MAKALAH
Konsep
Pendidikan Az-Zurnuji dan Ibnu Taimiyah Menurut Tujuan Pendidikan dan Metode
Pembelajaran
Dosen Pembimbing : Siti
Rofingah, M. Pd. I
Disusun oleh : Kelompok VII
Anggota :
1)
Saivullah
2)
Muhammad Nor
3)
Saripudin Mas Jaya
4)
Rahman
5)
Edy Rahmat
Lokal / Semester : G
/ IV (Empat)
Mata Kuliah : Filsafat Pendidikan
Islam
Sekolah Tinggi Agama Islam
(STAI)
Kuala Kapuas
2013
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum Wr. Wb
Alhamdulillah segala
puji dan syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufiq serta
hidayah-Nya kepada kita semua. Shalawat serta salam tak lupa pula kami berikan
kepada junjungan Nabi besar Muhammad Saw. Beserta keluarga, sahabat, kerabat,
dan pengikut beliau hingga akhir zaman nanti.
Alhamdulillah pada kali
ini, kami dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul “Konsep Pendidikan Az-Zurnuji dan
Ibnu Taimiyah Menurut Tujuan Pendidikan dan Metode Pembelajaran”, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh dosen
pembimbing. Tentunya pembuatan makalah ini bertujuan untuk menambah wawasan
para mahasiswa (i) STAI Kuala Kapuas, serta melengkapi tugas mata kuliah Filsafat
Pendidikan Islam yang dibimbing oleh Ibu
Siti Rofingah, M. Pd. I.
Kami menyadari dalam
pembuatan makalah ini masih terdapat banyak kekurangan, dari segi cara
penulisan maupun penyusunannya. Untuk itu kami mohon maaf sebesar-besarnya. Dan
kami juga sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun, agar pada
pembuatan makalah selanjutnya kami bisa melakukannya dengan lebih baik lagi.
Wassalamualaikum Wr.
Wb.
Kuala Kapuas,
Februari 2013
Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN
SAMPUL ......................................................................................................... i
KATA
PENGANTAR ........................................................................................................... ii
DAFTAR
ISI ......................................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang ............................................................................................ 1
B.
Rumusan
Masalah
....................................................................................... 1
C.
Tujuan
Penulisan ......................................................................................... 1
D.
Ruang
Lingkup Penulisan
.......................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN
A.
Konsep
Pendidikan
Az-Zurnuji .................................................................... 2
B.
Konsep
Pendidikan Ibnu Taimiyah ............................................................... 3
BAB III PENUTUP
A.
Kesimpulan
................................................................................................... 4
DAFTAR PUSTAKA
............................................................................................................ 5
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Sebuah
pendidikan memerlukan konsep-konsep tentang pendidikan itu sendiri. Termasuk
pendidikan Islam, juga memerlukan konsep. Konsep ini dapat dari pendapat para
tokoh diantaranya Az-Zurnuji dan Ibnu Taimiyah. Konsep ini akan mendukung
keberhasilan dari sebuah proses belajar mengajar dalam pendidikan Islam.
B.
RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang di atas,
penulis merumuskan beberapa masalah yang akan dijadikan pokok pembahasan dalam
penulisan makalah ini, diantaranya :
1. Bagaimana
konsep pendidikan Islam menurut Az-Zurnuji ?
2. Bagaimana
konsep Pendidikan Islam menurut Ibn Taimiyah ?
C.
TUJUAN PENULISAN
Makalah ini adalah sebuah tulisan yang
disusun dan direncanakan oleh penulis. Hal ini menunjukkan bahwa adanya tujuan
yang ingin dicapai dalam penulisan makalah ini yakni :
1. Untuk
mengetahui dan mempelajari tentang pendidikan Islam menurut Az-Zurnuji.
2. Untuk
mengetahui dan mempelajari tentang pendidikan Islam menurut Ibn Taimiyah.
D.
