Monday, June 6, 2016

Konsep Pendidikan Az-Zurnuji dan Ibnu Taimiyah Menurut Tujuan Pendidikan dan Metode Pembelajaran



MAKALAH
Konsep Pendidikan Az-Zurnuji dan Ibnu Taimiyah Menurut Tujuan Pendidikan dan Metode Pembelajaran
Dosen Pembimbing    :   Siti Rofingah,  M. Pd. I
Disusun oleh             :   Kelompok   VII
Anggota                    :  
1)       Saivullah  
2)       Muhammad   Nor
3)       Saripudin  Mas  Jaya
4)       Rahman
5)     Edy  Rahmat
Lokal / Semester       :   G / IV  (Empat)
Mata Kuliah            :   Filsafat  Pendidikan  Islam

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI)
Kuala Kapuas
2013
KATA PENGANTAR


Assalamualaikum Wr. Wb
Alhamdulillah segala puji dan syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufiq serta hidayah-Nya kepada kita semua. Shalawat serta salam tak lupa pula kami berikan kepada junjungan Nabi besar Muhammad Saw. Beserta keluarga, sahabat, kerabat, dan pengikut beliau hingga akhir zaman nanti.
Alhamdulillah pada kali ini, kami dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul “Konsep Pendidikan Az-Zurnuji dan Ibnu Taimiyah Menurut Tujuan Pendidikan dan Metode Pembelajaran”, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh dosen pembimbing. Tentunya pembuatan makalah ini bertujuan untuk menambah wawasan para mahasiswa (i) STAI Kuala Kapuas, serta melengkapi tugas mata kuliah Filsafat Pendidikan Islam yang dibimbing oleh Ibu Siti Rofingah, M. Pd. I.
Kami menyadari dalam pembuatan makalah ini masih terdapat banyak kekurangan, dari segi cara penulisan maupun penyusunannya. Untuk itu kami mohon maaf sebesar-besarnya. Dan kami juga sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun, agar pada pembuatan makalah selanjutnya kami bisa melakukannya dengan lebih baik lagi.
Wassalamualaikum Wr. Wb.


Kuala Kapuas,     Februari  2013
                                   

Penyusun


DAFTAR ISI

HALAMAN SAMPUL  .........................................................................................................       i
KATA PENGANTAR  ...........................................................................................................      ii
DAFTAR ISI  .........................................................................................................................     iii
BAB   I      PENDAHULUAN
A.      Latar  Belakang  ............................................................................................      1
B.       Rumusan  Masalah  .......................................................................................      1
C.       Tujuan  Penulisan  .........................................................................................      1
D.      Ruang  Lingkup  Penulisan  ..........................................................................      1
BAB   II    PEMBAHASAN
A.      Konsep Pendidikan Az-Zurnuji ....................................................................      2
B.       Konsep Pendidikan Ibnu Taimiyah ...............................................................      3
BAB   III   PENUTUP
A.      Kesimpulan  ...................................................................................................      4
DAFTAR PUSTAKA  ............................................................................................................      5

BAB  I

PENDAHULUAN

A.    LATAR  BELAKANG
Sebuah pendidikan memerlukan konsep-konsep tentang pendidikan itu sendiri. Termasuk pendidikan Islam, juga memerlukan konsep. Konsep ini dapat dari pendapat para tokoh diantaranya Az-Zurnuji dan Ibnu Taimiyah. Konsep ini akan mendukung keberhasilan dari sebuah proses belajar mengajar dalam pendidikan Islam.

B.       RUMUSAN  MASALAH
Berdasarkan latar belakang di atas, penulis merumuskan beberapa masalah yang akan dijadikan pokok pembahasan dalam penulisan makalah ini, diantaranya :
1.    Bagaimana konsep pendidikan Islam menurut Az-Zurnuji ?
2.    Bagaimana konsep Pendidikan Islam menurut Ibn Taimiyah ?

C.       TUJUAN  PENULISAN
Makalah ini adalah sebuah tulisan yang disusun dan direncanakan oleh penulis. Hal ini menunjukkan bahwa adanya tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan makalah ini yakni :
1.    Untuk mengetahui dan mempelajari tentang pendidikan Islam menurut Az-Zurnuji.
2.    Untuk mengetahui dan mempelajari tentang pendidikan Islam menurut Ibn Taimiyah. 

