebih memperjelas isi berita yang ditampilkan.
Dan ada kalanya bila berita tersebut bersifat continue maka ada sedikit
pengulangan mengenai berita sebelumnya, sehingga pembaca benar- benar mengerti
dan faham tentang isi dan alur berita tersebut.d) Jika dilihat dari harganya,
media cetak bisa di dapat oleh khalayak dengan harga yang cukup murah. Karena
dengan biaya yang cukup murah kita bisa mendapatkan informasi yang lebih banyak.
Misalnya koran Jawa Pos, dengan harga Rp. 4.000 kita bisa mendapatkan informasi
atau berita sebanyak 30an halaman berbeda dengan media lain yang terbatas. Ini
yang lebih membedakan antara media cetak dengan media elektronik( baik radio
maupun televisi).e) Bahkan kita bisa memilih berita mana yang ingin kita baca
terlebih dahulu,misal tentang politik,ekonomi,olahraga atau yang lainnya. Jadi
tidak ada keharusan untuk menyimak informasi satu per satu atau tidak harus
berurutan.
Untuk kekurangan dari media cetak
adalah:a) Media cetak lebih lambat penyampaian beritanya daripada media- media
yang lain. Karena memang harus melewati proses yang panjang sampai di tangan
khalayak. Bahkan berita yang terjadi hari ini baru bisa diterima oleh khalayak
pada hari esoknya.b) Selain itu media cetak hanya terbatas pada tulisan atau
teks saja meskipun beberapa di dukung oleh foto atau gambar, sehingga pembaca
harus memahami sendiri berita tersebut karena memang visualisasi yang
terbatas. c) Untuk biaya produksi media cetak tergolong mahal, karena
media cetak harus dicetak dan didistribusikan sebelum dapat dinikmati
masyarakat. Biaya percetakan dan pendistribusian itulah yang tergolong mahal.
3. MEDIA GAMBAR / FOTO
media gambar / foto tergolong media
yang sering digunakan untuk lebih memeperjelas atau mengabadikan sebuah
peristiwa dan kejadian. Bahkan sebuah berita terasa kurang jika tidak
dilengkapi gambar atau foto.
Kekurangan dari media gambar atau
foto ini adalah:Media Ini tidak akan jelas jika tidak diberi penjelasan yang
detail,baik dari segi waktu(hari, tanggal) atau segi kuantitas. Misalkan foto
atau gambar tentang bencana alam, maka dari gambar tersebut khalayak tidak tahu
peristiwa tersebut terjadi hari apa tanggal berapa ataupun jumlah korban
berapa. Karena tidak tertulis di situ, dan gambar biasanya hanya menampilkan
suasana perwakilan dari seluruh kejadian yang terjadi. Jadi gambar tidak bisa
terbaca dengan detail jika tidak di dukung dengan teks atau tulisan. Gambar
biasanya lebih menarik daripada tulisan dan mudah di ingat oleh khalayak yang
melihatnya.
Sedangkan kelebihan dari gambar atau
foto adalah mendukung atau lebih memperjelas dari teks atau tulisan. Dengan
adanya gambar atau foto, paling tidak pembaca media cetak bisa mengetahui
keadaan atau kejadian tersebut meskipun tidak secara menyeluruh. Selain itu,
gambar atau foto biasanya dimaknai oleh khalayak dengan berbeda- beda. Sehingga
menimbulkan pemahaman yang berbeda pula antara khalayak yang satu dengan yang
lainnya. Kadang juga bersifat ambigu, dimana maksud dari pemotret atau
pengambil gambar berbeda dengan yang melihat foto atau gambar tersebut.
4. MEDIA AUDIO VISUAL/ VIDEO (TELEVISI)
Media audio visual atau video
(Televisi) merupakan media yang sekarang sedang digemari oleh khalayak. Dengan
tayangan yang begitu jelas, khalayak bisa melihatnya atau memantaunya ber jam-
jam. Acara dalam televisisi pun biasanya dikemas semenarik mungkin sehingga
khalayak dari semua kalangan baik anak- anak maupun dewasa semua menggemari.
Adapun kelebihan dari media audio
visual (televisi) ini adalah:a) tidak hanya disajikan dalam bentuk suara , tapi
televisi juga didukung oleh video yang menarik perhatian penonton. Jadi di saat
pembaca berita (newscaster) membacakan sebuah berita , penonton bisa lebih
jelas karena di dukung dengan adanya video yang ditayangkan. b) Televisi
bisa menyajikan laporan langsung dari tempat kejadian dan penonton langsung
bisa mengetahui situasi dan keadaan di tempat kejadian perkara (TKP), ini juga
yang menjadikan media televisi lebih menarik dari media lainnya. Dan khalayak
bisa lebih paham dan mengerti maksud berita yang dimaksud.c) Bahasa yang
digunakan pada media televisi juga bahasa tutur seperti halnya media audio atau
radio.
Untuk kekurangan dari media televisi
adalah:a) Produksi media televisi masih tergolong mahal, baik dari peralatan
dan skill dari SDM nya pun juga harus yang benar- benar mengetahui tentang
televisi. Belum lagi untuk biaya operasional media ini cukup mahal.b) Proses
penyampaian berita ke masyarakat ada kalanya membutuhkan waktu lama karena
harus melewati proses pengambilan gambar, editing dan baru bisa disiarkan ke
khalayak.
Beberapa
kelebihan media audio visual pembelajaran sama dengan pengajaran audio visual,
yaitu.
a.
Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis (dalam
bentuk kata-kata, tertulis atau lisan belaka)
b.
Mengatasi perbatasan ruang, waktu dan daya indera, seperti:
1. Objek
yang terlalu besar digantikan dengan realitas, gambar, film bingkai, film atau
model.
2. Obyek
yang kecil dibantu dengan proyektor micro, film bingkai, film atau gambar.
3. Gerak
yang terlalu lambat atau terlalu cepat dapat dibantu dengan tame lapse atau
high speed photografi
4. Kejadian
atau peristiwa yang terjadi masa lalu bisa ditampilkan lagi lewat rekaman
film,video, film bingkai, foto maupun secara verbal
5. Obyek
yang terlalu kompleks (mesin-mesin) dapat disajikan dengan model, diagram, dan
lain-lain.
6. Konsep
yang terlalu luas (gunung berapi, gempa bumi, iklim dll) dapat divisualkan
dalam bentuk film,film bingkai, gambar,.
7. Media
audio visual bisa berperan dalam pembelajaran tutorial.
Di dalam
media audio-visual mempunyai beberapa kelemahan yaitu:
a. Terlalu
menekankan pentingnya materi ketimbang proses pengembangannya dan tetap
memandang materi audio-visual sebagai alat Bantu guru dalam mengajar.
b. Terlalu
menekankan pada penguasaan materi dari pada proses pengembangannya dan tetap
memandang materi audio visual sebagai alat Bantu guru dalam proses
pembelajaran. Media yang beoriantsi pada guru sebernarnya
c. Media
audio visual cenderung menggunakan model komunikasi satu arah.
d. Media
audio-visual tdak dapat digunakan di mana saja dan kapan saja, karena media
audio-visual cenderung tetap di tempat.
Kelebihan Media Audio
Kelebihan Media
Audio , Sadiman ( 2005 : 50 ) , adalah :
· Harga murah dan variasi program lebih banyak dari
pada TV.
· Sifatnya mudah untuk dipindahkan.
· Dapat digunakan bersama – sama dengan alat perekam
radio, sehingga dapat diulang atau diputar kembali.
· Dapat merangsang partisifasi aktif pendengaran siswa, serta
dapat mengembangkan daya imajinasi seperti menulis, menggambar dan sebagainya.
· Dapat memusatkan perhatian siswa seperti membaca
puisi, sastra, menggambar musik dan bahasa
Kelebihan lainnya dari Media Audio, Sadiman ( 2005
: 51 ) , yaitu :
· Dapat menggantikan Guru dengan lebih baik, misalnya
menghadirkan ahli dibidang – bidang tertentu, sehingga kelemahan guru dalam
mengajar
tergantikan.
· Pelajaran lewat radio bisa lebih bermutu baik dari
segi ilmiah maupun metodis. Ini mengingat Guru kita terkadang jarang mempunyai
waktu yang luang dan sumber untuk mengadakan penelitian.
· Dapat menyajikan laporan seketika, karena biasanya
siaran – siaran yang aktual itu dapat memberikan kesegaran pada sebagian besar
topik.
· Dapat mengatasi keterbatasan ruang dan waktu.
Kelebihan
Media Audio, Arsyad ( 2003 : 45 ) , adalah :
· Merupakan peralatan yang
sangat murah dan lumrah
sehingga mudah
·
dijangkau oleh masyarakat.
· Rekaman dapat digandakan untuk
keperluan perorangan sehingga isi pesan
·
dapat berada ditempat secara
bersamaan.
· Merekam peristiwa
atau isi pelajaran
untuk digunakan
kemudian.
· Rekaman dapat digunakan sendiri sebagai alat
diagnosis guna untuk membantu meningkatkan keterampilan
membaca,
mengaji
dan berpidato.
· Dalam pengoperasiannya relatif sangat
mudah.
Kekurangan Media Audio, Arsyad( 2003 : 46 ) , adalah
:
·
Dalam suatu rekaman sulit menemukan
lokasi suatu pesan atau informasi, jika pesan atau informasi tersebut berada
ditengah – tengah pita, apalagi jika radio, tape tidak memiliki angka – angka
penentuan putaran.
·
Kecepatan rekaman dan pengaturan
trek yang bermacam – macam menimbulkan kesulitan untuk memainkan kembali
rekaman yang direkam pada suatu mesin perekam yang berbeda.
Sedangkan menurut Rivai (
2005 : 131 ) penggunaan Media Audio dalam dunia pengajaran memiliki
kekurangan antara lain :
·
Memerlukan
suatu pemusatan pada suatu pengalaman yang tetap dan tertentu, sehingga
pengertiannya harus didapat dengan cara belajar khusus.
·
Media Audio yang menampilkan symbol
digit dan analog dalam bentuk auditif adalah abstrak, sehingga pada hal – hal
tertentu memerlukan bantuan pengalaman visual.
·
Karena abstrak,
tingkatan pengertiannya hanya bisa dikontrol melalui tingkatan penguasaan
pembendaharaan kata – kata atau bahasa, serta
susunan kalimat.
·
Media ini hanya akan
mampu melayani secara baik bagi mereka yang sudah
mempunyai kemampuan dalam berfikir abstrak.
·
Penampilan melalui ungkapan perasaan atau symbol analog lainnya dalam bentuk
suara harus disertai dengan perbendaharaan pengalaman analog tersebut
pada si penerima. Bila tidak bisa maka akan terjadi kesalah
pahaman.
No comments:
Post a Comment