RUANG LINGKUP PENULISAN
Dalam pembuatan makalah ini, lingkup
pembahasannya meliputi :
1. Lingkup
pembahasan makalah difokuskan pada pembahasan tentang Konsep Pendidikan
Az-Zurnuji dan Ibnu Taimiyah menurut Tujuan Pendidikan dan Metode Pembelajaran.
2. Lingkup
waktu yang diberikan dalam pembuatan makalah ini selama 2 minggu.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
KONSEP
PENDIDIKAN AZ-ZARNUJI
Nama
lengkapnya adalah Burhanuddin Al-Islam Azzarnuji. Belum ada kepastian dari para ulama kapan
lahirnya Azzarnuji. Sedangkan wafatnya memiliki dua versi yakni : Pertama,
wafat tahun 591 H / 1195 M, Kedua 840 H / 1243 M.
Konsep
yang dikemukakan Azzarnuji secara monumental dituangkan dalam karyanya Ta’lil
Al-Muta’allim Thuruq Al-Ta’allum. Diantaranya membahas tentang yakni :
1. Tujuan Pendidikan
Azzarnuji
mengatakan bahwa tujuan belajar atau pendidikan Islam adalah untuk mencari
keridhaan Allah swt, memperoleh kebahagiaan di dunia dan di akhirat, berusaha
memerangi kebodohan pada diri sendiri dan orang lain, mengembangkan dan
melestarikan ajaran Islam dan mensyukuri nikmat Allah swt. Karena Islam itu
dapat lestari, kalau pemeluknya berilmu. Zuhud dan takwa tidak sah tanpa
disertai ilmu.
Jadi
tujuan pendidikan menurut Azzarnuji sebenarnya tidak hanya untuk akhirat
(ideal), tetapi juga tujuan keduniaan (praktis), asalkan tujuan keduniaan ini
sebagai instrumen pendukung tujuan-tujuan keagamaan.
Tujuan-tujuan
pembelajaran yang bersifat individual yakni menghilangkan kebodohan dari dalam
diri pelajar, mencerdaskan akal, mensyukuri nikmat akal dan kesehatan badan.
Karena dengan tiga hal ini akan dapat mempengaruhi perubahan tingkah laku,
aktivitas dan akan dapat menikmati kehidupan dunia dan menuju akhirat.
Tujuan-tujuan
sosial yakni pelajar mencari ilmu untuk menghilangkan kebodohan dari anggota
masyarakat (mencerdaskan masyarakat), menghidupkan nilai-nilai agama, dan
melestarikan agama Islam. Karena dengan
tiga tujuan tersebut berkaitan dengan kehidupan masyarakat sebagai keseluruhan,
dengan tingkah laku masyarakat pada umumnya. Dari tujuan-tujuan sosial ini,
Azzarnuji melihat bahwa keshalehan dan kecerdasan itu tidakk hanya shaleh dan
cerdas untuk diri sendiri, tetapi juga mampu mentransformasikannya ke dalam
kehidupan bermasyarakat.
Tujuan professional berhubungan
dengan tujuan seseorang mencapai ilmu itu ialah menguasai ilmu yang
berimplikasi pada pencapaian kedudukan. Namun kedudukan yang telah dicapai itu
adalah dengan tujuan kemashalatan umat secara keseluruhan. Memperoleh kedudukan
di masyarakat harus dengan ilmu, dan menguasainya. Baik tujuan individu,
sosial, dan professional haruslah atas dasar memperoleh keridhaan Allah swt dan
kebahagiaan akhirat.
2. Metode Pembelajaran
Dalam
kitabnya, Azzarnuji menjelaskan bahwa metode pembelajaran meliputi dua kategori
yakni
a. Metode yang bersifat etik mencakup
niat dalam belajar.
b. Metode bersifat teknik strategi
meliputi :
1) Cara memilih pelajaran; bagi orang
yang mencari ilmu sebaiknya mendahulukan memilih atau mempelajari ilmu yang
dibutuhkan dalam urusan-urusan agamanya, seperti ilmu tauhid.