D.      RUANG LINGKUP PENULISAN
Dalam pembuatan makalah ini, lingkup pembahasannya meliputi :
1.    Lingkup pembahasan makalah difokuskan pada pembahasan tentang Konsep Pendidikan Az-Zurnuji dan Ibnu Taimiyah menurut Tujuan Pendidikan dan Metode Pembelajaran.
2.    Lingkup waktu yang diberikan dalam pembuatan makalah ini selama 2 minggu.

  


BAB  II
PEMBAHASAN

A.      KONSEP PENDIDIKAN AZ-ZARNUJI
Nama lengkapnya adalah Burhanuddin Al-Islam Azzarnuji.  Belum ada kepastian dari para ulama kapan lahirnya Azzarnuji. Sedangkan wafatnya memiliki dua versi yakni : Pertama, wafat tahun 591 H / 1195 M, Kedua 840 H / 1243 M.
Konsep yang dikemukakan Azzarnuji secara monumental dituangkan dalam karyanya Ta’lil Al-Muta’allim Thuruq Al-Ta’allum. Diantaranya membahas tentang yakni :
1.      Tujuan Pendidikan
Azzarnuji mengatakan bahwa tujuan belajar atau pendidikan Islam adalah untuk mencari keridhaan Allah swt, memperoleh kebahagiaan di dunia dan di akhirat, berusaha memerangi kebodohan pada diri sendiri dan orang lain, mengembangkan dan melestarikan ajaran Islam dan mensyukuri nikmat Allah swt. Karena Islam itu dapat lestari, kalau pemeluknya berilmu. Zuhud dan takwa tidak sah tanpa disertai ilmu.
Jadi tujuan pendidikan menurut Azzarnuji sebenarnya tidak hanya untuk akhirat (ideal), tetapi juga tujuan keduniaan (praktis), asalkan tujuan keduniaan ini sebagai instrumen pendukung tujuan-tujuan keagamaan.
Tujuan-tujuan pembelajaran yang bersifat individual yakni menghilangkan kebodohan dari dalam diri pelajar, mencerdaskan akal, mensyukuri nikmat akal dan kesehatan badan. Karena dengan tiga hal ini akan dapat mempengaruhi perubahan tingkah laku, aktivitas dan akan dapat menikmati kehidupan dunia dan menuju akhirat.
Tujuan-tujuan sosial yakni pelajar mencari ilmu untuk menghilangkan kebodohan dari anggota masyarakat (mencerdaskan masyarakat), menghidupkan nilai-nilai agama, dan melestarikan agama Islam.  Karena dengan tiga tujuan tersebut berkaitan dengan kehidupan masyarakat sebagai keseluruhan, dengan tingkah laku masyarakat pada umumnya. Dari tujuan-tujuan sosial ini, Azzarnuji melihat bahwa keshalehan dan kecerdasan itu tidakk hanya shaleh dan cerdas untuk diri sendiri, tetapi juga mampu mentransformasikannya ke dalam kehidupan bermasyarakat.
Tujuan professional berhubungan dengan tujuan seseorang mencapai ilmu itu ialah menguasai ilmu yang berimplikasi pada pencapaian kedudukan. Namun kedudukan yang telah dicapai itu adalah dengan tujuan kemashalatan umat secara keseluruhan. Memperoleh kedudukan di masyarakat harus dengan ilmu, dan menguasainya. Baik tujuan individu, sosial, dan professional haruslah atas dasar memperoleh keridhaan Allah swt dan kebahagiaan akhirat.


