MAKALAH
Pilar – Pilar Pendidikan
Islam
Dosen Pembimbing : Siti
Rofingah, M. Pd. I
Disusun oleh : Kelompok II
Anggota :
1)
Norma Yunita
2)
Sartinah
3)
Yabani
4)
Siti Mariam
5)
Humai Ratun Nisa
Lokal / Semester : G
/ IV (Empat)
Mata Kuliah : Filsafat Pendidikan
Islam
Sekolah Tinggi Agama Islam
(STAI)
Kuala Kapuas
2013
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum
Wr. Wb
Alhamdulillah segala
puji dan syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufiq serta
hidayah-Nya kepada kita semua. Shalawat serta salam tak lupa pula kami berikan
kepada junjungan Nabi besar Muhammad Saw. Beserta keluarga, sahabat, kerabat,
dan pengikut beliau hingga akhir zaman nanti.
Alhamdulillah pada kali
ini, kami dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul Tes
“t” (“t” Test) dan Tes “Kai Kuadrat” (“Chi Square” Test) Sebagai Teknik
Analisis Komarasional Bivariat , sesuai
dengan waktu yang telah ditentukan oleh dosen pembimbing. Tentunya pembuatan
makalah ini bertujuan untuk menambah wawasan para mahasiswa (i) STAI Kuala
Kapuas, serta melengkapi tugas mata kuliah Statistik
Pendidikan yang dibimbing oleh Bapak
H. Junaidi, S.Km. M. Kes. M.Ap.
Kami menyadari dalam
pembuatan makalah ini masih terdapat banyak kekurangan, dari segi cara
penulisan maupun penyusunannya. Untuk itu kami mohon maaf sebesar-besarnya. Dan
kami juga sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun, agar pada
pembuatan makalah selanjutnya kami bisa melakukannya dengan lebih baik lagi.
Wassalamualaikum Wr.
Wb.
Kuala Kapuas,
Februari 2013
Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN
SAMPUL ......................................................................................................... i
KATA
PENGANTAR ........................................................................................................... ii
DAFTAR
ISI ......................................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang ............................................................................................ 1
B.
Tujuan
Penulisan ......................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN
PILAR
– PILAR PENDIDIKAN ISLAM ....................................................... 2
BAB III PENUTUP
A.
Kesimpulan
................................................................................................... 4
B.
Saran
– Saran ................................................................................................ 4
DAFTAR PUSTAKA
............................................................................................................ 5
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Pendidikan adalah proses
dimana seseorang belajar dari orang dewasa untuk mendewasakan dirinya. Tanpa
adanya pendidikan, mungkin orang tidak dapat mengembangkan berbagai ilmu dan
pengetahuan seperti saat ini, bahkan saat tertinggal.
Tentunya semua
pendidikan dari umum, pengetahuan, dan agama memiliki pilar atau penopang yang
menjadi sandaran bagi pendidikan itu sendiri. Begitu pula pendidikan Islam
memiliki pilar-pilar yang menjadi penopang dan melindungi pendidikan Islam itu
sendiri dari faham-faham baru yang membawa pada kesesatan.
B.
RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang di atas,
penulis merumuskan beberapa masalah yang akan dijadikan pokok pembahasan dalam
penulisan makalah ini, diantaranya :
1. Apa
saja pilar-pilar pendidikan Islam ?
C.
TUJUAN PENULISAN
Makalah ini adalah sebuah tulisan yang
disusun dan direncanakan oleh penulis. Hal ini menunjukkan bahwa adanya tujuan
yang ingin dicapai dalam penulisan makalah ini yakni :
1. Untuk
mengetahui dan mempelajari tentang pilar-pilar pendidikan Islam.
D.
RUANG LINGKUP PENULISAN
Dalam pembuatan makalah ini, lingkup
pembahasannya meliputi :
1. Lingkup
pembahasan makalah difokuskan pada pembahasan tentang pilar-pilar pendidikan
Islam.
2. Lingkup
waktu yang diberikan dalam pembuatan makalah ini selama 2 minggu.
No comments:
Post a Comment