2) Cara memilih guru, sebaiknya memilih
guru yang lebih alim, wara’ dan umurnya lebih tua.
3) Cara memilih teman, mencari teman
yang rajin, wara’, dan berwatak baik, mudah paham akan pelajaran, tidak malas,
tidak banyak bicara, dan sebagainya.
4) Langkah-langkah dalam belajar,
Azzarnuji mengkhususkan pada aspek teknik pembelajaran.
B.
KONSEP PENDIDIKAN IBNU TAIMIYAH
Nama
lengkapnya adalah Taqiyuddin Ahmad bin Abd al-Halim bin Taimiyyah, lahir di
kota harran, Syiria pada tahun 661 H. Beliau wafat di Damaskus pada tahun 728.
Pemikiran
Ibn Taimiyah dalam pendidikan salah satunya yakni tujuan pendidikan dan metode
pengajaran :
1. Tujuan Pendidikan
Menurut Ibnu Taimiyah, tujuan pendidikan dibagi menjadi dua
hal yakni :
a.
Tujuan Individual
Pendidikan diarahkan pada pembentukan pribadi muslim yang
baik, yaitu seorang yang berpikir, merasa dan bekerja pada berbagai lapangan
kehidupan pada setiap waktu sejalan dengan apa yang diperintahkan Al-Qur'an dan
As-sunnah.
b.
Tujuan Sosial
Pendidikan juga harus diarahkan pada
terciptanya masyarakat yang baik yang sejalan dengan ketentuan Al-Qur'an dan
As-Sunnah.
2. Metode Pengajaran
Menurut Ibn Taimiyah pada garis besarnya, metode pengajaran
dapat dibagi menjadi dua bagian yakni :
a.
At-Thoriqoh al-Islamiyah (metode ilmiyah). Ibn Taimiyah
menamai metode ilmiyah karena dengan metode itulah akan dijumpai pemikiran yang
lurus dalam memahami dalil, argument dan sebab-sebab yang menyampaikan pada
ilmu.
b.
At-Thoriqoh al-Iradah. Ibn Taimiyah menamai metode ini
karena metode ini yang mengantarkan seseorang pada pengalaman ilmu yang
diajarkannya.
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Konsep
yang dikemukakan Azzarnuji secara monumental dituangkan dalam karyanya Ta’lil
Al-Muta’allim Thuruq Al-Ta’allum. Diantaranya membahas tentang yakni :
1.
Tujuan Pendidikan
Azzarnuji
mengatakan bahwa tujuan belajar atau pendidikan Islam adalah untuk mencari
keridhaan Allah swt, memperoleh kebahagiaan di dunia dan di akhirat, berusaha
memerangi kebodohan pada diri sendiri dan orang lain, mengembangkan dan
melestarikan ajaran Islam dan mensyukuri nikmat Allah swt. Karena Islam itu
dapat lestari, kalau pemeluknya berilmu. Zuhud dan takwa tidak sah tanpa
disertai ilmu.
2.
Metode Pembelajaran
Dalam
kitabnya, Azzarnuji menjelaskan bahwa metode pembelajaran meliputi dua kategori
yakni
c. Metode yang bersifat etik mencakup
niat dalam belajar.
d. Metode bersifat teknik strategi
meliputi : Cara memilih pelajaran, Cara memilih guru, Cara memilih teman,
Langkah-langkah dalam belajar.
Pemikiran
Ibn Taimiyah dalam pendidikan salah satunya yakni tujuan pendidikan dan metode
pengajaran :
1.
Tujuan Pendidikan
Menurut Ibnu Taimiyah, tujuan pendidikan dibagi menjadi dua
hal yakni : Tujuan Individual dan Tujuan Sosial
2. Metode Pengajaran
Menurut Ibn Taimiyah pada garis besarnya, metode pengajaran
dapat dibagi menjadi dua bagian yakni : At-Thoriqoh al-Islamiyah (metode
ilmiyah) dan At-Thoriqoh al-Iradah
DAFTAR
PUSTAKA
No comments:
Post a Comment