2.      Metode Pembelajaran
Dalam kitabnya, Azzarnuji menjelaskan bahwa metode pembelajaran meliputi dua kategori yakni
a.       Metode yang bersifat etik mencakup niat dalam belajar.
b.      Metode bersifat teknik strategi meliputi :
1)      Cara memilih pelajaran; bagi orang yang mencari ilmu sebaiknya mendahulukan memilih atau mempelajari ilmu yang dibutuhkan dalam urusan-urusan agamanya, seperti ilmu tauhid.  
2)      Cara memilih guru, sebaiknya memilih guru yang lebih alim, wara’ dan umurnya lebih tua.
3)      Cara memilih teman, mencari teman yang rajin, wara’, dan berwatak baik, mudah paham akan pelajaran, tidak malas, tidak banyak bicara, dan sebagainya.
4)      Langkah-langkah dalam belajar, Azzarnuji mengkhususkan pada aspek teknik pembelajaran.

B.       KONSEP PENDIDIKAN IBNU TAIMIYAH
Nama lengkapnya adalah Taqiyuddin Ahmad bin Abd al-Halim bin Taimiyyah, lahir di kota harran, Syiria pada tahun 661 H. Beliau wafat di Damaskus pada tahun 728.
Pemikiran Ibn Taimiyah dalam pendidikan salah satunya yakni tujuan pendidikan dan metode pengajaran :
1.      Tujuan Pendidikan
Menurut Ibnu Taimiyah, tujuan pendidikan dibagi menjadi dua hal yakni :
                            a.      Tujuan Individual
Pendidikan diarahkan pada pembentukan pribadi muslim yang baik, yaitu seorang yang berpikir, merasa dan bekerja pada berbagai lapangan kehidupan pada setiap waktu sejalan dengan apa yang diperintahkan Al-Qur'an dan As-sunnah.
                           b.      Tujuan Sosial
Pendidikan juga harus diarahkan pada terciptanya masyarakat yang baik yang sejalan dengan ketentuan Al-Qur'an dan As-Sunnah.
2.      Metode Pengajaran
Menurut Ibn Taimiyah pada garis besarnya, metode pengajaran dapat dibagi menjadi dua bagian yakni :
a.       At-Thoriqoh al-Islamiyah (metode ilmiyah). Ibn Taimiyah menamai metode ilmiyah karena dengan metode itulah akan dijumpai pemikiran yang lurus dalam memahami dalil, argument dan sebab-sebab yang menyampaikan pada ilmu.
b.      At-Thoriqoh al-Iradah. Ibn Taimiyah menamai metode ini karena metode ini yang mengantarkan seseorang pada pengalaman ilmu yang diajarkannya.

BAB  III
PENUTUP

A.      KESIMPULAN
Konsep yang dikemukakan Azzarnuji secara monumental dituangkan dalam karyanya Ta’lil Al-Muta’allim Thuruq Al-Ta’allum. Diantaranya membahas tentang yakni :
1.      Tujuan Pendidikan
Azzarnuji mengatakan bahwa tujuan belajar atau pendidikan Islam adalah untuk mencari keridhaan Allah swt, memperoleh kebahagiaan di dunia dan di akhirat, berusaha memerangi kebodohan pada diri sendiri dan orang lain, mengembangkan dan melestarikan ajaran Islam dan mensyukuri nikmat Allah swt. Karena Islam itu dapat lestari, kalau pemeluknya berilmu. Zuhud dan takwa tidak sah tanpa disertai ilmu.
2.      Metode Pembelajaran
Dalam kitabnya, Azzarnuji menjelaskan bahwa metode pembelajaran meliputi dua kategori yakni
c.       Metode yang bersifat etik mencakup niat dalam belajar.
d.      Metode bersifat teknik strategi meliputi : Cara memilih pelajaran, Cara memilih guru, Cara memilih teman, Langkah-langkah dalam belajar.
Pemikiran Ibn Taimiyah dalam pendidikan salah satunya yakni tujuan pendidikan dan metode pengajaran :
1.      Tujuan Pendidikan
Menurut Ibnu Taimiyah, tujuan pendidikan dibagi menjadi dua hal yakni : Tujuan Individual dan Tujuan Sosial
2.      Metode Pengajaran
Menurut Ibn Taimiyah pada garis besarnya, metode pengajaran dapat dibagi menjadi dua bagian yakni : At-Thoriqoh al-Islamiyah (metode ilmiyah) dan At-Thoriqoh al-Iradah



DAFTAR  PUSTAKA

No comments:

Post a Comment